Yuk Intip Fundamental dan Valuasi IPO PT Global Digital Niaga (BELI)

Yuk Intip Fundamental dan Valuasi IPO PT Global Digital Niaga (BELI)

Bluepoin.com – PT Global Digital Niaga Tbk akan melantai di pasar modal lewat IPO atau Initial Offering awal bulan depan. Dana yang akan diperoleh perseroan mencapai Rp8,17 triliun. 

 

PT Global Digital Niaga Tbk dengan kode saham BELI  telah berdiri selama 11 tahun di Indonesia. BELI  sendiri merupakan perusahaan teknologi berupa e-commerce, online application and service.  Dengan pengalaman selama 11 tahun tentu saja tidak perlu diragukan lagi eksistensi perseroan di dunia teknologi dengan produk andalannya yaitu blibli.com dan tiket.com. Tapi terlepas dari eksistensinya di Indonesia, bagaimana sih fundamental dan valuasi harga saham perdana dari perusahaan ini?

 

 Tentang PT Global Digital Niaga Tbk

PT Global Digital Niaga Tbk merupakan perusahaan teknologi yang mempelopori kegiatan kemudahaan berbelanja dan perjalanan masyarakat. Pada awalnya perseroan hanya bergerak melakukan pelayanan pada kegiatan perbelanjaan dan gaya hidup. Namun pada tahun 2017 perseroaan mengakuisisi salah Tiket.com yang untuk memperluas jangkauan bisnis mereka di dunia teknologi terutama pada layanan perjalanan, akomodasi dan gaya hidup. Tak sampai pada akuisisi Tiket.com saja,  PT Global Digital Niaga Tbk kembali mengakuisisi PT Supra Boga Lestari yang sudah terlebih dahulu melantai di bursa efek Indonesia dengan kode RANC. Selain yang disebutkan tadi perseroan juga mengakuisisi Global Distribusi Nusantara, PT Global Distribusi Paket (GDPa), Global Distribution Niaga Pte. Ltd. (GDPL), PT Global Distribusi Pusaka (GDPu), PT Global Fortuna Nusantara (GFN), dan lain lain.

 

Dalam pelaksanaan IPO ini perseroaan akan menawarkan sebanyak 15% sahamnya kepada masyarakat. PT Global Investama Andalan saat ini memiliki 98,4% kepemilikan saham PT Global Digital Niaga Tbk. dan setelah IPO dan ESA kepemilikan dari  PT Global Investama Andalan akan menjadi 83,6%

 

Fundamental?

Kondisi keuangan PT Global Digital Niaga Tbk bisa dibilang kuat dengan total aset mencapai Rp16,866 triliun dan sekitar Rp5,38 Triliunnya merupakan aset berupa aset lancar. Sementara jumlah liabilitasnya sekitar Rp8.7 triliun dan total ekuitas Rp8.1 triliun. Dengan Demikian debt to equity ratio (DER) BELI  sekitar 1,07 kali.

 

Namun Kinerja dari perusahaan ini terus merugi. Rugi Usaha perseroan naik -66% dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp-1,4 triliun menjadi Rp-2,4triliun.  Namun kerugian pada start up teknologi bukan hanya pada blibli saja, perusahaan teknologi pendahulunya seperti Gojek-Tokopedia dan Bukalapak juga mengalami kerugian. 

 

Lewat IPO PT Global Digital Niaga Tbk akan menawarkan sebanyak 17.771.205.900 lembar saham baru dengan rasio modal 15% dan juga sebanyak  55 juta lembar akan dialokasikan untuk program ESA. dengan harga penawaran awal yang berkisar Rp410-Rp 460 per saham. perseroan berpotensi untuk meraup dana sebanyak Rp8,17 Triliun Dan sebanyak Rp5,5 triliun akan digunakan oleh Perseroan untuk pembayaran seluruh saldo utang fasilitas perbankan dan sisanya akan digunakan sebagai modal kerja.

 

Valuasi harga saham BELI

Secara valuasi, proyeksi memang tidak bisa diukur dari segi price to earnings ratio (PER) atau EV/EBITDA, karena BliBli masih merugi. Namun dapat menggunakan indikator lain, seperti price to sales ratio (PSR). Adapun PSR IPO Blibli dinilai ada di kisaran 3,8x–4,3x, mengindikasikan valuasi IPO BliBli juga tidak bisa dikatakan murah. 

 

Berikut Jadwal Lengkap Penerbitan Saham BELI  – PT Global Digital Niaga Tbk

Masa Penawaran Awal                                 : 17 – 24 Oktober 2022
Tanggal Efektif                                              : 28 Oktober 2022
Masa Penawaran Umum                              : 1 – 3 November 2022
Penjatahan                                                     : 3 November 2022
Distribusi Saham Secara Elektronik           : 4 November 2022
Pengembalian Uang Pemesanan                  : 4 November 2022
Pencatatan Pada Bursa Efek Indonesia      : 5 November 2022
 

Gimana tanggapan temen-temen traders sekalian terhadap IPO BELI , Menurut kalian worth It tidak?. Nah ini semua ringkasan dan jadwal lengkap penerbitan saham BELI ! Tertarik untuk membelinya? jika kamu tertarik, temen-temen traders bisa memesannya saham BELI  melalui lama E-IPO untuk melakukan penawaran awal BELI  saham perdana

 

 

You May Also Like

About the Author: bluepoin.com

Bluepoin.com merupakan portal web berita dan artikel daring di Indonesia.