Yuk Intip Fundamental dan Valuasi Harga IPO Jayamas Medica (OMED)

Yuk Intip Fundamental dan Valuasi Harga IPO Jayamas Medica (OMED)

Bluepoin.com – PT Jayamas Medica Industri Tbk akan melantai di pasar modal lewat IPO atau Initial Offering akhir bulan ini. Dana yang akan diperoleh perseroan mencapai Rp1,26 triliun. 

 

PT Jayamas Medica Industri Tbk dengan kode saham OMED  telah berdiri selama 22 tahun di Indonesia. OMED sendiri merupakan perusahaan yang memproduksi alat-alat kesehatan.  Dengan pengalaman selama 22 tahun tentu saja tidak perlu diragukan lagi eksistensi perseroan di dunia alat kesehatan. Tapi bagaimana sih fundamental dan valuasi harga saham perdana dari perusahaan ini?

 

 Tentang PT Jayamas Medica Industri Tbk

PT Jayamas Medica Industri Tbk memproduksi dan memasarkan merek milik mereka sendiri dan milik pihak ketiga. diantaranya seperti Onemed, Ekaplast, TensiOne, Terragene dan Bioteq. Jenis produknya beragam, antara lain seperti masker, cairan antiseptik, alat pengukur tekanan darah, ranjang rumah sakit dan berbagai alat bantu jalan. 

 

PT Jayamas Medica Industri  didirikan oleh Yacobus Jemmy Hartanto dan Siene Soetanto. Keduanya menjadi penerima manfaat OMED lewat perusahaan PT Intisumber Hasil Sempurna. PT Intisumber Hasil Sempurna sendiri merupakan entitas pengendali dari PT Jayamas Medica Industri dengan kepemilikan 98% atau 83,3% setelah IPO dan ESA nanti. 

 

Fundamental?

Kondisi keuangan PT Jayamas Medica Industri bisa dibilang kuat dengan total aset mencapai Rp1,76 triliun dan sekitar 1,52 Triliunnya merupakan aset berupa aset lancar. Sementara jumlah liabilitasnya sekitar Rp680 miliar dan total ekuitas Rp1,08 triliun. Dengan Demikian debt to equity ratio (DER) OMED sekitar 0,63 kali.

 

Namun Kinerja dari perusahaan ini sedang mengalami penurunan. Penjualan Perseroan Turun -6,79 YoY menjadi Rp449,74 miliar. Namun penurunan penjualan ini bukan hanya dirasakan pada sektor medis saja tetapi juga di sektor lainnya.  Akan tetapi di waktu yang sama beban pokok penjualan OMED membengkak sebesar 1,18%, alhasil laba kotor perseroan juga menyusut 18,94% atau menjadi Rp154,98 miliar. 

 

Lewat IPO PT Jayamas Medica Industri akan menawarkan sebanyak 4.058.850.000 lembar saham baru dengan rasio modal 15% dan juga sebnayak 2% akan dialokasikan untuk program ESA. dengan harga penawaran awal yang berkisar Rp204 – Rp310 per saham. perseroan berpotensi untuk meraup dana sebanyak Rp1,26 Triliun Dan Kabar baiknya seluruh dana akan digunakan untuk kepentingan produktif. Di atas kertas mestinya hal ini akan menjadi katalis positif bagi kinerja OMED di masa depan.

 

Valuasi harga saham OMED

menurut perhitungan dari kontan, price of book value(PBV) OMED pada rentang harga IPO saat ini berada pada kisaran 2,89x – 3,59x. Sementara itu price to earning ratio (PER) 2022 berada pada 16,68x sampai 25,34x.

 

Sekilas, valuasi perusahaan ini terlihat mahal, namun jika dibandingkan dengan emiten sejenis seperti PT itama Ranoraya (IRRA)  di harga Rp1.180 dengan PBV 3,77 dan PER 26,38X maka valuasi harga saham IPO OMED masih bisa dibilang wajar. 

 

Berikut Jadwal Lengkap Penerbitan Saham OMED – PT Jayamas Medica Industri Tbk.

Masa Penawaran Awal                                : 6 Oktober – 12 Oktober 2022
Tanggal Efektif                                             : 21 Oktober 2022
Masa Penawaran Umum                              : 25 Oktober – 27 Oktober 2022
Penjatahan                                                    : 27 Oktober 2022
Distribusi Saham Secara Elektronik            : 28 Oktober 2022
Pengembalian Uang Pemesanan                 : 28 – 31 Oktober 2022
Pencatatan Pada Bursa Efek Indonesia       : 31 Oktober 2022

 

Gimana tanggapan temen-temen traders sekalian terhadap IPO OMED, Menurut kalian worth It tidak?. Nah ini semua ringkasan dan jadwal lengkap penerbitan saham OMED! Tertarik untuk membelinya? jika kamu tertarik, temen-temen traders bisa memesannya saham OMED melalui lama E-IPO untuk melakukan penawaran awal OMED saham perdana

You May Also Like

About the Author: bluepoin.com

Bluepoin.com merupakan portal web berita dan artikel daring di Indonesia.

One Comment to “Yuk Intip Fundamental dan Valuasi Harga IPO Jayamas Medica (OMED)”

Comments are closed.