Suku Bunga Indonesia Naik 25 Bps! Good Or Bad News?

Suku Bunga Indonesia Naik 25 Poin! Good Or Bad News?

Bluepoin.com – Indeks saham di Asia sore ini Selasa (23/8) ditutup turun di tengah spekulasi bank sentral AS (federal Reserve) akan mempertahankan laju kenaikan suku bunga acuan meskipun data di awal bulan ini memperlihatkan laju inflasi AS yang mulai sedikit melambat.

 

Mayoritas investor saat ini memperhitungkan (price in) kenaikan suku bunga sebesar 75 bps oleh Federal Reserve di dorong oleh kondisi pasar tenaga kerja yang solid serta komentar tegas (hawkish) dari sejumlah pejabat Federal Reserve.

 

Investor mencerna rilis seujmlah data ekonomi, terutama perhitungan awal (Flash) data Purchasing Managers’ Index (PMI) dari Austsralia, Jepang dan zona Euro.

 

Di Jepang, aktivitas sektor manufaktur tumbuh melambat di bulan Agustus ke level terendah dalam 19 bulan seiring dengan semakin dalamnya penurunan pada produksi dan pesanan baru (new orders) di tengah tekanan lonjakan harga bahan mentah dan biaya energi serta pelemahan permintaan global.

 

Sementara itu, aktivitas di sektor Jasa (Services) mengalami kontraksi untuk pertama kali dalam lima bulan sehingga memicu kekhawatiran mengenai kondisi kesehatan permintaan domestik Jepang.

 

Dari Asia Tenggara, Inflasi atau Indeks Harga Konsumen (Consumer price Index) Singapura mencapai 7% Y/Y di bulan Juli, tertinggi dalam 14 tahun, lebih cepat dari laju kenbaikan 6.7% Y/Y di bulan Juni. Inflasi inti naik 4.8% Y/Y di bulan Juli setelah meningkat 4.4% Y/Y di bulan sebelumnya.

 

Bank sentral Singapura, Monetary Authority of Singapore (MAS) memproyeksikan inflasi inti tetap tinggi dalam beberapa bulan ke depan sebelum akhirnya tumbuh melambat di akhir tahun ini.

 

Dari dalam negeri, Bank Indonesia menaikkan suku bunga acuan BI7DRRR sebesar 25 bps menjadi 3.75%. Ini adalah kenaikan pertama sejak 2018 sebagai uapaya menjinakkan inflasi dan memperkuat nilai tukar USD/IDR.

 

Indonesia Economic Review 

IHSG ditutup naik meskipun sentimen global masih negatif. Kenaikan Indeks saham indonesia dipengaruhi oleh kenaikan suku bunga acuan yang tidak terduga. Saham Komoditas dan Teknologi berhasil menopang kenaikan IHSG pada hari ini.

 

Saham energy melonjak karena harga gas eropa melonjak sebesar 20% karena langkah Rusia yang mengkhawatirkan. Saham-saham batubara juga melonjak sebagai respon kenaikan harga gas eropa.

 

Saham Panin memperpanjang kenaikannya menyusul berita bahwa SMFG dikatakan bersaing dengan MUFG untuk mengakuisisi Bank Panin. ISAT akan membagikan deviden sebesar Rp248/lembar yang akan cum date pada 26 Agustus 2022

 

Statistik

IHSG: 7,163.265 | +55.282 poin |(+0.78%)
Volume (Shares) : 30.367 Billion
Total Value (IDR) : 14.459 Trillion
Market Cap (IDR) : 9,369.888 Trillion
Saham naik : 293
Saham turun : 222

 

Sektor Penguatan Terbesar

Energi : +3.30%
Barang Baku : +1.66%
Teknologi : +0.65%

 

Berikut Rekomendasi saham Pilihan Hari Ini Rabu (24/08) – Bluepoin.com

ASLC
BUY 192 – 198
TP1 206 – 210
TP2 218 – 224
TP3 230 – 240
SL IF CLOSE <186

 

You May Also Like

About the Author: bluepoin.com

Bluepoin.com merupakan portal web berita dan artikel daring di Indonesia.