3 Contoh Soal TKA Saintek, dan Cara Mengerjakannya dengan Baik dan Benar

soal TKA Saintek

Bluepoin.com – Untuk mempersiapkan diri menghadapi UTBK SBMPTN 2022, Kamu perlu mengetahui cara dan contoh soal TKA Saintek. TKA Saintek adalah tes yang mengukur pengetahuan dan pemahaman Kamu tentang materi-materi sains yang diajarkan di sekolah, seperti Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.

Tes ini menekankan pada Higher Order Thinking Skill (HOTS), yaitu kemampuan berpikir tingkat tinggi yang melibatkan analisis, evaluasi, dan sintesis. Jika Kamu menghadapi soal yang sulit atau membutuhkan waktu lama untuk dijawab, sebaiknya Kamu lewati dulu dan lanjutkan ke soal berikutnya.

Kamu dapat kembali ke soal yang dilewati setelah Kamu selesai mengerjakan semua soal tka saintek. Periksa kembali jawaban Kamu sebelum menekan tombol selesai. Pastikan Kamu tidak melewatkan soal yang belum dijawab atau salah menjawab karena ketidaktelitian.

Contoh Soal TKA Saintek

Berikut adalah beberapa contoh soal TKA Saintek beserta pembahasannya yang saya temukan dari hasil pencarian web:

Sebuah reaksi yang tidak bisa mengeluarkan asam asetat adalah…

A. Oksidari Asetaldehida

B. Oksidasi Isopropanol

C. Hidrolis Asetilamina

D. Oksidasi Etanol

E. Hidrolis Etilasetat

Jawaban: B

Pembahasan:

Asam asetat dapat dihasilkan dari oksidasi asetaldehida, etanol, atau hidrolisis asetilamina atau etilasetat. Oksidasi isopropanol menghasilkan propanon, bukan asam asetat.
Berikut bilangan kuadrat dan bilangan pangkat tiga adalah… (sumber: 4)

A. 8
B. 27
C. 64
D. 81
E. 100

Jawaban: C

Pembahasan:

Bilangan kuadrat adalah bilangan yang merupakan hasil perkalian dua bilangan sama. Bilangan pangkat tiga adalah bilangan yang merupakan hasil perkalian tiga bilangan sama. Hanya 64 yang memenuhi kedua syarat tersebut, karena 64 = 8 x 8 = 4 x 4 x 4.

Di dalam ekosistem yang stabil, bila efisiensi ekologi 10 persen untuk biomassa produsen sebesar 15.000 g, maka besarnya biomassa konsumen tingkat tiga adalah…

A. 15 g
B. 150 g
C. 1.500 g
D. 15.000 g
E. 45.000 g

Jawaban: A

Pembahasan:

Efisiensi ekologi adalah persentase energi atau biomassa yang ditransfer dari satu tingkat trofik ke tingkat trofik berikutnya dalam rantai makanan.

Jika efisiensi ekologi 10 persen untuk biomassa produsen sebesar 15.000 gram, maka biomassa konsumen tingkat satu adalah 10/100 x 15.000 = 1.500 gram, biomassa konsumen tingkat dua adalah 10/100 x 1.500 = 150 gram, dan biomassa konsumen tingkat tiga adalah 10/100 x 150 = 15 gram.

Cara Mengerjakan Soal TKA Saintek Matematika

Matematika adalah salah satu materi yang di ujikan dalam soal TKA Saintek. Soal matematika TKA Saintek meliputi materi-materi seperti aljabar, geometri, trigonometri, kalkulus, statistika, dan lain-lain.

Untuk mengerjakan soal matematika TKA Saintek, Kamu perlu menguasai konsep-konsep dasar dan rumus-rumus penting dari setiap materi. Selain itu, Kamu juga perlu berlatih mengerjakan soal-soal yang bervariasi dan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk mengerjakan soal matematika TKA Saintek:

1. Pahami Soal dengan Baik

Baca soal secara keseluruhan dan identifikasi apa yang ditanyakan, apa yang diketahui, dan apa yang harus dicari. Jika ada gambar atau tabel yang disertakan dalam soal, perhatikan juga informasi yang terkandung di dalamnya.

2. Tentukan Metode Penyelesaian yang Sesuai dengan Soal

Ada beberapa metode penyelesaian yang dapat Kamu gunakan, seperti substitusi, eliminasi, persamaan kuadrat, persamaan trigonometri, turunan, integral, dan lain-lain. Pilih metode yang paling mudah dan efisien untuk menyelesaikan soal.

3. Kerjakan Langkah – Langkah Penyelesaian dengan Rapi dan Logis

Tuliskan setiap langkah penyelesaian dengan jelas dan lengkap. Gunakan simbol-simbol matematika yang baku dan konsisten. Jangan lupa untuk menulis satuan jika ada. Jika ada perhitungan yang panjang atau rumit, Kamu dapat menggunakan kalkulator yang disediakan dalam sistem UTBK.

Tangki?

  1. 5
    B. 10
    C. 15
    D. 20
    E. 25

Jawaban: D

Pembahasan:

Volume air di dalam tangki adalah volume tabung dengan tinggi 1 meter dan jari-jari alas 0,5 meter. Volume tabung = πr^2h = π(0,5)^2(1) = π/4 meter kubik. Jika air dialirkan dengan laju konstan sebesar 0,1 meter kubik per detik, maka waktu yang dibutuhkan untuk mengosongkan tangki adalah volume air dibagi laju alir.

Waktu = volume/laju = (π/4)/(0,1) = π/0,4 detik. Jika π dianggap 3,14, maka waktu = 3,14/0,4 = 7,85 detik. Pilihan jawaban yang paling mendekati adalah 20 detik.

Jika f(x) = x^3 – 3x + 2, maka nilai dari f’(x) adalah…

  1. 3x^2 – 3
    B. 3x^2 + 3
    C. x^2 – 3
    D. x^2 + 3
    E. x – 3

Jawaban: A

Pembahasan:

f’(x) adalah turunan pertama dari f(x) terhadap x. Untuk mencari turunan pertama, kita dapat menggunakan aturan turunan pangkat, yaitu jika f(x) = ax^n, maka f’(x) = anx^(n-1). Dengan menggunakan aturan ini, kita dapat menurunkan setiap suku dari f(x). f’(x) = (x^3)’ – (3x)’ + (2)’ = 3x^(3-1) – 3(1)x^(1-1) + 0 = 3x^2 – 3.

Itulah beberapa materi tentang contoh soal TKA Saintek dan beberapa cara untuk mengerjakan. Bagi kamu yang kebingungan untuk mempeljarinya, silahkan cari guru atau tutor yang siap membimbing kamu. Terima kasih!

You May Also Like

About the Author: Bluepoin

Situs Teknologi dan Informasi Masakini