Setelah 3 Tahun Lockdown China Akan Reopening Economy!

Setelah 3 Tahun Lockdown China Akan Reopening Economy!

Bluepoin.com – Indeks saham di Asia Selasa (20/12) mayoritas di tutup pada teritori negative karena investor mengantisipasi prospek suku bunga di AS naik lebih tinggi dari ekspektasi di tahun 2023.

 

Dari Asia, bank sentral Jepang atau Bank Of Japan (BOJ) mengejutkan pasar dengan perubahan dalam kebijakan pengendalian kurva imbal hasil (Yield Curve Control).

BOJ sekarang mengizinkan imbal hasil (yield) surat utang Pemerintah Jepang (JGB) bertenor 10 tahun naik menjadi sekitar 0.5% dari sebelumnya 0.25%. Meskipun demikian, BOJ tetap mempertahankan target yield JGB bertenor 10 tahun di 0.0%.

 

Pasca keputusan ini, kurva imbal hasil seketika langsung naik tajam karena selisih imbal hasil antara JGB bertenor 2 tahun dan JGB bertenor 10 tahun semakin melebar menuju jarak terjauh sejak 2017.

 

Perubahan yang tiba-tiba ini merupakan sinyal positif bagi perusahaan atau institusi keuangan yang selama ini pendapatan bunganya tertekan oleh kebijakan suku bunga acuan super rendah sebagai bagian dari usaha BOJ memicu inflasi di Jepang.

 

Tekanan memang semakin kuat atas BOJ untuk berpaling dari kebijakan moneter super longgar, terutama menjelang memasuki masa pensiun Gubernur BOJ Haruhiko Kuroda di bulan April yang akan datang.

 

Sejumlah pengamat menginterpretasikan keputusan yang di ambil hari ini sebagai bibit dari perubahan kebijakan atau normalisasi kebijakan BOJ.

 

Mengingat status Jepang sebagai negara pemberi pinjaman (kreditur) terbesar di dunia, pengetatan kodisi finansial di negara itu dapat memicu gelombang aliran dana yang pulang kampung sehingga berpotensi menekan harga berbagai aset dan mengerek biaya pinjaman pada saat prospek ekonomi sdeang memburuk.

 

Investor di prediksi akan keluar dari pasar obligasi di AS, Australia dan Perancis serta pasar saham negara-negara maju.

 

Pembukaan kembali (reopening) economy China dari kebijakan Lockdown yang mulai berlaku hampir tiga tahun lalu juga menjadi sumber kekhawatiran investor.

 

Statistik

IHSG: 6,768.316 | -11.382 poin |(-0.17%)
Volume (Shares) : 20.820 Billion
Total Value (IDR) : 14.844 Trillion
Market Cap (IDR) : 9,340.865 Trillion
Saham naik : 233
Saham turun : 292

 

Sektor dengan Persentase Penurunan Terbesar
Industri Dasar : -1.33%
Teknologi : -1.33%
Finansial : -0.93%

 

Berikut Rekomendasi saham Pilihan Hari Ini Rabu (21/12) – Bluepoin.

VTNY
BUY 376 – 390
TP1 412 – 420
TP2 440 – 450
TP3 480 – 500
SL IF CLOSE <368

Note : DISCLAIMER ON.

 

Bagi kalian yang mau membuka akun trading saham di Jasa Utama Capital Sekuritas, kalian bisa meng klik link di bawah ini ya, dan jangan lupa untuk konfirmasi melalui personal chat atau chat grup untuk mendapatkan fasilitas dari pembukaan akun di Jasa Utama Capital. 

 

OPEN ACCOUNT J.U.C

You May Also Like

About the Author: bluepoin.com

Bluepoin.com merupakan portal web berita dan artikel daring di Indonesia.