Sektor Teknologi Terus Tertekan Gimana Prospeknya?

Sektor Teknologi Terus Tertekan Gimana Prospeknya?

Bluepoin.com – Indeks saham di Asia Senin (5/12) mayoritas ditutup naik setelah Pemerintah Tiongkok akhir pekan lalu melonggarkan persyaratan testing di berbagai kota besar. Di tengah lonjakan jumlah kasus penularan dan protes dari kalangan masyarakat, Beijing tampak mulai melakukan pergeseran secara perlahan dari kebijakan ketat Zero COVID yang sudah berjalan lebih dari dua tahun.

 

Investor berharap pelonggaran ini akan membawa lebih sedikit gangguan pada sektor manufaktur dan perdagangan.

 

Rilis data pasar tenaga kerja (Non-farm Payrolls) AS Jumat lalu memperlihatkan upah naik 5.1% Y/Y di bulan November, lebih cepat dari kenaikan 4.9% Y/Y di bulan Oktober. Akselerasi laju kenaikan upah ini tidak hanya membantu para pekerja yang berjuang melawan kenaikan harga-harga namun juga menambah kekhawatiran inflasi mungkin akan mengakar di ekonomi AS.

 

Ekonomi AS menambah 263,000 pekerja bulan lalu, lebih tinggi dari estimasi kenaikan 200,000 dan Tingkat Pengangguran stabil di 3.7%.

 

Dari Asia, data Caixin Services PMI bulan November Tiongkok turun ke level 46.7 dari level 48.4 di bulan Oktober, memperpanjang penurunan menjadi 3 bulan beruntun dan mencatatkan kontraksi terparah sejak bulan Mei di tengah kebijakan Zero COVID yang menekan permintaan dan operasional sektor Jasa (Services).

 

Di Jepang, perhitungan akhir data au Jibun Bank Services PMI Jepang di revisi ke atas menjadi 50.3 di bulan November dari perhitungan awal 50.0 dan menyusul perhitungan akhir untuk bulan Oktober yang berada di level 53.2.

 

Hal ini menandakan ekspansi selama 3 bulan beruntun di picu oleh pemulihan sektor pariwisata paska peluncuran program National Travel Discount.

 

Di pasar komoditas, harga minyak mentah lompat 2% setelah OPEC+ mempertahankan target volume produksi mereka menjelang pemberlakukan pelarangan dan pembatasan harga (price cap) Uni Eropa atas minyak asal Rusia.

 

Pada saat yang sama, pelonggaran kebijakan ketat anti COVID di Tiongkok memberi sentimen positif bagi permintaan minyak global.

 

Indonesia Economy

Indeks saham Indonesia berada dibawah tekanan dengan saham-saham teknologi terus tertekan GOTO, BUKA dan EMTK hingga batasnya. Sebaliknya BMRI naik 3,33% ke level tertinggi sepanjang masa.  Tekanan pada sektor teknologi ini merupakan pukulan yang telak selama seminggu ini setelah lock up GOTO dibuka pada tanggal 1 Desember kemarin.

Statistik

IHSG: 6,987.328 | -32.311 poin |(-0.46%)
Volume (Shares) : 24.971 Billion
Total Value (IDR) : 13.583 Trillion
Market Cap (IDR) : 9,536.532 Trillion
Saham naik : 160
Saham turun : 375

Sektor Penekan
Teknologi : -8.877 Poin
Industri Dasar : -4.416 Poin
Finansial : -4.225 Poin

Berikut Rekomendasi saham Pilihan Hari Ini Selasa (6/12) – Bluepoin.

BPTR
BUY 230- 244
TP1 252 – 260
TP2 270 – 280
TP3 300 – 320
SL IF CLOSE <222

Note : DISCLAIMER ON.

 

Bagi kalian yang mau membuka akun trading saham di Jasa Utama Capital Sekuritas, kalian bisa meng klik link di bawah ini ya, dan jangan lupa untuk konfirmasi melalui personal chat atau chat grup untuk mendapatkan fasilitas dari pembukaan akun di Jasa Utama Capital. 

 

OPEN ACCOUNT J.U.C

You May Also Like

About the Author: bluepoin.com

Bluepoin.com merupakan portal web berita dan artikel daring di Indonesia.