Sektor Teknologi Naik 4,33%! IHSG Akan Pullback?

Sektor Teknologi Naik 4,33%! IHSG Akan Pullback?

Bluepoin.com – Indeks saham di Asia Selasa (13/12) mayoritas di tutup naik menjelang rilis data inflasi (CPI) AS nanti malam dan pengumuman hasil pertemuan kebijakan bank sentral AS (Federal Reserve) besok meskipun laju kenaikan indeks saham regional di batasi oleh ketidakpastian atas lonjakan kasus penularan virus COVID-19 di Tiongkok.

 

Perlambatan pada laju inflasi AS akan memperkuat optimisme bahwa Federal Reserve akan menunda kenaikan suku bunga acuan di tahun depan. Laju inflasi yang keluar lebih tinggi dari ekspektasi akan mengundang retorika tegas (hawkish) dari Federal Reserve yang besok di ramal menaikkan suku bunga acuan sebesar 50 bps.

 

Federal Reserve telah berulang kali memperingatkan bahwa tingkat inflasi yang sulit turun atau tetap tinggi akan mendorong puncak kenaikan suku bunga acuan ke level yang lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya.

 

Dari sisi makro ekonomi, investor mencerna rilis perhitungan akhir (final) data inflasi (CPI) Jerman yang turun 0.50% M/M (+10.0% Y/Y) bulan lalu setelah naik 0.9% M/M (+10.4% Y/Y) di bulan Oktober. Ini adalah penurunan inflasi yang pertama dalam setahun terakhir.

 

Di Australia, sentimen konsumen tetap sangat pesimis dan tingkat kepercayaan dunia usaha berubah negatif untuk pertama kali di tahun ini setelah serangkaian kenaikan suku bunga acuan secara agresif membebani ekonomi.

 

Data Westpac Consumer Sentiment Index naik 3% ke level 80 di bulan Desember di tengah ekspektasi bahwa siklus kenaikan suku bunga akan segera berakhir sehingga memperbaiki tingkat kepercayaan di kalangan masyarakat pemilik KPR.

 

Selain rilis data inflasi AS dan kenaikan suku bunga oleh sejumlah bank sentral besar (FederaL Reserve, Bank of England, European Central Bank, Swiss National Bank), fokus perhatian investor minggu ini juga akan tertuju pada rilis sejumlah data ekonomi dari Tiongkok seperti Fixed Asset Investment, Industrial Production, Penjualan Ritel, Tingkat Pengangguran dan Indeks Harga Rumah.

 

Indonesian Economic 

Pada perdagangan hari ini indeks harga saham gabungan hampir konsisten bergerak di zona hijau. Hal ini dipicu oleh sentimen positif dari reboundnya saham sektor teknologi berkapitalisasi besar setelah terkoreksi dalam beberapa hari terakhir.

 

Maybank Singapore Limited masuk jajaran 5 pemegang saham terbesar PT Sawit Sumber Mas Sarana Tbk, dengan kepemilikan 5,05%.  Sementara itu saham GOTO bangkit setelah 16 hari mengalami penuruan dengan total transaksi mencapai Rp2,49 Triliun. Di tengah rebound saham GOTO, terjadi crossing saham GOTO seharga Rp88 per saham dengan total nilai Rp258,85 Milyar. Berkat kenaikan GOTO saham-saham sektor teknologi lainnya, ikut terkerek pada perdagangan selasa 14/12.

 

Statistik

IHSG: 6,810.32 | +75.86 poin |(+1.16%)
Volume (Shares) : 48.05 Billion
Total Value (IDR) : 15.99 Trillion
Market Cap (IDR) : 9,348.94 Trillion
Saham naik : 273
Saham turun : 255

 

Sektor Dengan Kenaikan Terbesar
Teknologi : +4.33%
Keuangan : +1.66%
Consumer Cyclicals : +1.00%

 

Berikut Rekomendasi saham Pilihan Hari Ini Rabu (14/12) – Bluepoin.

BBTN
BUY 1350 – 1400
TP1 1440 – 1460
TP2 1500 – 1540
TP3 1600 – 1650
SL IF CLOSE <1320

Note : DISCLAIMER ON.

 

Bagi kalian yang mau membuka akun trading saham di Jasa Utama Capital Sekuritas, kalian bisa meng klik link di bawah ini ya, dan jangan lupa untuk konfirmasi melalui personal chat atau chat grup untuk mendapatkan fasilitas dari pembukaan akun di Jasa Utama Capital. 

 

OPEN ACCOUNT J.U.C

You May Also Like

About the Author: bluepoin.com

Bluepoin.com merupakan portal web berita dan artikel daring di Indonesia.