Sector Manufaktur Asia Melemah?! China Penyebabnya?

Sector Manufaktur Asia Melemah?! China Penyebabnya?
Bluepoin.com – Indeks saham di Asia (3/10) ditutup beragam (mixed) dengan kecenderungan turun setelah data memperlihatkan bahwa aktifitas sektor manufaktur di kawasan Asia melemah di bulan September. Pelemahan pada sektor manufaktur diakibatkan perlambatan permintaan di Tiongkok dan negara-negara maju serta masih tingginya tekanan harga, sehingga membayangi prospek ekonomi kawasan Asia.
Data Manufacturong PMI di Asia Tenggara memperlihatkan perbaikan dengan Manufacturing OMI Indonesia berada di level 53.7, sama seperti kondisi di bulan Januari tahun ini. Thailand mencatatkan level Manufacturing PMI tertinggi sejak 2016 sementara data Manufacturing PMI Filipina naik tipis di bulan September.
Aktifitas manufaktur menyusut di Taiwan dan Malaysia serta tumbuh melambat di Jepang, India dan Vietnam seiring dengan naiknya harga bahan mentah.
Di Jepang, Manufacturing PMI turun ke level 50.8 di bulan September dari level 51.5 pada bulan sebelumnya, menandakan pertumbuhan terlemah sejak Januari 2021. Bertahan di bawah level 50, data Manufacturing PMI Taiwan turun ke level 42.2 dari level 42.7 di bulan Agustus.
Pada hari Jumat pekan lalu, data resmi Manufacturing PMI Tiongkok keluar naik ke level 50.1 di bulan September dari level 49.4. Namun data lain, Caixin/Markit Manufacturing PMI Tiongkok jatuh ke level 48.1 di bulan September dari level 49.5.
Faktor penentu pergerakan indeks saham global minggu ini adalah rilis data pasar tenaga kerja AS (US Non-Farm Payrolls) pada hari Jumat dengan investor berekspektasi bahwa ekonomi AS telah menambah 250.000 tenaga kerja bulan lalu.
Jika terealisasi, angka ini akan menandakan moderasi pada pasar tenaga kerja, sesuatu yang sudah di tungu-tunggu oleh pejabat bank sentral AS (Federal Reserve) yang sedang sibuk perang melawan inflasi. Namun demikian, angka ini tidak akan cukup kuat untuk mendorong Federal Reserve memperlambat rencana kenaikan suku bunga acuan.

Statistik

IHSG: 7,009.718  | -31.080 poin |(-0.44%)
Volume  (Shares)  : 20.370 Billion
Total Value (IDR) : 12.683 Trillion
Market Cap (IDR) : 9,244.131 Trillion
Saham naik   :  252
Saham turun  :  281

Sektor Penekanan Terbesar

Kesehatan               : -2.58%
Finansial                  : -0.73%
Barang Baku            : -0.71%

You May Also Like

About the Author: bluepoin.com

Bluepoin.com merupakan portal web berita dan artikel daring di Indonesia.