Saham IPO Terbaik Punya 1 Persamaan, Apa Itu?

Saham IPO Terbaik Punya 1 Persamaan, Apa Itu?

Bluepoin.com  – Dalam pasar modal, terdapat pasar primer dan pasar sekunder. Apabila Anda membeli saham melalui Bursa Efek, maka Anda berada pada pasar sekunder saat saham sudah dicatatkan di Bursa Efek dan disebarluaskan melalui sekuritas serta investor. Sebelum mencapai pasar sekunder, investasi saham diperjualbelikan terlebih dahulu melalui pasar primer, dimana perusahaan melakukan penjualan sahamnya secara langsung kepada investor. Proses tersebut disebut Penawaran Umum Perdana Saham atau  Initial Public Offering (IPO).

 

Biasanya saham yang baru IPO di Bursa Saham Indonesia, mengalami kenaikan yang signifikan di hari pertamanya. Hal ini menyebabkan banyak Investor berbondong-bondong untuk membeli saham tersebut sebelum melantai di bursa saham. 

 

Dari banyaknya saham yang telah melakukan IPO di Bursa Saham Indonesia terdapat 2 saham yang terbaik dalam memulai start nya di perdagangan bursa saham. Berikut 2 emiten yang melalukan start perdagangan di bursa saham dengan sangat baik 

 

1. PT DCI Indonesia Tbk – DCII

PT DCI Indonesia Tbk (DCII) adalah penyedia data center terkemuka di Indonesia yang didirikan pada tahun 2011. DCI adalah enabler bagi komunitas bisnis yang menyediakan Layanan Infrastruktur Cloud and Carrier-Neutral Data Center yang andal, berjaringan, dan terkelola dengan baik. Data centre-nya dibangun di atas lahan seluas 8,5 ha, dengan total daya 300 MW. DCII  Listing pada 06 Januari 2021  dengan harga Rp420/Lembar saham dengan Underwriter PT Buana Capital Sekuritas. Harga saham tertinggi DCII setelah IPO sempat menyentuh Harga Rp60.300 per lembar saham atau mengalami kenaikan sebesar +14.257,9% hanya dalam waktu 5 bulan saja. Dan saat ini Harga saham DCII berada di harga Rp37.100 per lembar saham dengan market cap Rp88,44 Triliun. 

 

2. PT Adaro Minerals Indonesia Tbk – ADMR

PT Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR) didirikan pada tahun 2007 sebagai PT Jasapower Indonesia. Perusahaan ini bergerak di bidang pertambangan dan perdagangan batubara metalurgi. Perusahaan ini merupakan anggota dari grup Adaro. Perusahaan ini memiliki satu anak perusahaan langsung, PT Alam Tri Daya Indonesia, yang memiliki lima anak perusahaan: PT Lahai Coal, PT Maruwai Coal, PT Sumber Barito Coal, PT Kalteng Coal, dan PT Juloi Coal. Pada tahun 2021, kepemilikan induk perusahaan pada anak-anak perusahaan tersebut menjadi 99%. Perusahaan juga berubah nama menjadi PT Adaro Minerals di tahun yang sama. ADMR Listing pada 03 Januari 2022  dengan harga Rp100/Lembar saham dengan Underwriter PT Ciptadana Sekuritas Asia. Harga saham tertinggi  ADMR setelah IPO sempat menyentuh Harga Rp3.140 per lembar saham atau mengalami kenaikan sebesar +3040% hanya dalam waktu 4 bulan saja. Dan saat ini Harga saham ADMR berada di harga Rp1645 per lembar saham dengan market cap Rp67,25 Triliun. 

 

Dari Kedua saham tersebut memiliki sebuah persamaan, yaitu mereka melakukan IPO pada bulan awal Januari. Jadi menurut cocokmology, Harusnya terdapat saham dengan kinerja terbaik yang akan IPO pada Januari 2023 nanti. 

 

Terdapat 8 saham yang akan IPO  di awal Januari nanti

 

1. PT Cakra Buana Resources Energi Tbk (CBRE)

PT Cakra Buana Resources Energi Tbk dengan kode saham CBRE merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Angkutan Laut Dalam Negeri Untuk Barang Umum. Periode Book Building IPO CBRE berlangsung pada 13 Desember 2022 – 16 Desember 2022 dengan harga pelaksanaan berkisar Rp 100 – Rp 110. Selengkapnya baca disini.

 

2. PT Jobubu Jarum Minahasa Tbk (BEER)

PT Jobubu Jarum Minahasa Tbk dengan kode saham BEER merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Industri Minuman Beralkohol Hasil Destilasi, Industri Minuman Beralkohol Hasil Fermentasi Anggur. Periode Book Building IPO BEER  berlangsung pada 16 Desember 2022 – 22 Desember 2022 dengan harga pelaksanaan berkisar Rp 200 – Rp 220. Selengkapnya baca disini.

 

3. PT Data Sinergitama Jaya Tbk (ELIT)

PT Data Sinergitama Jaya Tbk dengan kode saham ELIT merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Usaha Penyedia Layanan (managed service) di Bidang Teknologi Informasi (Cloud). Periode Book Building IPO ELIT berlangsung pada 16 Desember 2022 – 22 Desember 2022 dengan harga pelaksanaan berkisar Rp 120 – Rp 150. Selengkapnya baca disini.

 

4. PT Citra Buana Prasida Tbk (CBPE)

PT Citra Buana Prasida Tbk dengan kode saham CBPE merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Real estat dan property. Periode Book Building IPO CBPE berlangsung pada 19 Desember 2022 – 23 Desember 2022 dengan harga pelaksanaan berkisar Rp 100 – Rp 150. Selengkapnya baca disini.

 

5. PT Sunindo Pratama Tbk (SUNI)

PT Sunindo Pratama Tbk dengan kode saham SUNI merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan besar mesin, peralatan dan perlengkapan lainnya, perdagangan besar. Periode Book Building IPO SUNI berlangsung pada 19 Desember 2022 – 26 Desember 2022 dengan harga pelaksanaan berkisar Rp280 – Rp300. Selengkapnya baca disini.

 

6. PT Hatten Bali Tbk (WINE)

PT Hatten Bali Tbk dengan kode saham WINE merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Distribusi Minuman Beralkohol dan Pengolahannya melalui Perusahaan Anak. Periode Book Building IPO WINE berlangsung pada 19 Desember 2022 – 22 Desember 2022 dengan harga pelaksanaan berkisar Rp 100 – Rp 150. Selengkapnya baca disini.

 

7. PT Lavender Bina Cendikia Tbk (BMBL)

PT Lavender Bina Cendikia Tbk dengan kode saham BMBL merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Pendidikan Bimbingan Belajar dan Konseling Swasta. Periode Book Building IPO BMBLberlangsung pada 19 Desember 2022 – 26 Desember 2022 dengan harga pelaksanaan berkisar Rp 187 – Rp 196. Selengkapnya baca disini.

 

8. PT Mitra Tirta Buwana Tbk (SOUL)

PT Mitra Tirta Buwana Tbk  dengan kode saham SOUL merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Bergerak dalam bidang usaha Air Minum Dalam Kemasan. Periode Book Building IPO SOUL berlangsung pada 19 Desember 2022 – 26 Desember 2022 dengan harga pelaksanaan berkisar Rp 100 – Rp 110. Selengkapnya baca disini.

 

 

You May Also Like

About the Author: bluepoin.com

Bluepoin.com merupakan portal web berita dan artikel daring di Indonesia.