Risiko Geopolitik Dan Inflasi Belum Mereda, Pasar Saham Tertekan?!

Risiko Geopolitik Dan Inflasi Belum Mereda, Pasar Saham Tertekan?!
Bluepoin.com – Mengakhiri 3Q22, indeks saham Jumat (30/9) mayoritas di tutup turun karena risiko geopolitik dan inflasi masih belum mereda sementara ekspektasi perlambatan pertumbuhan dan biaya pinjaman yang lebih mahal terus memberi tekanan pada pasar saham.
Investor dapat sedikit bernafas lega setelah aktifitas di sektor manufaktur Tiongkok kembali tumbuh di bulan September setelah mengalami kontraksi selama dua bulan beruntun.
Data resmi Manufacturing PMI Tiongkok secara tak terduga naik ke level 50.1 di bulan Septeember, lebih tinggi dari eskpektasi yang berada di level 49.6.
Sebaliknya, data Caixin/S&P Global Manufacturing PMI justru turun ke level 48.1 di bulan September, terendah sejak bulan Mei dari level 49.5 pada bulan sebelumnya.
Di Jepang, menurut perhitungan awal (preliminary), Industrial Production tumbuh2.7% M/M di bulan September, lebih cepat dari laju pertumbuhan 9.8% M/M di bulan Juli dan lebih baik dari estimasi kenaikan 0.2%. Ini adalah kenaikan secara tiga bulan beruntun.
Pemerintah Jepang sedang mempersiapkan putaran terkini paket stimulus ekonomi di tengah tingginya laju inflasi dan geopolitik yang mengakibatkan anjloknya nilai tukar mata uang JPY. PM Fumio Kishida memerintahkan kabinetnya untuk menyiapkan draft paket stimulus pada akhir bulan Oktober
Bank sentral India (RBI) menaikkan suku bunga acuan Repor Rate sebesar 50 bps menjadi 5.9% di tengah kekhawatiran mengenai tingginya inflasi, tantangan global dan anjloknya nilai tukar mata uang Rupee.
Ini adalah kenaikan suku bunga acuan selama 4 kali beruntun sepanjang tahun ini. Untuk tahun 2023, RBI mempertahankan proyeksi inflasi di 6.7% dan merevisi ke bawah proyeksi pertumbuhan ekonomi menjadi 7.0% dari 7.2%.

Statistik

IHSG: 7,048.798  | +4.600 poin |(+0.07%)
Volume  (Shares)  : 24.986 Billion
Total Value (IDR) : 16.046 Trillion
Market Cap (IDR) : 9,268.541 Trillixzon
Saham naik   :  193
Saham turun  :  386

Sektor Penguatan Terbesar

Healthcare            : +1.39%
Energy                   : +0.65%
Financial               : +0.35%

You May Also Like

About the Author: bluepoin.com

Bluepoin.com merupakan portal web berita dan artikel daring di Indonesia.