Resesi Global Didepan Mata! Simak Rekomendasi Saham Besok

Resesi Global Didepan Mata! Simak Rekomendasi Saham Besok

Bluepoin.com – Indeks saham di Asia Senin (29/8) mayoritas ditutup turun di tengah semakin besarnya risiko kenaikan suku bunga acuan secara agresif di AS dan Eropa sehingga memicu apresiasi nilai tukar USD dan memicu ketakutan mengenai resesi global.

 

Dalam pidatonya di depan acara simposium ekonomi tahunan di Jackson Hole, ketua bank sentral AS (Federal Reserve) Jerome Powell mengatakan Federal Reserve tidak mempunyai niat memperlambat laju kenaikan suku bunga acuan.

 

Komentar Powell ini memperkuat spekulasi bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga acuan sebesar 75 bps di bulan September dan suku bunga akan berada di atas 3% di akhir tahun ini.

 

Sikap tegas Powell ini juga didukung oleh pejabat bank sentral Eropa (ECB) Isabel Schnabel yang akhir pekan lalu memperingatkan bahwa bank sentral di seluruh dunia harus bertindak tegas sekarang untuk memerangi inflasi meskipun harus menjerumuskan ekonomi mereka ke dalam jurang resesi.

 

Akibatnya, imbal hasil (yield) surat utang Pemerintah Jerman bertenor 2 tahun lompat 16 bps menjadi 1.135%, tertinggi sejak Juni 2022 seiring dengan bertambah besarnya ekspektasi ECB menaikkan suku bunga sebesar 75 bps bulan depan.

 

Yield surat utang Pemerintah di Italia, Spanyol dan Portugal juga mencatatkan kenaikan dua angka (double digit).

 

Di pasar valuta asing (Valas), nilai tukar USD menguat khususnya terhadap JPY dan Yuan. Ini tidak mengejutkan mengingat bank sentral Jepang (BOJ) dan bank sentral Tiongkok (PBOC) adalah dua bank sentral yang masih mempertahankan kebijakan moneter longgar.

 

Meskipun ada potensi kenaikan suku bunga secara agresif oleh ECB pada bulan Septemeber nanti, nilai tukar EUR tetap terpuruk akibat krisis energi di benua Eropa yang memperbesar risiko terjadinya resesi. BUMN Energi asal Rusia, Gazprom di prediksi akan menghentikan pasokan gas alam ke Eropa dari tanggal 31 Agustus hingga 2 September.

 

Fokus perhatian investor minggu ini tertuju pada rilis data pasar tenaga kerja AS (Non-Farm Payrolls) pada hari Jumat. Angka Non-Farm Payrolls yang lebih tinggi dari estimasi pasar (300,000 pekerja) akan menjadi sentimen positif bagi USD serta memberi Federal Reserve ruang yang lebih luas untuk mengetatkan kebijakan moneter.

 

Statistik

IHSG: 7,132.045 | -3.203 poin |(-0.04%)
Volume (Shares) : 29.526 Billion
Total Value (IDR) : 12.521 Trillion
Market Cap (IDR) : 9,331.302 Trillion
Saham naik : 191
Saham turun : 357

 

Sektor Penekanan Terbesar

Teknologi : -2.23%
Transportasi & Logistik: -1.34%
Finansial : -0.92%

 

Berikut Rekomendasi saham Pilihan Hari Ini Selasa (30/08) – Bluepoin.com

BUDI
BUY 220 – 228
TP1 236 – 240
TP2 248 – 252
TP3 260 – 266
SL IF CLOSE <212

You May Also Like

About the Author: bluepoin.com

Bluepoin.com merupakan portal web berita dan artikel daring di Indonesia.