Resesi Dibutuhkan Untuk Memadamkan Inflasi Ini Kata Fed

Semua Fokus Tertuju ke Rapat Federal Reserve Minggu Ini!

Bluepoin.com – Indeks saham di Asia Selasa (30/8) mayoritas di tutup variatif (mixed) dengan kecenderungan melemah setelah turun tajam sehari sebelumnya tertekan oleh janji ketua bank sentral AS (Federal Reserve) Jerome Powell untuk melawan inflasi dengan menaikkan suku bunga acuan sehingga meredam spekulasi bahwa Federal Reserve mungkin akan memperlambat proses pengetatan kebijakan moneter.

 

Investor khawatir kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve dan bank-bank sentral di Eropa dan Asia akan mencederai pertumbuhan ekonomi global.

 

Sebagai respon, para pejabat Federal Reserve merujuk pada pasar tenaga kerja AS yang solid sebagai bukti ekonomi AS mampu mentoleransi tingkat suku bunga yang lebih tinggi. Walaupun mengakui resesi ekonomi mungkin saja terjadi namun para pejabat Federal Reserve mengatakan resesi mungkin sesuatu yang dibutuhkan untuk memadamkan lonjakan inflasi.

 

Dari sisi makroekonomi, investor mencerna rilis data pasar tenaga kerja Jepang di mana Tingkat Pengangguran (Unemployment Rate) untuk bulan Juli tetap berada di 2.6% selama tiga bulan beruntun, sesuai dengan ekspektasi.

 

Dari Eropa, investor mencerna rilis perhitungan awal (Preliminari) data Inflasi Spanyol yang memperlihatkan laju inflasi melambat menjadi 10.4% Y/Y di bulan Agustus dari 10.8% Y/Y pada bulan sebelumnya yang juga merupakan level tertimnggi sejak September 1984.

 

Ini adalah penurunan laju inflasi pertama dalam empat bulan karena penurunan harga BBM di SPBU berhasil mengimbangi kenaikan biaya listrik, harga bahan makanan dan harga paket liburan.

 

Untuk nanti malam, investor menantikan rilis perhitungan awal data inflasi bulan Agustus Jerman dan rilis data pasar perumahan AS (Case Shiller Home Price Index dan FHFA House Price Index) serta data pasar tenaga kerja AS (Job Openings and Labor Turnover Survey atau JOLTS).

 

Statistik

IHSG: 7,159.473 | +27.428 poin |(+0.38%)
Volume (Shares) : 34.588 Billion
Total Value (IDR) : 14.696 Trillion
Market Cap (IDR) : 9,362.310 Trillion
Saham naik : 301
Saham turun : 239

 

Sektor Penguatan Terbesar

Teknologi : +1.59%
Industrial : +1.33%
Infrastruktur : +1.30%

 

Berikut Rekomendasi saham Pilihan Hari Ini Rabu (31/08) – Bluepoin.com

MDLN
BUY 105 – 110
TP1 114 – 116
TP2 120 – 123
TP3 128 – 130
SL IF CLOSE <102

You May Also Like

About the Author: bluepoin.com

Bluepoin.com merupakan portal web berita dan artikel daring di Indonesia.