Paket Stimulus China, Berita Positif Or Negatif?

Sentimen Positif Menghiasi Jumat Ini! IHSG Siap Menghijau!?

Jakarta, Bluepoin.com. Indeks saham di Asia Jumat (8/7) mayoritas di tutup naik seiring dengan meredanya kekhawatiran mengenai resesi ekonomi global dan semakin besarnya harapan Presiden AS Joe Biden membatalkan bea masuk (tariff) atas barang produksi asal Tiongkok Sentimen positif datang dari para pejabat tinggi bank sentral AS (Federal Reserve).

 

Christopher Waller, seorang anggota Dewan Gubernur Federal Reserve mengatakan ketakutan atas terjadinya resesi adalah reaksi yang terlalu berlebihan dan memastikan bahwa kinerja pasar tenaga kerja AS yang solid dapat memberi perlindingan dari resesi .

 

Sementara itu, Presiden Federal Reserve Bank di St Louis James Bullard mengatakan ada kemungkinan besar perlambatan aktifitas ekonomi AS tanpa gelombang besar PHK (situasi yang biasa di sebut soft-landing) akan dapat tercapai.

 

Aksi beli di pasar saham Asia juga di topang oleh berita bahwa Pemerintah Tiongkok sedang mempertimbangkan sebuah paket stimulus ekonomi untuk menopang pertumbuhan ekonomi negara itu.
Kementerian Keuangan Tiongkok mempertimbangkan rencana yang membolehkan Pemerintah Daerah mencari sumber pendanaan dari emisi surat utang untuk membiayai pembangunan proyek infrastruktur.

 

Namun belum jelas apakah ini berupa belanja tambahan atau rencana emisi surat utang di masa depan yang di majukan jadwalnya untuk mengerek laju pertumbuhan ekonomi yang menurut banyak pengamat turun mendekati 0% di 2Q22 setelah kebijakan Lockdown menghentikan aktifitas dunia usaha di Shanghai dan pusat-pusat industri lainnya.

 

Fokus perhatian investor akan tertuju pada rilis data Non-Farm Payrolls (NFP) AS nanti malam yang di prediksi akan memperlihatkan proses rekrutmen pegawai masih berlangsung di berbagai industri sehingga memberi indikasi bahwa pasar tenaga kerja AS sejauh ini belum tersentuh oleh kekhawatiran mengenai resesi.

 

Ekonomi AS di ramal menambah 250,000 tenaga kerja selama bulan Juni, jumlah yang cukup tinggi namun masih lebih rendah dari penambahan 390,000 tenaga kerja yang terjadi di bulan Mei.

 

Indonesian Market Review.

Indeks Saham Indonesia ditutup naik tajam, mengikuti bursa regional setelah sentimen positif dari China yang akan memberikan stimulus besar yang bisa membuat ekonomi stabil.

Sementara itu saham komoditas naik, setelah rencana stimulus China yang menaikan prospek permintaan, serta diikuti kenaikan saham bank.

Statistik

IHSG: 6,740.219 | +87.632 poin |(+1.32%)
Volume (Shares) : 18.715 Billion
Total Value (IDR) : 10.829 Trillion
Market Cap (IDR) : 8,877.784 Trillion
Saham naik : 287
Saham turun : 200

 

Sektor Penguatan Terbesar

Teknologi : +2.99%
Barang Baku : +2.69%
Finansial : +1.66%

 

Berikut Rekomendasi saham Pilihan Hari Ini Selasa ( 11/07 ) – Bluepoin.com

KOBX
BUY 418 – 434
TP1 450 – 460
TP2 480 – 490
TP3 500 – 510
SL IF CLOSE <408

You May Also Like

About the Author: bluepoin.com

Bluepoin.com merupakan portal web berita dan artikel daring di Indonesia.