MSCI Jatuh, The Fed Akan Kembali Menaikan Suku Bunga Lagi?

MSCI Jatuh, The Fed Akan Kembali Menaikan Suku Bunga Lagi?

Bluepoin.com – Indeks saham di Asia Selasa (11/10) ditutup turun dengan indeks MSCI Asia Pasifik di luar Jepang jatuh 1.7% ke level terendah dalam dua tahun karena investor khawatir mengenai kenaikan suku bunga acuan dan eskalasi perang di Ukraina.

 

Pasar kontrak berjangka (futures) mengambil posisi bahwa ada sekitar 90% peluang bank sentral AS (Federal Reserve) menaikkan suku bunga acuan Federal Funds rate (FFR) sebesar 75 bps bulan depan. FFR di proyeksikan mencapai 4.5% pada bulan Februari 2023 dan bertahan di sana sepanjang tahun 2023.

 

Investor berpotensi mendapat pencerahan mengenai pola pikir para pejabat Federal Reserve pada hari Rabu ketika notulen rapat pertemuan kebijakan Federal Reserve (Fed Minutes) bulan September di rilis.

 

Di pasar komoditas, harga emas memperpanjang rangkaian penurunan menjadi lima hari beruntun, tertekan oleh penguatan nilai tukar mata uang USD dan kenaikan imbal hasil (yield) surat utang Pemerintah AS (US Treasury Notes) sementara sikap waspada investor mulai menyebar menjelang rilis data inflasi AS minggu ini.

 

Meskipun emas dianggap sebagai alat lindung nilai (hedging) dari inflasi dan ketidakpastian ekonomi, kenaikan suku bunga telah mengurangi daya tarik emas yang tidak menawarkan imbal hasil (yield).

 

Investor juga mencerna peringatan dari pejabat Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF) bahwa risiko terjadinya resesi global semakin besar seiring dengan melambatnya pertumbuhan ekonomi di negara-negara maju dan laju inflasi yang tinggi memaksa Federal Reserve terus menaikkan suku bunga acuan sehingga berujung pada pembengkakan beban utang bagi negara-negara berkembang.

 

Menurut perhitungan IMF, sekitar sepertiga dari negara di dunia akan mengalami paling tidak kontraksi ekonomi selama dua kuartal beruntun tahun ini dan tahun depan.

 

Dari dalam negeri, Penjualan Ritel tumbuh 4.9% Y/Y di bulan Agustus, melambat dari pertumbuhan 6.2% Y/Y pada bulan sebelumnya. Sementara itu, Penjualan Ritel untuk bulan September di perkirakan akan rebound dengan tumbuh 5.5% Y/Y atau lebih tinggi dari pertumbuhan di bulan Agustus.

 

Statistik

IHSG: 6,939.145 | -55.250 poin |(-0.79%)
Volume (Shares) : 26.491 Billion
Total Value (IDR) : 11.824 Trillion
Market Cap (IDR) : 9,171.478 Trillion
Saham naik : 190
Saham turun : 340

Sektor Penekanan Terbesar

Technology : -2.15%
Transportasi & Logistik : -0.85%
Infrastruktur : -0.82%

 

Berikut Rekomendasi saham Pilihan Hari Ini Selasa (11/10) – Bluepoin.

BRPT
BUY  790 – 825
TP1 850 – 870
TP2 900 – 930
TP3 980 – 1020
SL IF CLOSE <760

You May Also Like

About the Author: bluepoin.com

Bluepoin.com merupakan portal web berita dan artikel daring di Indonesia.