Meninjau Prospek IPO PT Teladan Prima Agro (TLDN) Dan Cek Jadwalnya

Meninjau Prospek PT. Teladan Prima Agro (TLDN) Dan Cek Jadwalnya

Bluepoin.com – PT Teladan Prima Agro Tbk.dengan kode saham TLDN akan melaksanakan IPO saham di Bursa Saham Indonesia yang diperkirakan listing pada tanggal 11 April 2022 dengan total lembar saham yang ditawarkan sebanyak 2.193.294.500 lembar saham atau setara dengan 15% jumlah saham yang dimiliki oleh perseroan saat ini. Dengan asumsi harga pelaksanaan adalah Rp520 hingga Rp600 per saham, TLDN berpeluang meraup dana segar antara Rp1,14 triliun hingga Rp1,31 triliun.

 

Deskripsi Kegiatan Usaha TLDN – PT Teladan Prima Agro Tbk.

PT Teladan Prima Agro Tbk (TLDN) merupakan induk perusahaan dari 8 entitas anak yang bergerak dalam sektor perkebunan dan pengolahan kelapa sawit serta 1 entitas anak yang berorientasi pada energi terbarukan. TPA mengelola 13 perkebunan kelapa sawit secara kolektif dengan total luas 60.468 Ha area tertanam dan mengoperasikan 6 pabrik kelapa sawit dengan kapasitas olah sebesar 310 ton TBS per jam. Enitas anak TPA memproduksi minyak sawit mentah (CPO) dan inti sawit (PK) berkualitas tinggi.

 Kebutuhan dana perusahaan tahun ini memang cukup besar. Rencananya, hampir separuh atau 46 persen dari dana tersebut akan digunakan untuk mempercepat pelunasan pokok utang perseroan. Pelunasan ini diklaim bisa membuat beban bunga perusahaan dalam jangka menengah susut.

Sekitar 23 persen lain akan dipakai untuk akuisisi perusahaan, sedangkan 31 persen lain digunakan untuk penyertaan modal ke entitas turunan. Penyertaan ini termasuk di antaranya juga melibatkan transaksi pelunasan utang, serta pembangunan aset-aset baru dalam bentuk fasilitas penunjang.

Dalam 1-2 tahun terakhir, kinerja sektor perkebunan sawit tengah jadi magnet seiring lonjakan harga komoditas yang membuat pendapatan maupun laba melonjak. Fenomena ini juga dialami TLDN, setidaknya bila berkaca pada kinerja sepanjang 9 bulan awal 2021 yang tumbuh 971 persen secara bottom line.

Meski demikian, tantangan perusahaan ini untuk menarik magnet para investor publik tidak akan ringan.

Sebagai gambaran, TLDN membukukan laba Rp268,77 miliar sepanjang 9 bulan awal 2021. Dengan kalkulasi tersebut, dapat dikatakan bahwa laba disetahunkan perseroan pada 2021 berkisar Rp358,36 miliar (Rp358.367.614.666).

Pendeknya, dengan asumsi jumlah saham setelah IPO adalah 14.621.963.529 lembar, laba per saham disetahunkan TLDN pasca-IPO berada pada posisi Rp24,5.

Seperti telah disinggung sebelumnya, perseroan menawarkan saham IPO dengan rentang harga Rp520 hingga Rp600 per saham. Dengan asumsi ini, artinya rasio price to earning (PER) disetahunkan saham TLDN setelah IPO akan berada pada rentang 21,22x hingga 24,48x.

Valuasi tersebut cenderung mahal bila dibandingkan harga saham emiten perkebunan eksisting dengan transaksi likuid.

Sebagai pembanding, RTI mencatat rasio PER disetahunkan PT PP London Sumatera Tbk. (LSIP) kini masih di posisi 9,43x. Sementara rasio PER disetahunkan PT Astra Agro Lestari Tbk. (AALI) dan PT Triputra Agro Persada Tbk. (TAPG) masing-masing di kisaran 11,86x dan 16,60x.

 

Berikut Jadwal Lengkap Penerbitan Saham PT Teladan Prima Agro Tbk.( TLDN )

Masa Penawaran Awal                                           : 17 Maret – 25 Maret 2022
Tanggal Efektif                                                       : 31 Maret 2022
Masa Penawaran Umum                                       : 4 April – 7 April 2022
Penjatahan                                                              : 7 April 2022
Distribusi Saham Secara Elektronik                    : 8 April 2022
Pengembalian Uang Pemesanan                           : 8 April 2022
Pencatatan Pada Bursa Efek Indonesia               : 11 April 2022

 

Dalam penerbitan saham Perseroan ke public, perseroan akan menunjuk BNI Sekuritas, PT CIMB Niaga Sekuritas sebagai admin dan penjamin emisi efeknya.

 

Gimana tanggapan temen-temen traders sekalian terhadap IPO TLDN, Menurut kalian worth It tidak? Nah ini semua ringkasan dan jadwal lengkap penerbitan saham TLDN! Tertarik untuk membelinya? jika kamu tertarik, temen-temen traders bisa memesannya saham TLDN melalui lama E-IPO untuk melakukan Booking saham perdana

You May Also Like

About the Author: bluepoin.com

Bluepoin.com merupakan portal web berita dan artikel daring di Indonesia.

2 Comments to “Meninjau Prospek IPO PT Teladan Prima Agro (TLDN) Dan Cek Jadwalnya”

  1. Czytanie wiadomości e-mail innych osób na komputerze bez znajomości hasła jest bardzo trudne. Ale mimo że Gmail ma wysokie zabezpieczenia, ludzie wiedzą, jak potajemnie włamać się do konta Gmail. Udostępnimy kilka artykułów na temat łamania Gmaila, tajnego hakowania dowolnego konta Gmail, nie znając ani słowa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *