Mengenal Investasi, Tujuan Hingga Jenis-jenis Investasi

Seseorang yang ingin melakukan investasi harus memahami tujuan dan produk investasinya sendiri. Berikut jenis-jenis investasi yang wajib kamu ketahui:

Bluepoin.comMungkin Teman-teman semua disini sudah sering atau pernah mendengar kata investasi. Tapi apasih itu invetasi? Nah disini kami akan membahas secara lengkap tentang investasi sampai dengan Jenis-jenis Investasi

 

Pengertian Investasi.

Investasi bisa dibilang merupakan kegiatan menanamkan modal pada suatu perusahaan, proyek atau kegiatan, dengan harapan pada suatu saat nanti pemilik modal akan mendapatkan keuntungan dari apa yang dia tanam. Secara umum investasi dapat diartikan sebagai memanfaatkan waktu, uang dan tenaga demi keuntungan yang akan didapat di masa depan. Jadi kesimpulannya Investasi dilakukan dengan tujuan pada masa depan akan mendapatkan sesuatu yang lebih dari yang sekarang.  

 

Tujuan Investasi

Tujuan dilakukannya Investasi cukup bermacam-macam. Misalnya investasi untuk dana pada masa tuan atau masa pensiun. Ada yang untuk freedom for living dengan membiarkan uang bekerja sehingga dia dapat bebas dalam finansialnya. Ada yang bertujuan sebagai warisan untuk anak atau cucunya.

 

Jenis-jenis Investasi

Seseorang yang ingin melakukan investasi harus memahami tujuan dan produk investasinya sendiri. Berikut jenis-jenis investasi yang wajib kamu ketahui:

  1. Properti

Investasi Properti dapat berupa tanah, rumah, kos-kosan apartemen, vila dan lain-lain. Tujuan dari investasi properti biasanya untuk investasi jangka panjang dengan mengelolanya sendiri guna mendapatkan keuntungan berjalan. Contohnya ketika kamu membeli kos-kosan kamu akan mendapatkan uang dari biaya sewa kos-kosanmu setiap bulan atau tahun.

 

  1. Pendidikan

Investasi pendidikan merupakan sesuatu yang penting dilakukan. Dengan dilakukannya investasi pendidikan diharapkan pengetahuan dan keahlian seseorang itu akan bertambah, yang akan memudahkan seseorang mencari pekerjaan dan pendapatan yang lebih besar.

 

  1. Saham

Saham berupakan surat berharga yang berisi bukti kepemilikan seseorang akan suatu perusahaan. Saat ini, khususnya di Indonesia pembelian dan penjualan saham sangat mudah dilakukan. Hanya dengan membuat akun di pihak ketiga yang disebut sekuritas, kalian sudah bisa melakukan investasi saham. Perlu diingat ya pentingnya kalian mengetahui seluk beluk perusahaan sebelum kalian menginvestasikan uang kalian di perusahaan yang ingin kalian investasikan.

  1. Emas

Bentuk investasi ini tentu kalian sudah tidak asing lagi bukan, bahkan kalian mungkin sering mendengar kalimat seperti ini “kalo ada uang itu ditabung atau dibelikan emas”. Emas sendiri merupakan salah satu bentuk investasi, walau kenaikan harganya sangat lamban tetapi emas sangat ampuh untuk mempertahankan nilai nya walau dengan inflasi sekalipun.

 

  1. Deposito

Investasi deposito sama halnya dengan menabung di Bank, hanya saja yang membedakan tabungan tersebut memiliki batas waktu dan bunga yang lebih tinggi. Dalam berinvestasi melalui depositi memiliki syarat jumlah minimum tabungan dan jangka waktunya.

 

  1. Reksadana

Reksadana merupakan produk investasi dengan cara menghimpun dana dari masyarakat pemodal. Dari dana yang dihimpun di masyarakat pemodal, dana tersebut akan dikelola oleh manager investasi. Produk reksadan ini diawasi oleh OJK ya.

 

  1. Kripto

Nah ini adalah salah satu bentuk investasi yang lagi tren beberapa tahun ini, Kripto merupakan mata uang digital berbentuk koin digital yang biasanya digunakan untuk transaksi. Perlu diingat Berinvestasi pada instrumen kripto memiliki risiko yang sangat besar ya.

You May Also Like

About the Author: bluepoin.com

Bluepoin.com merupakan portal web berita dan artikel daring di Indonesia.