Mari Mengenal Tes Potensi Skolastik UTBK – TPS

Mari Mengenal Tes Potensi Skolastik UTBK - TPS

Tipe Soal TPS / TPA Verbal UTBK

 

Halo Keda keda pejuang PTN, Gimana sudah siap untuk tes UTBK nanti, Sampai di bagian ini, saya harap kalian sudah mulai mengerti sedikit pentingnya TPS / TPA Verbal itu. Jadi, persiapannya akan lebih serius lagi. Nah, kalau sudah terbayang apa kegunaannya, sekarang kita kupas (hingga mendekati) tuntas perihal TPS / TPA Verbal UTBK. Untuk menguji kemampuan seseorang mengolah bahasa, materi verbal umumnya terdiri dari tiga bagian, yaitu Analogi, Sinonim, Antonim.

1.    Analogi

 

Seperti yang elo ketahui sebelumnya, analogi adalah persesuaian antara dua benda atau hal yang berlainan. Dari dua atau lebih kata yang diberikan pada soal, kita diminta untuk mencari pasangan (bisa lebih) kata yang setara dari yg soal berikan. Sepintas ini terkesan mudah. Namun, pilihan jawaban yang diberikan biasanya “sukses” membuat kita rancu. Nah, hal yang penting adalah kita mesti mencari tahu dulu apa hubungan dua atau lebih kata yang diberikan pada soal. Biar enggak bingung, berikut contohnya

 

Beras : padi = … : biji

 

Langkah 1:

Sebelumnya, kita cari kata kunci hubungan yg mengaitkan beras dan padi. Hayo, pikirkan! Kalau kalian  menjawab: berasal, berarti jawaban kalian hampir benar. Kenapa hampir benar? Karena kalau kalian menjawab “berasal dari”, itu baru paripurna (sempurna). Intinya, sebuah kata kunci yang baik itu bila digabungkan dengan analogi soal, bisa jadi kalimat utuh yang baik.

Beras + berasal dari + padi = beras berasal dari padi –> kalimat utuh

 

Langkah 2:

Cocokkan dengan lima pilihan jawaban: jika beras berasal dari padi, maka yang berasal dari biji itu….. buah!

Lalu ada pertanyaan kritis: “Kan, ada juga buah yang enggak berasal dari biji, kak?” Ya, ya, ya, memang benar. Namun demikian, kita tentu menyesuaikan dengan pilihan jawaban yang paling mendekati apa yang dibutuhkan soal, bukan?

Berikut ini contoh lain:

DOMPET : UANG = … : …

  1. A.   GUNUNG : UANG
  2. B.   TAS SEKOLAH : BUKU
  3. C.   LAUT : GARAM
  4. D.    BURUNG : SANGKAR
  5. E.     KANDANG : AYAM

 

Ayo, coba kalian cari dulu jawabannya sendiri. saya rasa masih banyak yang benar jawab pertanyaan ini.

” Apa kata kunci yang bisa dibuat dari dompet dan uang? Uang diambil dari dompet. Hmm, bisa. Uang disimpan di dompet. Bisa juga. Dompet merupakan tempat menyimpan uang. Ini baru pas. Langkah berikutnya mencocokkan dengan pilihan jawaban. Kita sepakat untuk menganulir pilihan a, c dan d. Mungkin kalian ragu antara b dan e. Pilihan terakhir bisa juga menggunakan kata kunci merupakan tempat menyimpan, namun untuk binatang lebih pas menggunakan frasa tempat memelihara. Sedangkan jawaban b, lebih rinci dengan menyebutkan tas sekolah, bukan tas saja.

Maka jawaban yang paling mendekati adalah b. tas sekolah : buku

Walaupun kita bisa mendapatkan jawaban tanpa mencari kata hubung, sebaiknya kalian memeriksa kembali dan membandingkan dengan pilihan jawaban yang lain.

 

2.  Sinonim

Sinonim berarti kata yang bermakna atau berarti sama. Soal tipe ini membutuhkan kecermatan agar bisa mendapatkan jawaban yang tepat.Seringkali si pembuat soal cukup cerdik dalam memodifikasi pilihan jawaban sehingga peserta tes bisa saja terkecoh. Misal ada soal seperti ini:

 

Niscaya =

  1. A.   Cahaya
  2. B. Perca
  3. C.   Percaya
  4. D.   Pasti
  5. E.    Kalau

 

Susunan huruf dan bunyi kata ini hampir dekat dengan kata cahaya dan percaya. Bahkan ada yang masih menyamakan arti niscaya sama dengan percaya. Bagi kalian yang belum tahu apa arti niscaya tentu akan ragu. Kata yang berasal dari bahasa Sanskerta ini (nĩscaya) berarti: tentu; pasti; tidak boleh tidak atau puguh (Jakarta); tak urung; perlu. Jadi jawaban soal ini adalah d. pasti

 

Kandidat

A.   Trinidat

B.   Nominasi

C.   Nomine

D.   Tokoh

E.    Tersendat

 

Oke, coba jawab sendiri dulu. Banyak yang terjebak dengan soal ini karena terlihat gampang.

Kandidat memiliki sinonim seperti (1) aspiran; bakal; calon; kader; kadet; magang, nomine (2) kontestan; pengikut (ujian); peserta. Artinya, sinonim kata yang berasal dari bahasa Belanda (kandidaat) ini yaitu c. nomine. 

Meski begitu, masih ada saja yang menjawab b. nominasi. Ini dapat dimaklumi (bukan dibenarkan, ya :D) karena masih banyak yang salah kaprah dan dipopulerkan oleh media massa. Banyak banget tersua (ditemukan) di acara-acara penghargaan dalam negeri, “Nominasinya adalaah..” Sebenarnya nominasi itu artinya pencalonan; seleksi; pemilihan. Padahal di acara penghargaan luar negeri, seperti Oscar atau Grammy,mereka biasa menyebutkannya dengan: “And the nominees are..”. Entah kenapa pada acara penghargaan di Indonesia malah disebut nominasi. 

 

 

3.    Antonim

 

Antomin berarti lawan makna atau arti kata. Soal tipe ini lebih menjebak lagi daripada sinonim. Biasanya, sebagian pilihan jawaban merupakan sinonim kata si soal. Kalau enggak membaca instruksi soal dengan hati-hati dan fokus, niscaya kalian kena jebakan Batman si empunya soal. Berikut ini contohnya

 

  nisbi

A.   Relative

B.   Tidak pasti

C.   Belum final

D.   Mutlak

E.    ambigu

 

Jadi apa jawabannya? Ya, jawaban betulnya d. mutlak. Kata yang berasal dari tanah Arab ini (nisbī) lumayan sering jadi bahan soal. Kalau sedang enggak konsentrasi, kalian bisa saja malah memilih jawaban a. relatif karena sinonim nisbi adalah relatif.

 

apatis

A.   cuek

B.   skeptic

C.   acuh tak acuh

D.   acuh’

E.    beku

 

Jika kalian masih menjawab pada pilihan c. acuh tak acuh, dugaannya kalian masih belum bisa membedakan apa arti acuh dan tak acuh. Istilah apatis datang dari Negara Bunga Tulip berarti acuh tak acuhcuek (informal); beku atau dingin (kiasan); tebal telingamasa bodoh. Artinya, antonimnya adalah acuh. Acuh itu artinya memedulikanhirauhisabtahu. Singkatnya, jawabanya adalah d. acuh.

 

 

You May Also Like

About the Author: bluepoin.com

Bluepoin.com merupakan portal web berita dan artikel daring di Indonesia.

4 Comments to “Mari Mengenal Tes Potensi Skolastik UTBK – TPS”

  1. [URGENT] New qualified lead

    JP Corsi with Exit Node Corp.

    I hope that you are having a good day.

    I am doing a bit of outreach to owner of companies similar to yours as we are seeing increased sales with a number of our clients in the past few months.

    We have a core focus in helping companies increase online inbound and outreach sales and sell out capacity with incredibly effective and economical strategies.

    Let me know if increasing online sales is a priority right now and if I can get on your calendar for a short introduction in the next week or two?


    JP Corsi
    +1 954-833-5563
    https://exitnode.co
    2339 Glades Pkwy, Weston FL

  2. Alors que la technologie se développe de plus en plus vite et que les téléphones portables sont remplacés de plus en plus fréquemment, comment un téléphone Android rapide et peu coûteux peut – Il devenir un appareil photo accessible à distance ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *