5 Kumpulan Soal UTBK Sebagai Bahan Ajar, Calon Mahasiswa Wajib Tahu:

kumpulan soal UTBK

Bluepoin.com – Baru saja lulus SMA atau SMK dan mencari kumpulan soal UTBK sebagai bahan ajar? Tenang! Kita punya materi yang bisa kamu pelajari. Seperti yang kita tahu, soal UTBK adalah soal yang digunakan untuk menguji calon mahasiswa yang ingin masuk perguruan tinggi negeri di Indonesia.

kumpulan soal UTBK

UTBK singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer, yang merupakan salah satu metode seleksi masuk PTN melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). SNBT sebelumnya dikenal sebagai SBMPTN, namun mengalami perubahan pada tahun 2023.

Calon Mahasiswa Wajib Tahu: Kumpulan Soal UTBK Sebagai Bahan Ajar

Perubahan tersebut antara lain adalah penghapusan tes mata pelajaran (TKA) dan hanya mengujikan tes potensi skolastik (TPS) dan tes literasi. Dan di bawah ini adalah kumpulan soal UTBK beserta jawaban dan penjelasannya:

1. Pernyataan: Semua manusia adalah makhluk hidup.

Kesimpulan:

  1. Semua makhluk hidup adalah manusia.
  2. Beberapa makhluk hidup adalah manusia.
  3. Semua makhluk hidup adalah non-hidup.
  4. Beberapa manusia adalah non-hidup.

Jawaban: B

Penjelasan: Kesimpulan B sesuai dengan logika silogisme dari pernyataan tersebut. Kesimpulan A tidak benar karena ada makhluk hidup lain selain manusia. Kesimpulan C dan D tidak benar karena bertentangan dengan definisi makhluk hidup.

2. Pernyataan: Jika hujan, maka jalanan basah.

Kesimpulan:

  1. Jika jalanan basah, maka hujan.
  2. Jika jalanan tidak basah, maka tidak hujan.
  3. Jika tidak hujan, maka jalanan tidak basah.
  4. Jika hujan, maka jalanan tidak basah.

Jawaban: C

Penjelasan: Kesimpulan C sesuai dengan logika implikasi dari pernyataan tersebut. Kesimpulan A tidak benar karena ada kemungkinan jalanan basah karena hal lain selain hujan. Kesimpulan B dan D tidak benar karena bertentangan dengan pernyataan tersebut.

3. Bacalah paragraf berikut!

(1) Para peserta lomba telah menyelesaikan karyanya.

(2) Tibalah para juri untuk menilai karya-karya itu.

(3) Dengan penuh antusias para peserta menunggu dan dengan perasaan berdebar-debar.

(4) Mereka menanti keputusan juri.

(5) Banyak karya-karya yang menjadi favorit dalam lomba ini, sehingga juri mengalami kesulitan menentukan pemenangnya.

Perbaikan kalimat tidak efektif pada nomor (5) adalah….

  1. Banyak karya-karya favorit dalam lomba sehingga juri mengalami kesulitan menentukan pemenangnya.
  2. Banyak karya favorit lomba, sehingga juri mengalami kesulitan menentukannya.
  3. Banyak karya-karya favorit lomba, sehingga juri mengalami kesulitan menentukannya.
  4. Banyak karya yang menjadi favorit dalam lomba ini sehingga juri mengalami kesulitan menentukan pemenangnya.
  5. Karya-karya favorit lomba ini banyak sehingga juri mengalami kesulitan menentukannya.

Jawaban: D

Penjelasan kumpulan soal UTBK : Kalimat D merupakan perbaikan kalimat yang paling efektif karena menghilangkan kata-kata yang berlebihan atau tidak perlu seperti “karya-karya” dan “ini”. Kalimat A, B, C, dan E masih mengandung kata-kata yang berlebihan atau tidak perlu.

4. Soal Keempat

Bukti kesuksesan artis yang menang di beberapa pemilihan kepada daerah (pilkada) atau “aman” menjadi anggota DPR mungkin menjadi daya tarik baru bagi artis lainnya saat ini. Baik artis maupun partai politik sama-sama terlihat saling “membutuhkan” untuk menaikkan popularitas.

Hampir semua partai besar dipastikan mengusung nama-nama artis beken dalam daftar calon legislatifnya. Tak sebatas artis, tetapi juga MC, penyanyi, hingga pelawak. Akan tetapi, dalam sebuah survei terlihat bahwa masyarakat tidak terlalu berharap di masa depan para artis makin dominan dalam politik. Bahkan, sebagian besar cenderung tidak setuju jika di masa mendatang makin banyak artis yang menjadi anggota lembaga legislatif.

Makna kata survei dalam paragraf tersebut adalah…

  1. Jajak pendapat
  2. Penelitian
  3. Wawancara
  4. Observasi
  5. Evaluasi

Jawaban: A

Penjelasan kumpulan soal UTBK : Survei adalah metode pengumpulan data dengan cara mengajukan pertanyaan kepada sejumlah orang yang mewakili populasi tertentu untuk mendapatkan informasi atau opini. Jajak pendapat adalah salah satu bentuk survei yang bertujuan untuk mengetahui sikap atau preferensi masyarakat terhadap suatu isu atau peristiwa. Oleh karena itu, makna kata survei dalam paragraf tersebut adalah jajak pendapat.

5. Bacalah teks berikut!

Pada tahun 2023, Indonesia akan mengadakan Pemilihan Umum (Pemilu) untuk memilih presiden dan wakil presiden, anggota DPR, DPD, dan DPRD. Pemilu merupakan salah satu pilar demokrasi yang harus dijaga integritasnya agar tidak terjadi kecurangan atau manipulasi suara. Untuk itu, peran masyarakat sebagai pemilih sangat penting dalam menentukan nasib bangsa ini. Masyarakat harus cerdas dan kritis dalam memilih calon pemimpin dan wakil rakyat yang sesuai dengan aspirasi dan kepentingan mereka.

Tema utama dari teks tersebut adalah…

  1. Pemilihan Umum 2023
  2. Pilar demokrasi
  3. Peran masyarakat sebagai pemilih
  4. Kecerdasan dan kritik masyarakat
  5. Calon pemimpin dan wakil rakyat

Jawaban: C

Penjelasan: Tema utama dari teks tersebut adalah peran masyarakat sebagai pemilih dalam Pemilihan Umum 2023. Tema ini dapat dilihat dari kalimat pertama dan terakhir yang menekankan pentingnya peran masyarakat sebagai pemilih dalam menentukan nasib bangsa ini. Pilihan A, B, D, dan E merupakan topik-topik yang berkaitan dengan tema utama, tetapi bukan merupakan tema utama.

Dan itulah kumpulan soal UTBK Sebagai Bahan Ajar. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk terus rajin belajar, untuk meraih semua impian.

You May Also Like

About the Author: Bluepoin

Situs Teknologi dan Informasi Masakini