6 Kumpulan Soal Pembagian Ribuan Lengkap serta Pembahasannya

kumpulan soal pembagian ribuan

Bluepoin.com – Pembagian ribuan adalah proses matematika yang digunakan untuk membagi sebuah angka dengan angka ribuan. Pembagian ini sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam menghitung uang dan persentase. Dan pada artikel kali ini, kita akan membagikan kumpulan soal pembagian ribuan, sebagai acuan untuk belajar, khususnya untuk siswa dan siswi.

kumpulan soal pembagian ribuan bisa dikatakan sangat mudah, apalagi jika kamu suka berlatih. Agar untuk berlatihmu untuk memecahkan soal tersebut, maka sengaja kita memberikannya melalui pembahasan singkat ini. tanpa belama-lama lagi, perhatikan saja ulasannya di bawah ini:

Kumpulan Soal Pembagian Ribuan Lengkap serta Pembahasannya

Metode pembagian ribuan

Untuk melakukan pembagian ribuan, Anda dapat menggunakan beberapa kumpulan soal pembagian ribuan melalui metode, seperti pembagian bersusun panjang, pembagian pendek, atau kalkulator. Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang masing-masing metode:

– PEMBAGIAN BERSUSUN PANJANG

Pembagian bersusun panjang adalah proses matematika yang digunakan untuk membagi sebuah angka dengan angka yang lebih besar dari satu digit. Contohnya, jika kita ingin membagi 136 dengan 3, maka hasilnya akan menjadi 45 dengan sisa 1.

– Pembagian Pendek

Pembagian pendek adalah proses matematika yang digunakan untuk membagi sebuah angka dengan angka yang hanya satu digit. Contohnya, jika kita ingin membagi 518 dengan 4, maka hasilnya akan menjadi 129 dengan sisa 2.

– Kalkulator

Kalkulator adalah alat elektronik yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai operasi matematika, termasuk pembagian. Contohnya, jika kita ingin membagi 3000 dengan 5, maka hasilnya akan menjadi 600.

Contoh Soal Pembagian Ribuan Lengkap

Berikut ini adalah beberapa contoh kumpulan soal pembagian ribuan lengkap dengan jawaban dan penjelasannya:

  1. Sebuah pabrik memproduksi 5000 botol minuman dalam sehari. Jika setiap dus berisi 25 botol, berapa banyak dus yang dibutuhkan untuk menampung seluruh botol minuman?

Penyelesaian:

Untuk mengetahui jumlah dus yang dibutuhkan, kita dapat membagi jumlah botol minuman dengan jumlah botol per dus. Rumusnya adalah:

Jumlah dus = Jumlah botol minuman ÷ Jumlah botol per dus

Jadi, jumlah dus yang dibutuhkan adalah:

Jumlah dus = 5000 ÷ 25

Jumlah dus = 200

Jawaban: 200 dus

  1. Seorang guru membagi 3000 lembar kertas kepada 15 siswa dengan jumlah yang sama. Berapa banyak lembar kertas yang diterima oleh setiap siswa?

Penyelesaian:

Untuk mengetahui jumlah lembar kertas yang diterima oleh setiap siswa, kita dapat membagi jumlah lembar kertas dengan jumlah siswa. Rumusnya adalah:

Jumlah lembar kertas per siswa = Jumlah lembar kertas ÷ Jumlah siswa

Jadi, jumlah lembar kertas yang diterima oleh setiap siswa adalah:

Jumlah lembar kertas per siswa = 3000 ÷ 15

Jumlah lembar kertas per siswa = 200

Jawaban: 200 lembar kertas

  1. Sebuah toko menjual baju seharga Rp 5000 per potong. Jika seorang pembeli membayar dengan uang Rp 100000, berapa banyak baju yang dapat ia beli?

Penyelesaian:

Untuk mengetahui jumlah baju yang dapat dibeli, kita dapat membagi uang pembeli dengan harga baju. Rumusnya adalah:

Jumlah baju = Uang pembeli ÷ Harga baju

Jadi, jumlah baju yang dapat dibeli adalah:

Jumlah baju = 100000 ÷ 5000

Jumlah baju = 20

Jawaban: 20 baju

  1. Sebuah sekolah memiliki 4000 buku yang akan dibagi rata ke 20 kelas. Berapa banyak buku yang akan diterima oleh setiap kelas?

Penyelesaian:

Untuk mengetahui jumlah buku yang akan diterima oleh setiap kelas, kita dapat membagi jumlah buku dengan jumlah kelas. Rumusnya adalah:

Jumlah buku per kelas = Jumlah buku ÷ Jumlah kelas

Jadi, jumlah buku yang akan diterima oleh setiap kelas adalah:

Jumlah buku per kelas = 4000 ÷ 20

Jumlah buku per kelas = 200

Jawaban: 200 buku

  1. Seorang pedagang menjual pisang seharga Rp 5000 per sisir. Jika seorang pembeli membayar dengan uang Rp 150000, berapa banyak sisir pisang yang dapat ia beli?

Penyelesaian:

Untuk mengetahui jumlah sisir pisang yang dapat dibeli, kita dapat membagi uang pembeli dengan harga pisang. Rumusnya adalah:

Jumlah sisir pisang = Uang pembeli ÷ Harga pisang

Jadi, jumlah sisir pisang yang dapat dibeli adalah:

Jumlah sisir pisang = 150000 ÷ 5000

Jumlah sisir pisang = 30

Jawaban: 30 sisir pisang

  1. Sebuah pabrik menghasilkan 9000 baju dalam sebulan. Jika setiap hari pabrik tersebut bekerja selama 25 hari, berapa banyak baju yang dihasilkan per hari?

Penyelesaian:

Untuk mengetahui jumlah baju yang dihasilkan per hari, kita dapat membagi jumlah baju dengan jumlah hari kerja. Rumusnya adalah:

Jumlah baju per hari = Jumlah baju ÷ Jumlah hari kerja

Jadi, jumlah baju yang dihasilkan per hari adalah:

Jumlah baju per hari = 9000 ÷ 25

Jumlah baju per hari = 360

Jawaban: 360 baju

Dan selesai sudah ulasan kumpulan soal pembagian ribuan. Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk terus berlatih, ya!

You May Also Like

About the Author: Bluepoin

Situs Teknologi dan Informasi Masakini