7 Kumpulan Soal Anatomi Fisiologi dan Jawabannya! Mudah Dipelajari

kumpulan soal anatomi fisiologi dan jawabannya

Apakah kamu ingin mempelajari tentang fungsi dari organ dalam tubuh manusia? Jika benar begitu, Pada artikel kali ini, kami mau memberikan kumpulan Soal Anatomi Fisiologi dan Jawabannya yang bisa jadikan acuan untuk latihan belajar kamu.

Dan sebelum pergi ke kumpulan soal anatomi fisiologi dan jawabannya, mari sejenak kita mengingat bahwa pelajaran anatomi fisiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang struktur dan fungsi tubuh manusia. Anatomi fisiologi sangat penting untuk dipelajari oleh para mahasiswa kedokteran, keperawatan, farmasi, dan bidang kesehatan lainnya. Dengan mempelajari anatomi fisiologi, kita bisa mengerti bagaimana tubuh kita bekerja dan bagaimana cara merawatnya.

Namun, mempelajari anatomi fisiologi tidaklah mudah. Ada banyak istilah, konsep, dan proses yang harus dihafal dan dipahami. Belum lagi jika ada ujian atau tes yang harus dihadapi. Pasti bikin pusing tujuh keliling!

Tapi tenang saja, saya punya solusinya. Saya akan memberikan kamu kumpulan soal anatomi fisiologi dan jawabannya yang bisa Kamu gunakan untuk belajar atau menguji pengetahuan Kamu. Kumpulan soal anatomi fisiologi dan jawabannya ini bersumber dari berbagai buku dan sumber online yang terpercaya . Soal-soal ini juga disusun sesuai dengan materi anatomi fisiologi yang umum diajarkan di perguruan tinggi.

Jadi, siapkan diri Kamu untuk belajar kumpulan soal anatomi fisiologi dan jawabannya berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat jawaban Kamu di kertas atau di komputer Kamu. Setelah itu, Kamu bisa membandingkan jawaban Kamu dengan kunci jawaban yang ada di akhir artikel ini. Selamat mengerjakan!

kumpulan soal anatomi fisiologi dan jawabannya
kumpulan soal anatomi fisiologi dan jawabannya

Kumpulan Soal Anatomi Fisiologi dan Jawabannya, Latihan Belajar Tentang Fungsi Organ Tubuh Manusia

Kumpulan Soal Anatomi Fisiologi

  1. Apa nama tulang yang terletak di tengah dada dan berfungsi sebagai tempat melekatnya tulang rusuk?
  2. a) Sternum
  3. b) Clavicula
  4. c) Scapula
  5. d) Humerus

  1. Apa nama sel darah merah dalam bahasa Latin?
  2. a) Eritrosit
  3. b) Leukosit
  4. c) Trombosit
  5. d) Hemoglobin

 

  1. Apa nama organ yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan empedu?
  2. a) Hepar
  3. b) Pankreas
  4. c) Vesica biliaris
  5. d) Vesica urinaria

  1. Apa nama hormon yang diproduksi oleh kelenjar tiroid dan berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh?
  2. a) Tiroksin
  3. b) Insulin
  4. c) Adrenalin
  5. d) Melatonin

 

  1. Apa nama jaringan ikat yang menghubungkan otot dengan tulang?
  2. a) Tendon
  3. b) Ligamen
  4. c) Fasia
  5. d) Aponeurosis

  1. Apa nama sistem saraf yang mengatur aktivitas organ dalam seperti jantung, paru-paru, lambung, usus, ginjal, dll?
  2. a) Sistem saraf pusat
  3. b) Sistem saraf tepi
  4. c) Sistem saraf somatik
  5. d) Sistem saraf otonom

 

  1. Apa nama pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh?
  2. a) Arteri
  3. b) Vena
  4. c) Kapiler
  5. d) Limfatik

Kunci Jawaban

–          Jawaban 1

Jawaban yang benar adalah a) Sternum.

Sternum adalah tulang pipih yang terletak di tengah dada dan berfungsi sebagai tempat melekatnya tulang rusuk bagian depan. Sternum terdiri dari tiga bagian, yaitu manubrium, corpus sterni, dan xiphoid.

–          Jawaban 2

Jawaban yang benar adalah a) Eritrosit.

Eritrosit adalah sel darah merah yang berbentuk bikonkaf dan tidak memiliki inti. Eritrosit mengandung hemoglobin, yaitu protein yang berfungsi untuk mengikat oksigen dan karbon dioksida. Eritrosit diproduksi oleh sumsum tulang.

–          Jawaban 3

Jawaban yang benar adalah c) Vesica biliaris.

Vesica biliaris adalah organ berbentuk kantong yang terletak di bawah hepar (hati). Vesica biliaris berfungsi sebagai tempat penyimpanan empedu, yaitu cairan yang diproduksi oleh hepar untuk membantu pencernaan lemak. Vesica biliaris mengeluarkan empedu ke duodenum melalui saluran empedu.

–          Jawaban 4

Jawaban yang benar adalah a) Tiroksin.

Tiroksin adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar tiroid, yaitu kelenjar endokrin yang terletak di depan leher. Tiroksin berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh, yaitu proses pengubahan makanan menjadi energi. Tiroksin juga berpengaruh pada pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi sistem saraf.

–          Jawaban 5

Jawaban yang benar adalah a) Tendon.

Tendon adalah sebuah jaringan berbentuk ikat yang menghubungkan antara otot dan tulang. Tendon berbentuk seperti tali atau pita dan terdiri dari serabut-serabut kolagen. Tendon berfungsi untuk mentransmisikan gaya kontraksi otot ke tulang, sehingga memungkinkan gerakan tubuh.

–          Jawaban 6

Jawaban yang benar adalah d) Sistem saraf otonom.

Sistem saraf otonom adalah bagian dari sistem saraf tepi yang mengatur aktivitas organ dalam seperti jantung, paru-paru, lambung, usus, ginjal, dll. Sistem saraf otonom bekerja secara tidak sadar dan tidak dapat dikontrol secara sukarela. Sistem saraf otonom terdiri dari dua bagian, yaitu sistem saraf simpatis dan saraf parasimpatis.

–          Jawaban 7

Jawaban yang benar adalah a) Arteri.

Arteri adalah jaringan pembuluh darah yang mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh. Arteri memiliki dinding tebal dan elastis untuk menahan tekanan darah yang tinggi. Arteri bercabang menjadi arteriol dan kemudian menjadi kapiler, yaitu pembuluh darah terkecil yang berfungsi untuk pertukaran zat antara darah dan jaringan.

Demikianlah artikel tentang kumpulan soal anatomi fisiologi dan jawabannya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Kamu yang ingin belajar atau menguji pengetahuan Kamu tentang anatomi fisiologi. Jika Kamu memiliki saran atau pertanyaan seputar kumpulan soal anatomi fisiologi dan jawabannya lainnya, silakan tulis pada kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat belajar!

 

You May Also Like

About the Author: Bluepoin

Situs Teknologi dan Informasi Masakini