Kuliah Analisis Teknikal – Mengenal Support dan Resisten

Kuliah Analisis Teknikal - Mengenal Support dan Resisten

Bluepoin.com – Support dan resisten bisa diibaratkan sebagai plafon dan lantai yang dimana support selalu berada dibawah ( lantai ) dan resisten selalu berada diatas support ( plafon ).

 

Garis support dapat dibentuk dengan cara menarik garis mendatar secara horizontal dari titik terendah pada lembag yang sudah terjadi. Sementara itu garis resisten dibentuk dengan menarik garis horizontal dari titik tertinggi pada puncak yang sudah terjadi

 

Kedua Garis ini tentu bukanlah “garis ajaib” yang bisa menyebabkan harga bergerak naik ataupun turun. Garis ini sendiri merupakan cerminan psikologis dari pelaku pasar itu sendiri. Pelaku pasar terbagi menjadi tiga kategori yaitu pembeli, penjual dan yang tidak melakukan apa-apa.

 

Bula harga suatu saham terkoreksi atau turun ke level tertentu dan kemudian berbalik naik dari level tersebut, orang orang yang membeli akan merasa senang dan sekaligus ada penyesalan, ” kenapa tidak membeli dengan jumlah yang banyak”. Orang yang seperti ini masuk kategori orang-orang yang tamak (greed).

 

Ada satu lagi kelompok yang sekarang dalam posisi “salah arah”, atau sedang mengalami kerugian. Mereka adalah orang-orang yang merasa ketakutan saat melakukan trading (fear).

 

Hal yang sama juga berlaku terhadap garis support dan resisten. Garis-garis tersebut mewakili sebagian besar psikologis dari orang-orang. Hal ini merupakan gambaran bagaimana dampak psikologi manusia membentuk supply dan demand yang kemudian akan mempengaruhi harga pasar saham.

 

Nah gimana sih cara kita melukis kedua garis ini? Titik support dapat ditarik atau Digambar dengan garis mendatar pada posisi lembah ( bawah ) dan titik resisten dapat ditentukan dengan menarik garis mendatar pada posisi puncak ( atas).

 

Baca Juga :  Kuliah Analisis Teknikal – Mengenal Support dan Resisten.

 

Contoh Pada Chart yang sideways

 

Pada gambar diatas kita bisa melihat titik support yang bergaris hijau dan titik resisten pada garis merah. Cara ini juga berlaku pada chart atau grafik yang dengan tren naik atau bullish

 

Contoh Pada Chart yang Bullish

Bluepoin - Kuliah Analisis Teknikal

Pada gambar diatas grafik chart Berhasil melewati titik resisten sehingga titik resisten awal akan membentuk titik resisten baru. Dan titik resisten yang berhasil dilewati akan menjadi titik support.

Note : setiap chart membentuk titik resisten baru, maka otomatis titik resisten yang ditingggalkan akan menjadi titik support yang baru.

 

Contoh Pada Chart yang Bearish

 

Bluepoin

 

Jika tadi praktik membuat support dan resisten pada chart yang sedang uptrend maka ini adalah praktik pada grafik atau chart yang downtren. 

 

support dan resisten
Praktik Langsung pada chart BBCA

 

Bagi kalian yang mau membuka akun trading saham di Jasa Utama Capital Sekuritas, kalian bisa meng klik link di bawah ini ya, dan jangan lupa untuk konfirmasi melalui personal chat atau chat grup untuk mendapatkan fasilitas dari pembukaan akun di Jasa Utama Capital. 

 

OPEN ACCOUNT J.U.C

You May Also Like

About the Author: bluepoin.com

Bluepoin.com merupakan portal web berita dan artikel daring di Indonesia.