Krisis Energi Eropa Karena Pemutusan Gas Dari Rusia?

Krisis Energi Eropa Karena Pemutusan Gas Dari Rusia?

Bluepoin.com – Indeks saham di Asia Selasa (6/9) ditutup datar (flat) karena investor mengambil sikap waspada menjelang pertemuan kebijakan Bank Sentral Eropa (ECB) pada hari Kamis serta memantau dampak dari pemutusan pengiriman gas alam dari Rusia.

 

Menteri Energi di Eropa bersiap mendiskusikan langkah-langkah untuk membatasi harga listrik ketika mereka melakukan pertemuan darurat hari Jumat nanti.

 

Selain itu, investor juga memantau janji Pemerintah Tiongkok untuk melakukan perubahan kebijakan untuk menopang pertumbuhan ekonomi. Pemerintah Tiongkok kemarin berjanji untuk mempercepat kemudahan untuk mendapat pinjaman dan berbagai kebijakan lain namun tidak mengumumkan belanja tambahan baru.

 

Di samping itu, bank sentral Tiongkok (PBOC) kemarin juga melepas cadangan valuta asing di bank komersial Tiongkok untuk di salurkan menjadi pinjaman bank dengan menurunkan rasio Giro wajib Minimum (GWM). Langkah ini membatalkan kenaikan rassio GWM tahun lalu untuk membatasi aksi spekulasi dan menahan kenaikan nilai tukar mata uang Yuan.

 

Bank sentral Australia (RBA) menaikkan suku bunga acuaan sebesar 50 bps untuk ke empat kalinya secara beruntun dan memberi sinyal suku bunga akan teru naik di bulan-bulan mendatang demi untuk mengendalikan inflasi.

 

Sesuai dengan ekspektasi pasar, RBA menaikkan suku bunga acuan Cash Rate menjadi 2.35%, tertinggi sejak 2015. Siklus kenaikan bunga di Australia di mulai pada bulan Mei lalu ketika suku bunga berada di 0.1%.

 

Harga Saham-Saham batubara melanjutkan kenaikan setelah harga batubara Asia mencapai rekor di tengah pemburuan global bahan bakar meningkat, sementara itu persediaan migas juga naik didukung memburuknya krisis energi global. Sejumlah saham-saham konsumen tetap tertekan menyusul kenaikan harga bahan bakar.

 

Statistik

IHSG: 7,233.155 | +1.272 poin |(+0.02%)
Volume (Shares) : 36.754 Billion
Total Value (IDR) : 15.483 Trillion
Market Cap (IDR) : 9,471.401 Trillion
Saham naik : 273
Saham turun : 272

 

Sektor Penguatan Terbesar

Energi : +2.91%
Properti & Real Estate : +1.45%
Industrial : +0.90%

 

Berikut Rekomendasi saham Pilihan Hari Ini Rabu  (07/08) – Bluepoin.com

WINS
BUY 190 – 200
TP1 208 – 212
TP2 220 – 228 
TP3 236 – 240
SL IF CLOSE <185

 

You May Also Like

About the Author: bluepoin.com

Bluepoin.com merupakan portal web berita dan artikel daring di Indonesia.