Kenaikan Upah Pekerja Sampai Geopolitik China-AS Menghiasi Minggu Ini

Kenaikan Upah Pekerja Sampai Geopolitik China-AS Menghiasi Minggu Ini

Bluepoin.com – Indeks saham di Asia Senin (14/11) ditutup beragam (mixed) dengan kecenderungan naik seiring dengan redupnya momentum dari reli pekan lalu setelah pejabat tinggi bank sentral AS (Federal Reserve) memperingatkan investor jangan terlalu terbawa emosi oleh perlambatan data inflasi (CPI) AS.

 

Data inflasi bulan Oktober AS yang keluar lebih rendah dari estimasi mampu mendorong imbal hasil (yield) surat utang Pemerintah AS (US Treasury Note) bertenor 2 tahun anjlok 33 bps minggu lalu dan menekan nilai tukar mata uang USD melemah hampir 4%, penurunan mingguan terbesar dalam 50 tahun terakhir.

 

Bahkan sejumlah investor memperlihatkan sikap euphoria berlebihan dengan mengartikan data inflasi ini sebagai sinyal bahwa tekanan inflasi di AS udah mereda lebih cepat dari yang sebelumnya di antisipasi pasar.

 

Pasar derivatif kontrak berjangka (futures) meramalkan kenaikan suku bunga acuan Federal Funds rate (FFR) sebesar 50 bpss menjadi 4.25%-4.50% di bulan Desember yang di susul oleh beberapa kenaikan sebesar 25 bps sehingga FFR akan mencapai puncaknya di kisaran 4.75% – 5.00%.

 

Gubernur bank sentral Jepang atau Bank of Japan (BOJ) Haruhiko Kuroda hari ini mengatakan BOJ akan tetap mempertahankan kebijakan moneter super longgar demi untuk mencapai tingkat inflasi yang berkesinambungan dan stabil yang disertai oleh pertumbuhan upah.

Kenaikan upah kembali akan menjadi fokus perhatian pada negosiasi tahunan antara serikat pekerja dan asosiasi pengusaha pada musim semi mendatang. Besaran kenaikan upah akan menentukan seberapa sukses Jepang dalam memicu pertumbuhan ekonomi berbasis permintaan konsumen.

 

Dari sisi geopolitik, sejak pertama kali menjabat Presiden AS, Joe Biden hari ini melakukan pertemuan secara tatap muka dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping dengan kekhawatiran AS terhadap Taiwan, invasi Rusia ke Ukraina serta ambisi nuklir Korea Utara menjadi agenda utama pembicaraan.

 

Statistik

IHSG: 7,019.392 | -69.814 poin |(-0.98%)
Volume (Shares) : 25.461 Billion
Total Value (IDR) : 12.712 Trillion
Market Cap (IDR) : 9,431.758 Trillion
Saham naik : 235
Saham turun : 295

 

Sektor Penekan
Finansial : -8.561 Poin
Teknologi : -6.056 Poin
Energi : -4.623 Poin

 

Berikut Rekomendasi saham Pilihan Hari Ini Selasa (15/11) – Bluepoin.

SATU
BUY  74  – 78 
TP1 80 – 82
TP2 85 – 88
TP3 90 – 94
SL IF CLOSE <72

You May Also Like

About the Author: bluepoin.com

Bluepoin.com merupakan portal web berita dan artikel daring di Indonesia.