IPO Cakra Buana Resources Energi (CBRE) Ini Valuasi Perusahaannya?

IPO PT Cakra Buana Resources Energi (CBRE) Ini Valuasi Dan Fundamentalnya?

Bluepoin.com – PT Cakra Buana Resources Energi Tbk akan melantai di pasar modal lewat IPO atau Initial Offering awal bulan depan. Dana yang akan diperoleh perseroan mencapai R81,18 Milyar. 

 

PT Cakra Buana Resources Energi Tbk dengan kode saham CBRE   merupakan Angkutan Laut Dalam Negeri Untuk Barang Umum. Tapi bagaimana sih fundamental dan valuasi harga saham perdana dari perusahaan ini?

 

 Tentang PT Cakra Buana Resources Energi Tbk

PT Cakra Buana Resources Energi Tbk memfokuskan diri untuk menjalankan usaha yang bergerak sebagai enjalankan kegiatan usaha di bidang Angkutan Laut Dalam Negeri Untuk Barang Umum. Perseroan memiliki dan mengoperasikan armada berupa kapal tunda (Tugboats) dan kapal tongkang (Barge) dengan kapasitas 2.000 MT hingga 8.000 MT dalam menunjang kegiatan usahanya yaitu jasa dalam pengangkutan melalui laut untuk komoditas curah seperti hasil tambang, barang konstruksi, alat berat, barang-barang pertanian dan barang-barang industri lainnya.

PT Cakra Buana Resources Energi Tbk saat ini dikuasi oleh PT Omudas Investment Holdco dengan rasio kepemilikan sebanyak 73%.  Setelah IPO nanti  PT Omudas Investment Holdco akan tetap menjadi pengendali dengan kepemilikan sebanyak 61,13%.

 

Perseroan secara bersamaan juga menerbitkan Waran Seri I yang menyertai Saham Baru Perseroan dengan rasio 5:9. Yang mana setiap pemegang 5 saham baru akan memiliki 9 waran seri 1.

 

Fundamental?

Kondisi keuangan PT Cakra Buana Resources Energi Tbk bisa dibilang kuat perkiraan market cap Rp453,8 Milyar – Rp499,18 Milyar. Dengan total aset sebesar Rp99.68 Milyar. Sebanyak Rp13,22 Milyar merupakan Liabilitas dan sekitar Rp86,46 Milyarnya merupakan ekuitas.

 

Untuk Kinerja dari perusahaan ini sedang mengalami Kenaikan. Laba Komprehensif Tahun Berjalan mengalami kenaikan dari rugi Rp1,6Milyar menjadi 2,67 Milyar.

 

Lewat IPO PT Cakra Buana Resources Energi Tbk akan menawarkan sebanyak 738.000.000 lembar saham baru dengan rasio modal 16,26% dengan harga penawaran awal yang berkisar Rp100 – Rp110 per saham. perseroan berpotensi untuk meraup dana sebanyak Rp73,8 Milyar – Rp81,18 Milyar  dan kabar baiknya untuk penggunaan dana hasil penawaran umum akan digunakan untuk kegiatan produktif perusahaan. Perseroan berencana untuk menggunakan dana hasil IPO untuk pembiayaan belanja modal atau capex berupa penambahan 1 set tug dan barge dengan ukuran 300ft. dan sisanya akan digunakan sebagai modal kerja

 

Valuasi harga saham CBRE

menurut perhitungan dari stockbit, price of book value(PBV) CBRE  CBRE  rentang harga IPO saat ini berada CBRE  kisaran 5,24x – 5,77x. Dengan debt to equity ratio (DER) CBRE  sekitar 0,15x.

 

Sekilas, valuasi perusahaan ini terlihat mahal , jika dibandingkan dengan emiten sejenis seperti SMDR  yang rata rata memiliki PBV hanya 1,04x maka valuasi harga saham IPO CBRE  masih bisa dibilang sedikit mahal. 

 

Berikut Jadwal Lengkap Penerbitan Saham CBRE  – PT Cakra Buana Resources Energi Tbk

Masa Penawaran Awal                                : 13 – 16 Desember 2022
Tanggal Efektif                                             : 26 Desember 2022
Masa Penawaran Umum                              : 28 Desember 2022 – 3 Januari 2023
Penjatahan                                                    : 3 Januari 2023
Distribusi Saham Secara Elektronik            : 4 Januari 2023
Pengembalian Uang Pemesanan                 : 3-4 Januari 2023
Pencatatan CBRE  Bursa Efek Indonesia       : 5 Januari 2023

 

Gimana tanggapan temen-temen traders sekalian terhadap IPO CBRE , Menurut kalian worth It tidak?. Nah ini semua ringkasan dan jadwal lengkap penerbitan saham CBRE ! Tertarik untuk membelinya? jika kamu tertarik, temen-temen traders bisa memesannya saham CBRE  melalui lama E-IPO untuk melakukan penawaran awal CBRE  saham perdana

 

You May Also Like

About the Author: bluepoin.com

Bluepoin.com merupakan portal web berita dan artikel daring di Indonesia.