Ini Daftar 5 Saham Dengan Dividen Terbesar tahun 2022

Ini Daftar 5 Saham Dengan Dividen Terbesar tahun 2022

Bluepoin.com –  Dividen adalah salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu oleh investor. Buat kalian yang belum tau, Dividen adalah pembagian laba perusahaan kepada pemegang saham berdasarkan banyaknya jumlah saham yang dimiliki. Biasanya Dividen dibagikan oleh perusahaan setiap satu tahun sekali, tetapi banyak juga perusahaan yang membagikan dividen lebih dari satu kali dalam setahun. 

 

Orang-orang yang menunggu dividen dibagikan biasanya dari kalangan investor yang berinvestasi untuk jangka panjang, karena mereka hanya mendapatkan keuntungan dari pembagian laba perusahaan saja, jika saham mereka tidak dijual. Buat kamu yang ingin berinvestasi dalam jangka waktu panjang atau Dividen Hunter. Berikut terdapat 10 saham dengan ratio dividen yang besar untuk dijadikan pertimbangan kamu.

 

Daftar 5 Saham dengan Dividen Terbesar 

 

1. MBAP – PT Mitrabara Adiperkasa Tbk.

PT Mitrabara Adiperkasa Tbk dengan kode saham MBAP merupakan perusahaan yang bergerak dalam sektor energi yaitu batubara. Perusahaan yang beroperasi di Malinau, Kalimantan Utara telah memulai tahap produksi di tahun 2008. Selain itu saat ini PT Mitrabara Adiperkasa Tbk berafiliasi dengan Baramulti Group. Pada saat ini Perseroan dipegang oleh PT Wahana Sentosa Cemerlang dengan ratio kepemilikan 60% dan PT Wahana Batubara Indonesia dengan ratio kepemilikan 30%. Secara Fundamental keuangan MBAP sangat sehat, perusahaan selalu menghasilkan propit tiap tahunnya. Dengan PBV 2,61x dan PER 2,81x tak heran MBAP banyak dikoleksi oleh investor. Pada tahun 2022 MBAP telah membagikan dividen sebanyak dua kali dengan total Rp1553 per lembar saham  atau setara dengan 20,5% dari harga saham saat artikel ini dibuat. 

 

2. BSSR – PT Baramulti Sukses Sarana Tbk. 

PT Baramulti Sukses Sarana Tbk dengan kode saham BSSR merupakan perusahaan yang bergerak dalam sektor energi yaitu batubara. Perusahaan ini juga masih satu pengendali dengan PT Mitrabara Adi Perkasa yaitu PT Wahana Sentosa Cemerlang dengan ratio kepemilikan 50,0001%. Pada tahun 2022 laba perusahaan meningkat pesat akibat kenaikan harga komoditas terutama batubara. Dengan PBV 3,15x dan PER  3,29x tak heran BSSR banyak dikoleksi oleh investor. Pada tahun 2022 MBAP telah membagikan dividen sebanyak empat kali dengan perkiraan total  mencapai Rp1900 per  lembar saham  atau setara dengan 37,6% dari harga saham saat artikel ini dibuat. 

 

3. GEMS –  PT Golden Energy Mines

Lagi-lagi dari sektor pertambangan, kali ini ada PT Golden Energy Mines Tbk dengan kode saham GEMS adalah sebuah perusahaan pertambangan batu bara yang berkantor pusat di Jakarta. Hingga akhir tahun 2020, perusahaan ini memiliki tambang batu bara dengan total luas 66.204 hektar di Pulau Sumatra dan Pulau Kalimantan, dengan total potensi batu bara mencapai 2,91 miliar ton dan total cadangan batu bara mencapai 1,03 miliar ton. Saat ini PT Golden Energy Mines Tbk dikuasai oleh Golden Energy and resources Limited dengan kepemilikan sebesar 61,49%. Dengan PBV 6,11x dan PER 4,3x. Pada tahun 2022 GEMS telah membagikan dividen sebanyak lima kali dengan perkiraan total  mencapai Rp1396 per  lembar saham  atau setara dengan 19,8% dari harga saham saat artikel ini dibuat. 

 

4.  PTBA – PT Bukit Asam Tbk

Emiten satu ini sudah tak heran jika selalu membagikan dividen jumbo, PT Bukit Asam Tbk dengan kode saham PTBA merupakan anak perusahaan MIND ID yang berfokus pada pertambangan batubara yang didirikan pada tahun 1981. PT Bukit Asam saat ini berpusat di Tanjung Enim, Sumatera Selatan.  Perseroaan saat ini memperdagangkan batubara dengan merk GAR 4600, GAR 4700, GAR 4800, BA-48, BA-50, BA-64, BA-67, dan BA-71. Kenaikan harga batubara dunia tahun ini membuat keuntungan perseroan naik hampir dua kali lipatnya, oleh karena itu perseroan menaikan jumlah pembagian dividen tahun 2022 menjadi Rp688 per lembar saham naik hampir 9x lipat dari tahun sebelumnya yang hanya Rp74,69 per lembar saham atau setara dengan 18,1% dari harga saham saat artikel ini dibuat.  

 

5. Mitra Pinasthika Mustika Tbk

Mitra Pinasthika Mustika Tbk dengan kode saham MPMX bergerak pada kegiatan usaha baik secara langsung maupun tidak langsung melalui anak perusahaannya, distribusi sepeda motor dengan merek Honda di wilayah Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur, penjualan ritel kendaraan roda empat di bawah merek Nissan dan Datsun, penyewaan kendaraan, pembuatan pelumas minyak, asuransi umum, dan aktivitas pendanaan. Perusahaan mulai beroperasi secara komersial pada tahun 1988. Pemegang saham mayoritas perusahaan, PT Saratoga Investama Sedaya Tbk dengan rkepemilikian 56,69%. Dengan PBV 0,87x dan PER 8,5x tak heran MPMX banyak dikoleksi oleh investor. Pada tahun 2022 MPMX telah membagikan dividen dengan nominal mencapai Rp180 per  lembar saham  atau setara dengan 15,5% dari harga saham saat artikel ini dibuat. 

 

Nah gimana menurut Kalian? dari lima saham diatas adakah yang menarik perhatian kalian untuk dikoleksi dalam jangka waktu panjang?. Buat kalian yang mau mengoleksi saham-saham tersebut jangan lupa untuk dianalisa kembali ya baik secara fundamental maupun teknikalnya. 

Yuk Join Grup Diskusi Dan Rekomendasi Saham yang potensial Profit setiap hari disertai dengan Trading Plan info-info dan Edukasi Trading-Investasi saham di Telegram Group. untuk cara JOIN klik Link dibawah ini yaaa

 

You May Also Like

About the Author: bluepoin.com

Bluepoin.com merupakan portal web berita dan artikel daring di Indonesia.