Ini 11 Manfaat Mengkonsumsi Bawang Merah Bagi Kesehatan

Ini 11 Manfaat Mengkonsumsi Bawang Merah Bagi Kesehatan

Jakarta, Bluepoin.com –  Bawang merah merupakan salah satu jenis tanaman yang hampir selalu ada di dapur rumah. Tanaman yang biasanya digunakan sebagai bumbu masak ini, sebenernya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lo. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi yang sangat banyak di dalam bawang merah seperti, vitamin C, vitamin K, zat besi, kalsium, protein, magnesium, serat, kalium, zinc dan yang lainnya.

 

Berikut 11 manfaat bawang merah bagi Kesehatan.

  1. Menghentikan Pertumbuhan Sel Kanker

Bawang merah mengandung senyawa belerang yang cukup banyak, yang membuat bawang merah dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker. Terutama, yang sudah tumbuh terlalu cepat. Selain itu, juga dapat melindungi tubuh dari tumbuhnya bisul.

 

  1. Mengontrol Gula Darah Pada Diabetes

Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi bawang merah mentah secara rutin, dapat membantu meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Khususnya di di Asia dan Eropa, bawang merah maupun bawang putih, sering dimakan mentah oleh penderita diabetes.

 

  1. Menyembuhkan Radang dan Sakit Tenggorokan

Selain itu, bawang merah mengandung antioksidan serta kandungan vitamin yang bermanfaat untuk menyembuhkan radang dan sakit tengggorokan, cukup dengan berkumur dengan air sari bawang merah, dapat membantu kamu meredakan radang dan sakit tenggorokan. 

 

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Rajin mengkonsumsi bawang merah juga berkhasiat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Khususnya, jika dimakan secara langsung, atau tanpa dimasak terlebih dahulu. Kandungan senyawa pada bawang merah berkhasiat mengurangi jumlah kolesterol jahat.

 

  1. Meredakan Nyeri Pada Sendi

Bawang merah mentah, juga berkhasiat dapat mengurangi nyeri pada sendi. Hal tersebut bisa terjadi, karena sayuran ini mengandung anti inflamasi, yang dapat menyembuhkan peradangan sendi.

 

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Tidak hanya menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, bawang merah juga bisa bersifat sebagai penangkal penyakit jantung. Selain itu, juga dapat mencegah terjadinya pembekuan dan penyumbatan darah pada jantung.

 

  1. Menjaga dan Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Bawang merah juga memiliki khasiat ampuh, untuk menjaga dan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Kandungan polifenol yang terdapat di dalamnya, mampu menetralisir radikal bebas yang menyerang tubuh manusia. Sehingga, daya tahan tubuh pun menjadi lebih baik.

 

  1. Mencegah Diare

Jika sering mengalami diare, bisa mencoba untuk mengkonsumsi bawang merah untuk mengatasinya. Kandungan Oligofruktosa yang terdapat didalamnya, memiliki khasiat untuk meringankan dan mencegah diare.

 

  1. Antialergi

Dalam suatu penelitian menyimpulkan, bahwa manfaat bawang merah mentah yang dikonsumsi dengan obat cetirizine, dapat membantu penyembuhan terhadap alergi.

 

Selain itu, kandungan kuersetin yang terdapat di dalamnya, dapat menghentikan tubuh untuk memproduksi histamin. Sehingga, reaksi alergi dapat berkurang dengan sendirinya.

 

  1. Menurunkan Demam dan masuk angin

Bawang merah juga memiliki banyak manfaat untuk bayi, yang salah satunya adalah sebagai penurun demam. Cukup dengan mencampurkan parutan bawang merah dengan minyak zaitun atau kelapa, yang ditambah dengan sedikit asam.

 

Balurkan ramuan alami tersebut, ke tubuh bayi secara merata. Terutama, pada bagian perut dan punggung untuk menghangatkan badan.

 

Selain menurunkan demam, bawang merah juga dapat berkhasiat sebagai obat masuk angin. Cukup iris bawang merah, kemudian campur dengan sedikit minyak zaitun atau kelapa. Balurkan campuran tersebut ke daerah punggung, hingga kulit menjadi kemerahan.

 

  1. Menumbuhkan Rambut

Khasiat lain dari bawang merah, yaitu untuk menumbuhkan rambut. Campurkan sekitar 50 gr bawang merah halus, 50 cc urang aring, 5 cc minyak melati, dan 100 cc minyak kemiri. Panaskan, kemudian saring sebelum dioleskan ke kulit kepala setiap malam hari.

 

Demikianlah, sedikit informasi tentang manfaat mengkonsumsi bawang merah bagi kesehatan. Semoga bermanfaat!

 

🛠WARNING!!!

JANGAN BERLEBIHAN MENGKONSUMI BAWANG MERAH, KARENA BISA MEMICU MULAS, PERUT KEMBUNG, SEMBELIT, SAKIT KEPALA, dan PENINGKATAN REFLUKS ASAM, GUNAKAN SAJA SECUKUPNYA !!!

You May Also Like

About the Author: bluepoin.com

Bluepoin.com merupakan portal web berita dan artikel daring di Indonesia.