Gelar IPO, PT Data Sinergitama Jaya (ELIT) Target Dana Rp75 Milyar

Gelar IPO, PT Data Sinergitama Jaya (ELIT) Target Dana Rp75 Milyar

Bluepoin.com – PT Data Sinergitama Jaya Tbk dengan kode saham ELIT akan melantai di pasar modal lewat IPO atau Initial Offering awal bulan depan. Dana yang akan diperoleh perseroan mencapai Rp75 Milyar. 

 

PT Data Sinergitama Jaya Tbk merupakan Penyedia Layanan (managed service) di Bidang Teknologi Informasi (Cloud). Tapi bagaimana sih fundamental dan valuasi harga saham perdana dari perusahaan ini?

 

 Tentang PT Data Sinergitama Jaya Tbk

PT Data Sinergitama Jaya Tbk memfokuskan diri untuk menjalankan usaha yang bergerak sebagai penyedia layanan (managed service) di bidang Teknologi Informasi, khususnya teknologi pusat data terbaru, data center virtual (cloud). Elitery memulai pelayanannya dengan mengoperasikan pusat data tradisional yang berlokasi di Jawa Barat dan merupakan data center pertama di Asia Tenggara yang mendapat sertifikasi Tier III dari Uptime Institute. Seiring dengan berkembang nya teknologi pusat data, Elitery terus beradaptasi dan berinovasi. Saat ini, Elitery fokus pada teknologi pusat data terkini yaitu pusat data virtual yang umumnya disebut dengan Komputasi Awan atau “Cloud Computing”.

 

Teknologi Cloud adalah teknologi pusat data terkini dimana kapasitas pengolahan dan penyimpanan data disediakan secara virtual dan dapat dipenuhi secara instan. Ini tentunya jauh lebih cepat dibandingkan teknologi pusat data tradisional dimana perusahaan harus membangun infrastruktur fisik yang membutuhkan waktu paling cepat enam bulan untuk mempersiapkannya. Selain lebih cepat, teknologi Cloud mempermudah penerapan teknologi terbaru seperti: Artificial Intelligence (AI), Machine Learning (ML), Big Data, Blockchain dan Internet of Things (IoT).

 

PT Data Sinergitama Jaya Tbk saat ini dikuasi oleh  Kelompok yang Terorganisasi yang terdiri dari Kresna Adiprawira, Hendra Suryakusuma, Thomas Irawan Tjahjono, dan Roestiandi Tsamanov dimana hal tersebut telah sesuai dengan definisi Kelompok yang Terorganisasi.

 

Perseroan secara bersamaan juga menerbitkan Waran Seri I yang menyertai Saham Baru Perseroan dengan rasio 2:1. Yang mana setiap pemegang 1 saham baru akan memiliki 1 waran seri 1.

 

Fundamental?

Kondisi keuangan PT Data Sinergitama Jaya Tbk bisa dibilang kuat perkiraan market cap Rp243,8 Milyar – Rp304,7 Milyar. Dengan total aset sebesar Rp97.684.321.709. Sebanyak Rp44.857.213.25 Milyar merupakan Liabilitas dan sekitar Rp52.827.108.450 Milyarnya merupakan ekuitas.

 

Untuk Kinerja dari perusahaan ini sedang mengalami Kenaikan. Laba Komprehensif Tahun Berjalan mengalami kenaikan dari keuntungan Rp1,6 Milyar menjadi Rp7,5 Milyar.

 

Lewat IPO PT Data Sinergitama Jaya Tbk akan menawarkan sebanyak 500.000.000 lembar saham baru dengan rasio modal 24,61% dengan harga penawaran awal yang berkisar Rp120 – Rp150 per saham. perseroan berpotensi untuk meraup dana sebanyak Rp60 Milyar – Rp75 Milyar  dan kabar baiknya untuk penggunaan dana hasil penawaran umum akan digunakan untuk kegiatan produktif perusahaan. Perseroan berencana untuk menggunakan dana hasil IPO sebanyak untuk 14,29% digunakan untuk pembelian server yang dibeli dari pihak tidak terafiliasi dengan harga sekitar Rp10.000.000.000,- dan 85,71% akan digunakan untuk modal kerja seperti pembiayaan proyek baru perseroan, research & development, perektrutan dan pelatihan tenaga profesional, biaya operasional, serta pemasaran dan promosi dimana modal kerja tersebut tergolong dalam Operating Expenditure (OPEX). Sedangkan dana yang diperoleh Perseroan dari pelaksanaan Waran Seri I, jika dilaksanakan oleh pemegang waran maka seluruhnya akan digunakan untuk modal kerja Perseroan yaitu untuk marketing, gaji dan biaya operasional.

 

Perseroan membagikan dividen saham pada tahun 2022 berdasarkan RUPS tanggal 28 April 2022, pemegang saham setuju untuk mengkonversi laba ditahan menjadi modal disetor berdasarkan laporan keuangan periode Maret 2022 sebesar Rp 7.999.999.600. Saldo laba Perseroan pada 31 Maret 2022 sebesar Rp11.171.313.085,- dari saldo tersebut dibagikan sebesar Rp7.999.999.600,-. Atau sebelum IPO ini perseroan telah membagikan Deviden kepada pemegang sahamnya sebesar Rp100 per lembar saham.

 

Valuasi harga saham ELIT

menurut perhitungan dari stockbit, price of book value (PBV) ELIT  rentang harga IPO saat ini berada kisaran 1,13x – 1,41x. Dengan (PER) ELIT  sekitar 10,64 – 13,3x.

 

Sekilas, valuasi perusahaan ini terlihat murah , jika dibandingkan dengan emiten sejenis pada sektornya seperti DMMX, DCII atau MLPT  yang rata rata memiliki PBV 6,23x – 60,41x maka valuasi harga saham IPO ELIT  masih bisa dibilang murah. 

 

Berikut Jadwal Lengkap Penerbitan Saham ELIT  – PT Data Sinergitama Jaya Tbk

Masa Penawaran Awal                                : 16 Desember 2022 – 22 Desember 2022
Tanggal Efektif                                             : 28 Desember 2022
Masa Penawaran Umum                              : 30 Desember 2022 – 4 Januari 2023
Penjatahan                                                    : 4 Januari 2023
Distribusi Saham Secara Elektronik            : 5 Januari 2023
Pengembalian Uang Pemesanan                 : 5 Januari 2023
Pencatatan ELIT  Bursa Efek Indonesia       : 6 Januari 2023

 

Gimana tanggapan temen-temen traders sekalian terhadap IPO ELIT , Menurut kalian worth It tidak?. Nah ini semua ringkasan dan jadwal lengkap penerbitan saham ELIT ! Tertarik untuk membelinya? jika kamu tertarik, temen-temen traders bisa memesannya saham ELIT  melalui lama E-IPO untuk melakukan penawaran awal ELIT  saham perdana

Yuk Join Grup Diskusi Dan Rekomendasi Saham yang potensial Profit setiap hari disertai dengan Trading Plan info-info dan Edukasi Trading-Investasi saham di Telegram Group. untuk cara JOIN klik Link dibawah ini yaaa

 

 

You May Also Like

About the Author: bluepoin.com

Bluepoin.com merupakan portal web berita dan artikel daring di Indonesia.