Eropa Krisis Energy, Gazpro Kembali Hentikan Penyaluran Gas

Eropa Krisis Energy, Gazpro Kembali Hentikan Penyaluran Gas

Bluepoin.com – Indeks saham di Asia Senin (5/9) ditutup variatif (mixed) dengan kecenderungan turun karena sentimen positif dari data pasar tenaga kerja AS (Non-Farm Payrolls atau NFP) dapat diimbangi oleh ketakutan mengenai krisis energi di Eropa, kebijakan Lockdown di Tiongkok serta ketegangan geopolitik.

 

Data NFP memperlihatkan moderasi pada pertumbuhan tenaga kerja di bulan Agustus dan Tingkat Pengangguran merangkak naik, mengurangi tekanan bagi bank sentral AS (Federal Reserve) untuk menaikkan suku bunga acuan secara agresif.

 

Investor mengurangi ekspektasi mereka atas kenaokan suku bunga sebesar 75 bps secara tiga kali beruntun bulan ini, dengan investor sekarang memprediksi kenaikan suku bunga sebesar 50 bps.

 

Perusahaan BUMN Energi Rusia, Gazpro mengatakan tidak akan memulai kembali pasokan gas alam ke Eropa dengan alasan kerusakan pada jaringan pipa.

 

Pengumuman ini keluar pada hari yang sama ketika negara-negara G7 mengatakan bahwa mereka akan berkerja sama untuk segera mengimplementasikan pembatasan harga (price cap) atas ekspor minyak dari Rusia, sebuah langkah yang akan menghapus pemasukan bagi Rusia untuk membiayai invasinya di Ukrania.

 

Investor juga memantau berita buruk dari Tiongkok di mana belasan juta orang di beberapa kota besar kembali hidup di bawah kebijakan Lockdown yang merupakan bagian penting dari strategi nasional Zero-COVID.

 

Di pasar komoditas, OPEC+ akan melakukan pertemuan hari ini dan kemungkinan akan mempertahankan kuota produksi untuk bulan Oktober meskipun sejumlah sumber tidak mengabaikan probabilitas pemangkasan tipis produksi untuk menopang harga yang mengalami penurunan selama 3 bulan beruntun akibat tertekan oleh prospek perlambatan ekonomi global.

 

Statistik

IHSG: 7,231.883 | +54.704 poin |(+0.76%)
Volume (Shares) : 33.609 Billion
Total Value (IDR) : 14.924 Trillion
Market Cap (IDR) : 9,467.063 Trillion
Saham naik : 267
Saham turun : 266

 

Sektor Penguatan Terbesar

Energi : +3.83%
Industrial : +1.81%
Barang Baku : +0.56%

 

Berikut Rekomendasi saham Pilihan Hari Ini Selasa (06/08) – Bluepoin.com

TOBA
BUY 870 – 910
TP1 940 – 960
TP2 1000 – 1030
TP3 1080 – 1100
SL IF CLOSE <850

You May Also Like

About the Author: bluepoin.com

Bluepoin.com merupakan portal web berita dan artikel daring di Indonesia.