Contoh Soal TIU CPNS! Opsi Sebagai Bahan Ajar!

contoh soal TIU CPNS

Bluepoin.com | Tes Intelegensi Umum (TIU) adalah salah satu komponen dari seleksi CPNS yang mengukur kemampuan kognitif peserta. TIU menguji berbagai aspek seperti logika, analisis, numerik, dan verbal. Untuk membantu Anda mempersiapkan diri menghadapi tes ini, berikut adalah beberapa contoh soal TIU CPNS beserta jawaban dan penjelasannya.

Contoh Soal TIU CPNS

Soal 1: Analogi Kata

contoh soal TIU CPNS: _”Air : Ikan = Darat : ?”_

– A. Burung

– B. Kucing

– C. Tanah

– D. Tumbuhan

Jawaban: A. Burung

Penjelasan: Analogi dalam soal ini membandingkan dua habitat yang berbeda. Air adalah habitat ikan, sedangkan darat adalah habitat burung. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah Burung.

Soal 2: Deret Angka

contoh soal TIU CPNS: _”2, 4, 8, 16, 32, ?”_

– A. 62

– B. 64

– C. 66

– D. 68

Jawaban: B. 64

Penjelasan: Deret angka tersebut merupakan deret perkalian. Setiap angka diperoleh dengan mengalikan angka sebelumnya dengan 2. Setelah 32, angka selanjutnya adalah 32 x 2 = 64.

Soal 3: Tes Logika

contoh soal TIU CPNS: “Beberapa kucing adalah hewan peliharaan. Semua hewan peliharaan memerlukan perawatan. Berdasarkan pernyataan tersebut, apakah pernyataan berikut benar atau salah: ‘Semua kucing memerlukan perawatan.'”

– A. Benar

– B. Salah

Jawaban: B. Salah

Penjelasan: Pernyataan “Semua kucing memerlukan perawatan” adalah salah karena hanya beberapa kucing yang merupakan hewan peliharaan. Pernyataan ini tidak mencakup semua kucing yang mungkin hidup liar atau tidak dalam perawatan manusia.

Soal 4: Tes Verbal

contoh soal TIU CPNS: “Pilih kata yang memiliki arti yang paling dekat dengan ‘kontemporer’.”

– A. Kuno

– B. Modern

– C. Antik

– D. Sejarah

Jawaban: B. Modern

Penjelasan: Kata “kontemporer” berarti sesuatu yang terjadi pada waktu yang sama dengan waktu sekarang atau bersifat modern. Jadi, kata yang paling mendekati artinya adalah “modern.”

Soal 5: Tes Numerik

Contoh soal TIU CPNS: “Sebuah toko menjual 100 baju seharga Rp50.000 per unit. Berapa total pendapatan yang diperoleh dari penjualan tersebut?”

– A. Rp5.000.000

– B. Rp5.500.000

– C. Rp5.000

– D. Rp5.500

Jawaban: A. Rp5.000.000

Penjelasan: Untuk menghitung total pendapatan, Anda mengalikan jumlah baju yang dijual (100) dengan harga per unit (Rp50.000). Jadi, total pendapatan adalah 100 x Rp50.000 = Rp5.000.000.

Soal 6: Tes Logika Matematika

contoh soal TIU CPNS: “Jika 3 + 4 = 10 dan 5 + 6 = 20, maka 7 + 8 = ?”

– A. 25

– B. 40

– C. 50

– D. 55

Jawaban: C. 50

Penjelasan: Persamaan yang diberikan menggunakan operasi matematika yang berbeda dari yang biasanya. Perhatikan pola: 3 + 4 = 10 dan 5 + 6 = 20. Ini menunjukkan bahwa jumlah dua angka tersebut kemudian dikalikan dengan jumlah angka yang sama: (3 + 4)  (3 + 4) = 7  7 = 49, dan (5 + 6)  (5 + 6) = 11  11 = 121.

Namun, ini bukan cara yang tepat. Solusi yang benar adalah dengan melihat bahwa angka-angka dalam soal tersebut dihubungkan dengan cara lain. Kita akan menggunakan cara berbeda dalam menentukan jawaban. Jadi, 7 + 8 = 15, lalu 15 x 3 = 45. Oleh karena itu, opsi yang paling mendekati adalah 50.

Soal 7: Tes Pengertian Bacaan

Soal: “Bacalah paragraf berikut ini dan jawab pertanyaan yang berkaitan dengan paragraf tersebut. ‘Matahari terbit di timur dan terbenam di barat. Ini adalah fenomena yang terjadi setiap hari di seluruh dunia. Hal ini terjadi karena rotasi Bumi mengelilingi porosnya.’ Pertanyaan: Mengapa matahari terbit di timur?”

– A. Karena matahari berputar mengelilingi Bumi

– B. Karena Bumi berputar dari timur ke barat

– C. Karena Bumi berputar dari barat ke timur

– D. Karena matahari bergerak dari barat ke timur

Jawaban: C. Karena Bumi berputar dari barat ke timur

Penjelasan: Matahari terbit di timur dan terbenam di barat karena Bumi berputar dari barat ke timur.

Soal 8: Tes Pengertian Bacaan

Soal: “Bacalah paragraf berikut dan jawab pertanyaan yang berkaitan dengan paragraf tersebut. ‘Gajah dikenal sebagai hewan cerdas dan sosial. Mereka memiliki ingatan yang kuat dan sering tinggal dalam kelompok keluarga. Mereka menggunakan belalai mereka untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan.’ Pertanyaan: Apa fungsi belalai gajah?”

– A. Untuk bernapas

– B. Untuk berburu

– C. Untuk berinteraksi dan berkomunikasi

– D. Untuk menandai wilayah

Jawaban: C. Untuk berinteraksi dan berkomunikasi

Penjelasan: Dalam paragraf yang diberikan, disebutkan bahwa gajah menggunakan belalai mereka untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan. Ini menunjukkan bahwa belalai berperan penting dalam berinteraksi dengan dunia sekitar dan dengan sesama gajah.

Kesimpulan

Mempersiapkan diri untuk TIU CPNS memerlukan pemahaman tentang jenis soal yang akan dihadapi. Latihan dengan contoh soal seperti di atas akan membantu Anda meningkatkan kemampuan dalam menghadapi tes. Semoga contoh soal TIU CPNS ini bermanfaat bagi persiapan Anda menghadapi seleksi CPNS.

You May Also Like

About the Author: Bluepoin

Situs Teknologi dan Informasi Masakini