2 Cara Update Android 13 Vivo dengan Mudah dan Aman

cara update Android 13 Vivo

Bluepoin.com – Android 13 adalah versi terbaru dari sistem operasi Android yang menawarkan berbagai fitur dan peningkatan kinerja untuk smartphone. Salah satu produsen smartphone yang sudah mendukung Android 13 adalah Vivo, yang juga telah merilis Funtouch OS 13 sebagai antarmuka pengguna berbasis Android 13. Lalu bagaimana cara update Android 13 Vivo?

Jika kamu memiliki smartphone Vivo yang masuk dalam daftar yang akan mendapatkan update Android 13, maka kamu bisa mengikuti tutorial ini untuk melakukan update dengan mudah dan aman. Berikut adalah cara update Android 13 Vivo yang bisa kamu coba.

Persiapan Sebelum Update

Sebelum melakukan update, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan terlebih dahulu, yaitu:

  1. Pastikan baterai smartphone Vivo kamu memiliki daya minimal 50% atau lebih baik lagi jika terhubung dengan charger.
  2. Pastikan smartphone Vivo kamu terhubung dengan jaringan internet yang stabil, baik menggunakan WiFi maupun data seluler.
  3. Pastikan kamu memiliki ruang penyimpanan yang cukup di smartphone Vivo kamu untuk mengunduh file update yang berukuran sekitar 2 GB atau lebih.
  4. Pastikan kamu sudah membackup data penting yang ada di smartphone Vivo kamu, seperti foto, video, kontak, pesan, dan lain-lain. Hal ini untuk mengantisipasi jika terjadi kegagalan atau kerusakan saat proses update.

2 Cara Update Android 13 Vivo dengan Mudah dan Aman

1. Cara Update Android 13 Vivo Melalui Menu Pengaturan

Cara update Android 13 Vivo pertama dan paling mudah untuk melakukan update Android 13 Vivo adalah melalui menu pengaturan di smartphone. Berikut adalah caranya:

  • Buka aplikasi Settings atau Pengaturan di smartphone Vivo kamu.
  • Pilih menu System update atau Pembaruan sistem.
  • Akan muncul tulisan Checking Updates atau Mengecek pembaruan yang berarti smartphone Vivo kamu sedang mencari pembaruan sistem yang tersedia.
  • Jika update Android 13 atau Funtouch OS 13 sudah tersedia, maka akan muncul tulisan Update Available atau Ada pembaruan. Kamu bisa melihat versi sistem operasi, ukuran file, dan fitur apa saja yang akan tersedia setelah update.
  • Selanjutnya, kamu bisa mengklik opsi Download Now atau Unduh sekarang. Tunggu beberapa saat untuk proses download. Ini mungkin memerlukan waktu yang cukup lama tergantung pada koneksi internet dan ukuran file.
  • Setelah proses download selesai, kamu perlu menekan opsi Update Now atau Perbarui sekarang. Smartphone Vivo kamu akan melakukan restart dengan sendirinya untuk memulai proses update.
  • Tunggu hingga proses update selesai. Ini juga mungkin memerlukan waktu yang cukup lama tergantung pada spesifikasi smartphone dan jumlah aplikasi yang terinstal.
  • Setelah proses update selesai, smartphone Vivo kamu akan kembali menyala dengan sendirinya. Kamu bisa mengecek versi sistem operasi yang digunakan dengan membuka menu Settings > About phone > Software version.

2.Cara Update Android 13 Vivo Melalui PC

Cara update Android 13 Vivo kedua untuk melakukan update Android 13 Vivo adalah melalui PC atau laptop. Cara ini bisa digunakan jika cara pertama gagal atau tidak tersedia. Berikut adalah caranya:

  • Download file update Android 13 atau Funtouch OS 13 untuk smartphone Vivo kamu dari situs resmi Vivo. Pastikan kamu memilih file yang sesuai dengan model dan seri smartphone Vivo kamu.
  • Simpan file update tersebut di PC atau laptop kamu. File tersebut biasanya berformat ZIP dan berukuran sekitar 2 GB atau lebih.
  • Sambungkan smartphone Vivo kamu ke PC atau laptop menggunakan kabel USB. Pastikan mode transfer file sudah aktif di smartphone Vivo kamu.
  • Salin atau pindahkan file update tersebut ke folder utama penyimpanan internal smartphone Vivo kamu. Jangan letakkan file tersebut di dalam folder lain atau mengubah nama file tersebut.
  • Lepaskan kabel USB dari smartphone Vivo kamu. Buka aplikasi File Manager atau Pengelola Berkas di smartphone Vivo kamu.
  • Cari file update tersebut di folder utama penyimpanan internal. Biasanya file tersebut memiliki nama seperti PD2126F_EX_A_1.70.8-update-full.zip atau sesuai dengan model dan seri smartphone Vivo kamu.
  • Ketuk file tersebut untuk membukanya. Akan muncul pilihan untuk melakukan update sistem. Pilih opsi Update atau Perbarui.
  • Smartphone Vivo kamu akan melakukan restart dengan sendirinya untuk memulai proses update. Ikuti langkah-langkah yang sama seperti cara pertama hingga proses update selesai.

Kesimpulan

Itulah cara update Android 13 Vivo dengan mudah dan aman yang bisa kamu coba. Dengan melakukan update, kamu bisa menikmati fitur dan peningkatan kinerja yang ditawarkan oleh Android 13 dan Funtouch OS 13. Namun, perlu diingat bahwa update ini mungkin belum tersedia untuk semua model dan seri smartphone Vivo, jadi kamu perlu bersabar dan menunggu giliran. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

You May Also Like

About the Author: Bluepoin

Situs Teknologi dan Informasi Masakini