Cara Screening Saham Secara Cepat Dan Efektif

Kuliah Analisis Teknikal - Mengenal Support dan Resisten

 

Cara Screening Saham Yang Efektif – Bluepoin

Bluepoin.com – Buat kalian yang masih bngung untuk menentukan stockpick saham pilihan, Artikel ini bakalan menjawab pertanyaan kalian yang masih bingung dengan cara screening yang efektif itu sendiri. Terutama jika kalian tidak memiliki tools tertentu untuk screening seperti amibroker, metastock atau bot, k amu wajib baca artikel ini!

 

First of all kalua saya pribadi, mendapatkan pattern tertentu ketika saya screening itu hanyalah sebuah keberuntungan, kenapa keberuntungan ? karena saya tidak sengaja mencari pattern pattern tersebut ketika saya sedang screening secara manual. Jadi apa yang perlu kita perhatikan?

 

Fokuslah mencari seluruh posisi yang menarik, bukan hanya pattern tertentu saja

 

            Sectoral

Cara paling mudah untuk screening, yang kita lihat pertama yaitu sector. Kita bisa nge list emiten dari sector yang sedang naik daun, untuk melihat daftar lengkap emiten dari berbagai sector kalian bisa searching di internet.

 

Kalian perlu peka terhadap sector mana yang sedang ramai agar ketika nanti kalian eksekusi harganya tidak terlalu jauh naik dan terlalu lama hold sebelum gerak

 

Contoh : sector komoditas = Coal.

 

Ya kalian cek emiten apa saja yang berkaitan dengan coal. Missal ADRO, PTBA, INDY,MBAP, HRUM, ITMG dll. Setelah itu kalian bisa filter atau seleksi saham saham yang belum terlalu banyak bergerak naik, masih berada pada level support, otw breakout resisten, membentuk pattern dan setelah kalian rasa filter eksekusi setelah posisi harga menurut kalian pas / menarik.

 

 

– Volume

Pada metode ini, kita berfokus kepada emiten yang baru saya memiliki lonjakan transaksinamun chart belum bergerak terlalu jauh.

 

Cara menganalisanya kalian cukup buka alun sekuritas kalian > lalu buka rangking > lalu pilih top gainers by volume

 

Kalau saya pribadi biasanya bakal nyari saham yang baru saya breakout atau mendekati area support. Lalu saya masukan ke watchlist. Ketika saham tersebut pullback dengan volume kecil menuju support terdekatnya atau sudh membentuk area konsolidasi maka disitu saya aka mulai mencicil saham tersebut.

 

Dalam hal screening, jika kamu tidak punya tools tertentu, maka hal-hal diatas bisa dilakukan. Memang sedikit membingungkan diawal tapi jika kalian nanti sudah terbiasa utuk screening secara mandiri maka hal ini akan membuat kalian lebih dewasa dalam hal trading. Logikanya simple aja, semakin sering kalian screening, semakin banyak emiten yang kalian evaluasi. Maka semakin banyak juga peluang yang muncul di layar kalian dan secara ngga langsung ini akan mengasah kemampuan dari trading kalian sendiri.

 

memiliki stockpick sendiri bakalan buat trading kalian lebih menyenangkan loh dan bakal membuat kalian merasakan trading sebagai bisnis dibandingkan gambling.

 

Punya pertanyaan mengenai tips trading seperti ini? Langsung aja Tanya di kolom komentar ya..

 

You May Also Like

About the Author: bluepoin.com

Bluepoin.com merupakan portal web berita dan artikel daring di Indonesia.

2 Comments to “Cara Screening Saham Secara Cepat Dan Efektif”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *