7 Cara Merekam Layar HP Xiaomi, Cepet Banget!

Apakah Kamu pernah ingin merekam layar HP Xiaomi Kamu untuk berbagai keperluan? Misalnya, Kamu ingin merekam game, video call, tutorial, atau hal lain yang muncul di layar HP Kamu. Jika ya, maka Kamu perlu tahu cara merekam layar HP Xiaomi dengan mudah dan cepat.

Merekam layar HP Xiaomi sebenarnya tidak sulit. Kamu tidak perlu menginstal aplikasi tambahan untuk melakukan hal ini. HP Xiaomi sudah memiliki aplikasi bawaan yang bernama Rekam Layar atau Screen Recorder. Aplikasi ini bisa merekam layar HP Xiaomi Kamu dengan kualitas yang baik, bahkan bisa menangkap suara juga.

Namun, tidak semua orang tahu cara menggunakan aplikasi Rekam Layar ini. Padahal, aplikasi ini sangat berguna dan praktis untuk merekam layar HP Xiaomi Kamu. Oleh karena itu, dalam artikel ini, bluepoin akan menjelaskan cara merekam layar HP Xiaomi dengan mudah dan cepat menggunakan aplikasi Rekam Layar.

Manfaat Merekam layar HP

Merekam layar HP adalah salah satu aktivitas yang bisa dilakukan oleh pengguna smartphone untuk berbagai tujuan. Berikut ini adalah beberapa manfaat merekam layar HP:

– Merekam video call. Kamu bisa merekam percakapan video dengan teman, keluarga, atau rekan kerja untuk mengabadikan momen spesial atau penting. Kamu juga bisa merekam presentasi online atau webinar yang berguna untuk referensi di kemudian hari.

– Membuat video tutorial. Kamu bisa merekam langkah-langkah melakukan sesuatu di HP, seperti mengatur pengaturan, menginstal aplikasi, atau menggunakan fitur tertentu. Kamu bisa membagikan video tutorial tersebut ke media sosial, blog, atau YouTube untuk membantu orang lain yang membutuhkan.

7 Cara Merekam Layar HP Xiaomi, Cepet Banget!

Sebelum Kamu mulai melakukan cara merekam layar HP Xiaomi , ada beberapa hal yang perlu Kamu perhatikan. Pertama, pastikan HP Xiaomi Kamu sudah menggunakan versi MIUI 8 ke atas. Karena aplikasi Rekam Layar hanya tersedia di versi MIUI 8 ke atas. Jika belum, silakan cek pembaruan di Setelan > Sistem, kemudian perbarui MIUI di sana.

Kedua, pastikan Kamu memiliki cukup ruang penyimpanan di HP Xiaomi Kamu. Karena hasil rekaman layar akan tersimpan di galeri HP Kamu dalam bentuk video. Jadi, jika ruang penyimpanan Kamu penuh, maka Kamu tidak bisa merekam layar HP Xiaomi Kamu.

Ketiga, pastikan Kamu sudah mengetahui apa yang ingin Kamu rekam di layar HP Xiaomi Kamu. Karena jika tidak, maka hasil rekaman layar Kamu akan berantakan dan tidak menarik. Jadi, sebaiknya Kamu sudah menyiapkan skenario atau rencana rekaman layar Kamu sebelumnya.

Jika sudah memperhatikan hal-hal di atas, maka sekarang Kamu bisa mulai cara merekam layar HP Xiaomi dengan langkah-langkah berikut:

  1. Buka folder Alat atau Tools yang terdapat di layar Home pada HP Xiaomi Kamu. Di sana, Kamu akan menemukan aplikasi Rekam Layar atau Screen Recorder.
  2. Buka aplikasi Rekam Layar tersebut. Di sana, Kamu akan melihat ikon pengaturan, pesan rekam layar, dan tombol rekam berwarna oranye di pojok kanan bawah.
  3. Jika ingin mengubah pengaturan rekaman layar, seperti resolusi, kualitas video, orientasi layar, sumber suara, dan lain-lain, silakan ketuk ikon pengaturan tersebut. Jika tidak ingin mengubah pengaturan rekaman layar, silakan lewati langkah ini.
  4. Untuk mulai merekam layar HP Xiaomi Kamu, silakan ketuk tombol rekam berwarna oranye tersebut. Aplikasi Rekam Layar akan tertutup secara otomatis dan muncul tombol melayang berwarna merah di pojok kanan bawah.
  5. Ketuk tombol melayang tersebut untuk memulai proses perekaman. Tombol tersebut akan berubah menjadi tombol stop dengan durasi waktu di sampingnya.
  6. Lakukan apa yang ingin Kamu rekam di layar HP Xiaomi Kamu sesuai dengan skenario atau rencana yang sudah disiapkan sebelumnya.
  7. Jika sudah selesai merekam layar HP Xiaomi Kamu, silakan ketuk tombol stop tersebut untuk menghentikan proses perekaman dan menyimpan hasilnya.

Baca Juga: Kumpulan Soal Pendidikan Sekolah Dasar: Tes Kognitif yang Mengasah Bakat

Cara Melihat Hasil Rekaman Layar HP Xiaomi

Setelah berhasil melakukan cara merekam layar HP Xiaomi , tentu Kamu ingin melihat hasil rekaman layar Kamu. Untuk melihat hasil rekaman layar HP Xiaomi Kamu, ada dua cara yang bisa Kamu lakukan, yaitu:

  1. Buka aplikasi Rekam Layar kembali. Di sana, Kamu akan melihat daftar video hasil rekaman layar Kamu. Silakan pilih video yang ingin Kamu lihat, kemudian ketuk tombol play untuk memutarnya.
  2. Buka aplikasi Galeri pada HP Xiaomi Kamu. Di sana, Kamu akan menemukan folder bernama Screen Recorder. Buka folder tersebut, dan Kamu akan melihat video hasil rekaman layar Kamu. Silakan pilih video yang ingin Kamu lihat, kemudian ketuk tombol play untuk memutarnya.

Kesimpulan

Demikianlah cara merekam layar HP Xiaomi dengan mudah dan cepat menggunakan aplikasi Rekam Layar. Dengan cara ini, Kamu bisa merekam layar HP Xiaomi Kamu tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Hasil rekaman layar Kamu juga bisa disimpan di galeri HP Kamu dalam bentuk video. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Kamu yang ingin merekam layar HP Xiaomi Kamu. Terima kasih.

You May Also Like

About the Author: Bluepoin

Situs Teknologi dan Informasi Masakini