Cara Merekam Layar HP Oppo F1s dengan Mudah dan Cepat

cara merekam layar HP Oppo F1s

Bluepoin.com – Apakah Kamu ingin merekam layar HP Oppo F1s Kamu untuk berbagai keperluan, seperti membuat tutorial, merekam gameplay, atau menangkap momen penting? Jika benar, maka Kamu berada di tempat yang benar. Dalam artikel ini, saya akan memberikan panduan lengkap tentang cara merekam layar HP Oppo F1s dengan mudah dan cepat.

Ada dua tips yang bisa Kamu gunakan untuk cara merekam layar HP Oppo F1s, yaitu menggunakan fitur bawaan dari perangkat atau menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa Kamu unduh dari Google Play Store. Kedua cara ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga Kamu bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Kamu. Berikut adalah ulasan yang detail tentang kedua cara tersebut:

Cara Merekam Layar HP Oppo F1s

1.Menggunakan Fitur Bawaan dari Perangkat

Cara pertama yang bisa Kamu coba adalah menggunakan fitur bawaan dari perangkat Oppo F1s. Fitur ini sudah tersedia di dalam pengaturan perangkat dan bisa diakses dengan mudah. Kelebihan dari cara ini adalah Kamu tidak perlu menginstal aplikasi tambahan yang mungkin memakan ruang penyimpanan atau memperlambat kinerja perangkat. Namun, kekurangan dari cara ini adalah Kamu tidak bisa mengatur resolusi, format, atau sumber audio dari rekaman layar Kamu.

Berikut adalah cara merekam layar HP Oppo F1s untuk menggunakan fitur bawaan dari perangkat:

  • Buka pengaturan perangkat dengan mengetuk ikon roda gigi di layar utama atau menarik bilah notifikasi ke bawah dan mengetuk ikon roda gigi di pojok kanan atas.
  • Cari dan pilih opsi Screen Recording di dalam pengaturan perangkat.
  • Aktifkan opsi Record Screen Taps dengan mengetuk tombol geser hingga berubah menjadi warna hijau. Opsi ini berguna untuk menampilkan sentuhan layar Kamu saat merekam.
  • Buka aplikasi atau pilih layar yang ingin Kamu rekam.
  • Tarik bilah notifikasi ke bawah dan pilih opsi Start Screen Recording yang memiliki ikon lingkaran dengan kamera di dalamnya. Kamu juga bisa mengetuk tombol panah ke bawah di bagian bawah bilah notifikasi untuk melihat lebih banyak opsi.
  • Tunggu hitungan mundur selama tiga detik, lalu proses perekaman akan dimulai. Kamu akan melihat ikon lingkaran merah melayang di pojok kanan atas layar sebagai indikator bahwa perekaman sedang berlangsung.
  • Untuk menghentikan perekaman, Kamu bisa mengetuk ikon lingkaran merah tersebut atau menarik bilah notifikasi ke bawah dan mengetuk opsi Stop Screen Recording. Rekaman layar Kamu akan otomatis disimpan di galeri atau folder Screen Recording.

2.Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara kedua yang bisa Kamu coba adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa Kamu unduh dari Google Play Store. Ada banyak aplikasi perekam layar yang tersedia di sana, seperti AZ Screen Recorder, DU Recorder, Mobizen Screen Recorder, dan lain-lain. Kelebihan dari cara ini adalah Kamu bisa mengatur resolusi, format, atau sumber audio dari rekaman layar Kamu sesuai dengan keinginan Kamu.

Selain itu, beberapa aplikasi juga menyediakan fitur tambahan seperti mengedit video, menambahkan musik atau teks, dan lain-lain. Namun, kekurangan dari cara ini adalah Kamu perlu menginstal aplikasi tambahan yang mungkin memakan ruang penyimpanan atau memperlambat kinerja perangkat.

Berikut adalah cara merekam layar HP Oppo F1s untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga:

  • Buka Google Play Store dan cari aplikasi perekam layar yang Kamu inginkan. Beberapa contoh aplikasi yang populer adalah AZ Screen Recorder¹, DU Recorder², Mobizen Screen Recorder³, dan lain-lain.
  • Unduh dan instal aplikasi yang Kamu pilih dengan mengetuk tombol Instal dan mengikuti instruksi yang muncul di layar.
  • Buka aplikasi yang Kamu instal dan berikan izin yang diperlukan, seperti mengakses kamera, mikrofon, atau penyimpanan.
  • Atur pengaturan yang Kamu inginkan, seperti resolusi, format, atau sumber audio dari rekaman layar Kamu. Kamu juga bisa mengaktifkan atau menonaktifkan fitur tambahan seperti mengedit video, menambahkan musik atau teks, dan lain-lain.
  • Buka aplikasi atau pilih layar yang ingin Kamu rekam.
  • Mulai proses perekaman dengan mengetuk ikon perekam layar yang biasanya muncul di layar sebagai tombol melayang. Kamu juga bisa mengakses aplikasi dari bilah notifikasi atau pintasan di layar utama.
  • Tunggu hitungan mundur selama beberapa detik, lalu proses perekaman akan dimulai. Kamu akan melihat ikon perekam layar berubah menjadi merah sebagai indikator bahwa perekaman sedang berlangsung.
  • Untuk menghentikan perekaman, Kamu bisa mengetuk ikon perekam layar tersebut atau mengakses aplikasi dari bilah notifikasi atau pintasan di layar utama. Rekaman layar Kamu akan otomatis disimpan di galeri atau folder aplikasi.

Itulah dua tips yang bisa Kamu gunakan untuk cara merekam layar HP Oppo F1s dengan mudah dan cepat. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Kamu dalam membuat rekaman layar yang berkualitas tinggi. Jika Kamu memiliki kritik atau saran, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca.

You May Also Like

About the Author: Bluepoin

Situs Teknologi dan Informasi Masakini