3 Cara Mengunci Aplikasi WA di HP Vivo dengan Mudah

cara mengunci aplikasi WA di HP Vivo

Bluepoin.com – WhatsApp adalah salah satu platform pesan singkat yang paling populer di dunia. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga, atau rekan kerja dengan mudah dan cepat. Namun, ada kalanya kita ingin menjaga privasi percakapan kita di WhatsApp agar tidak dibaca oleh orang lain. Apalagi jika kita sering meminjamkan HP kita kepada orang lain atau meninggalkannya tanpa pengawasan. Lalu bagaimana cara mengunci aplikasi WA di HP Vivo?

Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa menggunakan cara mengunci aplikasi WA di HP Vivo dengan menggunakan fitur bawaan dari sistem operasi Funtouch OS. Fitur ini akan meminta kita untuk memasukkan kata sandi, pola, sidik jari, atau wajah setiap kali kita ingin membuka aplikasi WA. Dengan begitu, kita bisa melindungi data dan informasi pribadi kita di WhatsApp dengan lebih aman.

Cara Mengunci Aplikasi WA di HP Vivo dengan Mudah

Cara Mengunci WA di HP Vivo dengan Funtouch OS 3.0 ke Atas

Jika HP Vivo kita menggunakan sistem operasi Funtouch OS 3.0 atau versi lebih tinggi, kamu bisa menggunakan cara mengunci aplikasi WA di HP Vivo berikut ini:

  1. Buka Pengaturan di HP Vivo kita.
  2. Pilih Keamanan dan privasi.
  3. Pilih Privasi dan enkripsi aplikasi.
  4. Atur kata sandi, pola, sidik jari, atau wajah sesuai dengan keinginan kita jika belum pernah melakukannya sebelumnya.
  5. Cari aplikasi WhatsApp dari daftar aplikasi yang tersedia.
  6. Aktifkan tombol yang ada di samping nama aplikasi WhatsApp.

Setelah itu, kita akan diminta untuk memasukkan kata sandi, pola, sidik jari, atau wajah yang sudah kita atur sebelumnya setiap kali kita ingin membuka aplikasi WA.

Cara Mengunci WA di HP Vivo dengan Funtouch OS 2.6 ke Bawah

Jika HP Vivo kita masih menggunakan sistem operasi Funtouch OS 2.6 atau versi lebih rendah, kita bisa mengunci aplikasi WA dengan cara berikut ini:

  1. Buka i Manager di HP Vivo kita.
  2. Pilih App Manager.
  3. Pilih App Lock.
  4. Atur kata sandi, pola, sidik jari, atau wajah sesuai dengan keinginan kita jika belum pernah melakukannya sebelumnya.
  5. Cari aplikasi WhatsApp dari daftar aplikasi yang tersedia.
  6. Aktifkan tombol yang ada di samping nama aplikasi WhatsApp.

Setelah itu, kita akan diminta untuk memasukkan kata sandi, pola, sidik jari, atau wajah yang sudah kita atur sebelumnya setiap kali kita ingin membuka aplikasi WA.

Cara Mengunci WA di HP Vivo dengan Fitur Bawaan WhatsApp

Selain menggunakan fitur bawaan dari sistem operasi Funtouch OS, kita juga bisa menggunakan cara mengunci aplikasi WA di HP Vivo dengan menggunakan fitur bawaan dari WhatsApp itu sendiri. Fitur ini akan meminta kita untuk memindai sidik jari kita setiap kali kita ingin membuka aplikasi WA. Namun, fitur ini hanya tersedia untuk HP Vivo yang sudah mendukung sensor sidik jari.

Berikut adalah cara mengunci aplikasi WA di HP Vivo dengan fitur bawaan WhatsApp:

  1. Buka WhatsApp di HP Vivo kita.
  2. Ketuk tombol More options (ikon titik tiga) di pojok kanan atas.
  3. Pilih Settings.
  4. Masuk ke menu pengaturan Account.
  5. Buka bagian Privacy.
  6. Cari dan pilih opsi Fingerprint lock.
  7. Nyalakan opsi Unlock with fingerprint.
  8. Konfirmasi dengan memindai sidik jari kita dengan sensor yang tersedia.

Setelah itu, kita akan diminta untuk memindai sidik jari kita setiap kali kita ingin membuka aplikasi WA.

Kelebihan dan kekurangan mengunci aplikasi WA

Kelebihan:

– Meningkatkan keamanan dan privasi pesan-pesan yang kita kirim dan terima melalui WA. Dengan mengunci aplikasi WA, kita bisa mencegah orang lain yang tidak berhak membuka dan membaca pesan-pesan kita.

– Melindungi informasi penting atau rahasia yang kita simpan di WA. Jika kita memiliki informasi yang bersifat sensitif atau konfidensial, mengunci aplikasi WA adalah cara yang bijak untuk menjaga informasi tersebut dari akses yang tidak sah.

– Menghindari pembajakan akun WA. Dalam beberapa kasus, ada orang yang mencoba membajak akun WA kita dengan cara mengambil alih nomor telepon kita atau memindai kode QR kita. Dengan mengunci aplikasi WA, kita bisa mencegah hal ini terjadi dan menjaga akun kita tetap aman.

Kekurangan:

– Mengganggu kemudahan akses. Mengunci aplikasi WA mungkin akan sedikit mengganggu kemudahan akses kita dalam menggunakan aplikasi tersebut. Kita harus membuka kunci setiap kali ingin membuka aplikasi dan melihat pesan.

– Risiko lupa kata sandi, pola, sidik jari, atau wajah. Jika kita menggunakan salah satu metode tersebut untuk mengunci aplikasi WA, ada risiko kita lupa atau tidak bisa membuka kunci tersebut. Jika hal ini terjadi, kita mungkin kesulitan untuk membuka aplikasi WA.

Itulah cara mengunci aplikasi WA di HP Vivo dengan mudah dan cepat. Dengan menggunakan salah satu cara di atas, kita bisa menjaga privasi percakapan kita di WhatsApp agar tidak dibaca oleh orang lain yang tidak berhak. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

You May Also Like

About the Author: Bluepoin

Situs Teknologi dan Informasi Masakini