3 Cara Mengunci Album Foto di HP Vivo dengan Mudah dan Aman

cara mengunci album foto di hp vivo

Bluepoin.com – Apakah kamu memiliki foto-foto pribadi yang tidak ingin dilihat oleh orang lain? Apakah kamu khawatir jika hp vivo kamu hilang atau dicuri, foto-foto kamu akan tersebar? Jika ya, maka kamu perlu tahu cara mengunci album foto di hp vivo kamu agar privasi kamu terjaga.

Cara mengunci album foto di hp vivo sebenarnya sangat mudah dan tidak memerlukan aplikasi tambahan. Kamu hanya perlu memanfaatkan fitur bawaan dari hp vivo yang bernama App Lock. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengunci aplikasi apapun di hp vivo kamu, termasuk aplikasi Album atau Galeri yang berisi foto-foto kamu.

Cara Mengunci Album Foto di HP Vivo dengan Mudah dan Aman

Cara Mengunci Album Foto dengan Fitur App Lock

Berikut adalah cara mengunci album foto di hp vivo dengan fitur App Lock:

  1. Buka halaman Settings atau Pengaturan di hp vivo kamu.
  2. Masuk ke menu Security atau Keamanan.
  3. Buka opsi Privacy and app encryption atau Privasi dan enkripsi aplikasi.
  4. Masukkan kata sandi atau buat terlebih dahulu jika belum punya.
  5. Lakukan verifikasi kata sandi jika diminta.
  6. Cari aplikasi bernama Albums atau Galeri.
  7. Aktifkan tombol yang ada di samping aplikasi tersebut.

Setelah itu, album foto di hp vivo kamu akan terkunci dan tidak bisa dibuka tanpa memasukkan kata sandi yang sudah kamu buat sebelumnya. Kamu juga bisa mengubah jenis kunci, seperti menggunakan sidik jari, wajah, atau pola.

Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat menggunakan fitur App Lock ini, yaitu:

  • Fitur App Lock hanya berlaku untuk aplikasi bawaan dari hp vivo, seperti Album, Pesan, Kontak, dan lain-lain. Jika kamu menggunakan aplikasi galeri dari pihak ketiga, maka fitur ini tidak akan berfungsi.
  • Fitur App Lock tidak akan menghapus foto-foto yang sudah terkunci dari penyimpanan internal hp vivo kamu. Jadi, jika ada orang yang menghubungkan hp vivo kamu ke komputer atau laptop, maka foto-foto tersebut masih bisa diakses.
  • Fitur App Lock tidak akan mengenkripsi foto-foto yang sudah terkunci. Jadi, jika ada orang yang menggunakan aplikasi pemulihan data atau recovery, maka foto-foto tersebut masih bisa dipulihkan.

Untuk mengatasi hal-hal tersebut, kamu bisa menggunakan fitur lain dari hp vivo yang bernama Safe Folder atau Folder Aman. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menyembunyikan foto-foto pribadi kamu dari aplikasi Album atau Galeri dan juga dari penyimpanan internal hp vivo kamu.

Cara Menyembunyikan Foto-Foto Pribadi dengan Fitur Safe Folder

Berikut adalah cara mengunci album foto di hp vivo dengan fitur Safe Folder:

  1. Buka aplikasi Files atau Berkas di hp vivo kamu.
  2. Lalu pilih foto atau video yang ingin disembunyikan.
  3. Tekan tombol Options atau Opsi berikon tiga titik di bagian kanan atas.
  4. Pada menu pop-up yang muncul, tekan tombol Move to Safe Folder atau Pindah ke Folder Aman.
  5. Kamu akan diminta memasukkan PIN untuk mengunci Safe Folder.

Setelah cara mengunci album foto di hp vivo itu, foto-foto pribadi kamu akan dipindahkan ke Safe Folder dan tidak akan terlihat lagi di aplikasi Album atau Galeri. Kamu juga tidak akan menemukan foto-foto tersebut di penyimpanan internal hp vivo kamu.

Cara Melihat Foto-Foto di Safe Folder

Untuk melihat foto-foto yang sudah disembunyikan, kamu perlu membuka Safe Folder dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka halaman Settings atau Pengaturan di hp vivo kamu.
  2. Masuk ke menu Security atau Keamanan.
  3. Buka opsi Privacy and app encryption atau Privasi dan enkripsi aplikasi.
  4. Masukkan kata sandi atau buat terlebih dahulu jika belum punya.
  5. Lakukan verifikasi kata sandi jika diminta.
  6. Buka opsi Safe Folder atau Folder Aman.
  7. Masukkan PIN untuk membuka Safe Folder.

Di dalam Safe Folder, kamu bisa melihat semua foto-foto pribadi yang sudah disembunyikan sebelumnya. Kamu juga bisa menambahkan atau menghapus foto-foto yang ada di dalamnya.

Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat menggunakan fitur Safe Folder ini, yaitu:

  • Fitur Safe Folder akan mengenkripsi foto-foto yang sudah disembunyikan, sehingga tidak bisa diakses oleh aplikasi lain atau oleh komputer atau laptop. Jadi, pastikan kamu tidak lupa PIN untuk membuka Safe Folder, karena jika kamu lupa, maka foto-foto tersebut tidak bisa dipulihkan lagi.
  • Fitur Safe Folder tidak akan membackup foto-foto yang sudah disembunyikan ke akun Google atau layanan cloud lainnya. Jadi, jika hp vivo kamu rusak atau hilang, maka foto-foto tersebut juga akan hilang. Jadi, pastikan kamu memiliki cadangan foto-foto tersebut di tempat lain yang aman.

Demikianlah cara mengunci album foto di hp vivo dengan mudah dan aman. Dengan menggunakan fitur App Lock dan Safe Folder, kamu bisa menjaga privasi foto-foto pribadi kamu dari orang-orang yang tidak berhak. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Jika kamu memiliki kritik atau saran, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih.

You May Also Like

About the Author: Bluepoin

Situs Teknologi dan Informasi Masakini