Cara Mengecek Kesehatan Baterai Oppo Lengkap Tips Menjaga Kesehatannya

Cara Mengecek Kesehatan Baterai Oppo

Bluepoin Tahukah kamu Cara Mengecek Kesehatan Baterai Oppo,ini merupakan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para pengguna ponsel khususnya Android OPPO yang penasaran dengan status baterai ponselnya. Seiring waktu, saat Kamu mengisi daya ponsel secara rutin, kesehatan baterai ponsel Kamu akan mulai menurun.

Kamu akan melihat baterai ponsel Kamu menurun saat Kamu mulai merasa terganggu dengan betapa cepatnya ponsel Kamu masuk ke kondisi “daya rendah”, meskipun Kamu merasa sudah mengisi dayanya 15 menit yang lalu. Baterai  yang buruk akan menyebabkan ponsel  lebih sering mati, yang tentunya akan merepotkan saat bepergian.

Untuk itu, Kamu perlu mengetahui Cara Mengecek Kesehatan Baterai Oppo  untuk mengetahuinya. Kamu dapat menggunakan cara ini untuk memeriksa status baterai  OPPO Reno 5 dan model lainnya.

Cara Mengecek Kesehatan Baterai Oppo

Berikut  langkah-langkah untuk mengecek status baterai Oppo:

  • Buka menu “Pengaturan” pada ponsel Oppo pengguna.
  • Gulir ke bawah dan pilih opsi “Baterai”.
  • Di layar berikutnya, pengguna akan melihat indikator “Status Baterai” di bagian bawah layar.
  • Ketuk opsi “Status Baterai” untuk melihat persentase kapasitas dan masa pakai baterai.

Jika terjadi kegagalan baterai, indikator “Status Baterai”  akan menunjukkan persentase kapasitas baterai di bawah 100%. Serta masa pakai baterai yang lebih pendek dari  yang diharapkan. Ini berarti baterai perlu diperbaiki atau diganti.

Cara Lain Mengecek Kesehatan Baterai Oppo

Untuk memeriksa status baterai Oppo, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Dialer dan masukkan kode ##4636##
  • Menu tes akan muncul, pilih Info baterai
  • Periksa kapasitas baterai, jika menunjukkan angka diatas 80 berarti baterai masih bagus

Cara Mengecek Kesehatan Baterai Oppo Dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa digunakan pengguna untuk menggunakan cara mengecek kesehatan baterai Oppo mereka dengan mudah. Berikut beberapa aplikasi yang dapat digunakan pengguna:

1. AccuBattery

Cara Mengecek Kesehatan Baterai Oppo yang pertama menggunakan aplikasi AccuBattery merupakan aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu pengguna mengecek status baterai Oppo dengan mudah. Aplikasi ini akan memberikan informasi rinci tentang kesehatan baterai Oppo pengguna termasuk kapasitas baterai, konsumsi daya, dan perkiraan masa pakai baterai.

Lebih lanjut, AccuBattery juga dapat membantu pengguna mengidentifikasi aplikasi mana yang paling banyak menghabiskan baterai. Berikut langkah-langkah menggunakan AccuBattery untuk memeriksa kesehatan baterai Oppo pengguna:

  • Unduh dan instal aplikasi AccuBattery pada pengguna Oppo melalui Google Play Store.  Buka aplikasi AccuBattery dan tunggu hingga aplikasi selesai memuat data baterai pengguna.
  • Di halaman utama aplikasi, pengguna akan melihat informasi tentang kesehatan baterai termasuk kapasitas baterai, konsumsi daya, dan perkiraan masa pakai baterai.
  • Pengguna juga dapat mengklik tombol “Aplikasi” untuk melihat daftar aplikasi yang paling banyak menghabiskan baterai pengguna Oppo.

2. Ampere

Ampere adalah aplikasi pihak ketiga lainnya yang dapat membantu pengguna memeriksa kesehatan baterai Oppo. Aplikasi ini akan memberikan informasi tentang arus  dan tegangan baterai Oppo pengguna.

Selain itu, Ampere juga dapat membantu pengguna memeriksa kecepatan pengisian baterai. Berikut Cara Mengecek Kesehatan Baterai Oppo menggunakan Ampere untuk memeriksa kesehatan baterai Oppo pengguna:

  • Unduh dan instal aplikasi Ampere di Oppo pengguna melalui Google Play Store.
  • Buka aplikasi Ampere dan tunggu hingga aplikasi selesai memuat data baterai pengguna.
  • Di halaman utama aplikasi, pengguna akan melihat informasi tentang arus baterai dan tegangan baterai Oppo pengguna.
  • Pengguna juga dapat mengklik tombol “Statistik” untuk melihat grafik penggunaan baterai dan kecepatan pengisian baterai. Periksa status baterai Oppo di pusat layanan resmi
  • Jika pengguna masih ragu dengan kondisi baterai Oppo miliknya, dapat membawa Oppo miliknya ke service center resmi Oppo untuk diperiksa oleh teknisi
  • Di service center resmi, teknisi akan melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap baterai Oppo pengguna untuk mengetahui apakah baterainya masih bagus atau tidak.
  • Jika baterai ternyata bermasalah, teknisi akan merekomendasikan solusi terbaik untuk mengatasinya.

Tips Dan Trik Menjaga Kesehatan Baterai Oppo Agar Awet Dan Tahan Lama

Selain membahas Cara Mengecek Kesehatan Baterai Oppo, ada beberapa tips dan trik  merawat baterai Oppo agar awet dan tahan lama:

Minimalkan Penggunaan Aplikasi Yang Menguras Baterai

Beberapa aplikasi seperti game dan aplikasi jejaring sosial seringkali memakan banyak daya baterai. Untuk memperpanjang masa pakai baterai, sebaiknya hindari penggunaan aplikasi yang menghabiskan banyak  baterai atau mematikan aplikasi yang tidak diperlukan.

Hindari Mengisi Daya Baterai Secara Berlebihan

Mengisi baterai  terlalu lama dapat menyebabkan baterai cepat panas dan memperpendek umurnya. Sebaiknya, cabut pengisi daya saat baterai sudah terisi penuh.

Gunakan Pengisi Daya Yang Tepat

Gunakan charger  sesuai  spesifikasi ponsel Kamu. Pengisi daya yang buruk dapat merusak baterai dan memperpendek umurnya.

 Jaga Suhu Ponsel Agar Tidak Terlalu Panas

Suhu ponsel yang berlebihan dapat mengurangi masa pakai baterai. Hindari menggunakan ponsel terlalu lama atau saat suhu sekitar terlalu tinggi.

Demikianlah ulasan lengkap tentang Cara Mengecek Kesehatan Baterai Oppo beserta tips cara menjaga kesehatan baterainya, dengan adanya ulasan ini kamu bisa memanfaatkan kesehatan baterai oppo kamu, caranya mudah bukan, semoga berhasil ya.

You May Also Like

About the Author: Bluepoin

Situs Teknologi dan Informasi Masakini