3 Cara Mengaktifkan NFC di HP OPPO

cara mengaktifkan NFC di HP OPPO

Bluepoin.com – NFC (Near Field Communication) adalah sebuah fitur yang memungkinkan pengguna HP OPPO untuk mentransfer data, melakukan pembayaran, atau membaca tag NFC dengan hanya mendekatkan perangkat ke perangkat lain yang memiliki fitur NFC. Fitur NFC sangat berguna untuk mempermudah aktivitas sehari-hari, seperti mengisi saldo e-money, membayar di merchant, atau berbagi foto dan video. Lalu bagaimana cara mengaktifkan NFC di HP OPPO?

Namun, sebelum menggunakan fitur NFC, Kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu di HP OPPO Kamu. Berikut adalah cara mengaktifkan NFC di HP OPPO dengan mudah dan cepat.

Cara Mengaktifkan NFC di HP OPPO Melalui Quick Settings

Salah satu cara mengaktifkan NFC di HP OPPO adalah melalui quick settings. Quick settings adalah menu yang bisa diakses dengan menyeret layar dari atas ke bawah dengan satu jari. Di sini, Kamu bisa menemukan berbagai opsi pengaturan yang sering digunakan, termasuk NFC. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka quick settings dengan menyeret layar dari atas ke bawah dengan satu jari.
  • Cari ikon dan menu NFC. Jika tidak ada, Kamu bisa menambahkannya dengan menekan tombol edit di pojok kanan bawah.
  • Tekan tombol NFC hingga menyala. Ini menandakan bahwa fitur NFC sudah aktif.

Cara Mengaktifkan NFC di HP OPPO Melalui Menu Pengaturan

Cara mengaktifkan NFC di HP OPPO selanjutnya adalah melalui menu pengaturan. Menu pengaturan adalah tempat di mana Kamu bisa mengubah berbagai pengaturan terkait perangkat, termasuk NFC. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka menu pengaturan dengan menekan ikon roda gigi di layar utama atau quick settings.
  • Ketik kata kunci “NFC” di kolom pencarian di bagian atas.
  • Pilih opsi “NFC” di bagian “Koneksi dan aksesori”.
  • Tekan tombol NFC hingga menyala. Ini menandakan bahwa fitur NFC sudah aktif.

Cara Menggunakan NFC di HP OPPO

Setelah mengaktifkan fitur NFC, Kamu bisa mulai menggunakan fitur ini untuk berbagai keperluan. Berikut adalah beberapa contoh penggunaan fitur NFC di HP OPPO:

  1. Mengisi saldo e-money: Kamu bisa mengisi saldo e-money seperti Mandiri e-money, BRI Brizzi, BNI TapCash, atau BCA Flazz dengan menggunakan aplikasi dari pihak ketiga seperti Tokopedia, Bukalapak, BCA Mobile, atau aplikasi bank masing-masing. Cukup dekatkan kartu e-money ke bagian belakang HP OPPO Kamu dan ikuti instruksi yang muncul di layar.
  2. Membayar di merchant: Kamu bisa membayar di merchant yang memiliki mesin pembayaran dengan NFC dengan menggunakan aplikasi dompet digital seperti OVO, GoPay, Dana, atau LinkAja. Cukup dekatkan HP OPPO Kamu ke mesin pembayaran dan masukkan PIN atau sidik jari Kamu untuk konfirmasi.
  3. Membaca tag NFC: Kamu bisa membaca tag NFC yang berisi informasi seperti kontak, URL, atau teks dengan menggunakan aplikasi pembaca NFC seperti NFC Tools atau NFC Reader. Cukup dekatkan HP OPPO Kamu ke tag NFC dan informasi akan ditampilkan di layar.
  4. Mentransfer data: Kamu bisa mentransfer data seperti foto, video, musik, atau dokumen dengan menggunakan fitur Android Beam yang ada di HP OPPO Kamu. Cukup dekatkan HP OPPO Kamu ke perangkat lain yang memiliki fitur Android Beam dan tekan layar untuk mengirim data.

Kelebihan dan Kekurangan Mengaktifkan NFC di HP OPPO

Kelebihan:

  • Memudahkan Kamu untuk melakukan transaksi tanpa uang tunai, seperti membayar di merchant, mengisi saldo e-money, atau membayar biaya transportasi dan tol. Kamu hanya perlu mendekatkan HP OPPO Kamu ke mesin pembayaran atau kartu e-money yang memiliki fitur NFC.
  • Memungkinkan Kamu untuk mentransfer data dengan cepat dan mudah, seperti foto, video, musik, atau dokumen. Kamu hanya perlu mendekatkan HP OPPO Kamu ke perangkat lain yang memiliki fitur NFC dan Android Beam.
  • Memfasilitasi Kamu untuk membaca tag NFC yang berisi informasi tertentu, seperti kontak, URL, atau teks. Kamu hanya perlu mendekatkan HP OPPO Kamu ke tag NFC dan informasi akan ditampilkan di layar.

Kekurangan:

  • Menguras baterai lebih cepat, karena fitur NFC membutuhkan daya yang cukup besar untuk beroperasi. Kamu harus memastikan bahwa baterai HP OPPO Kamu cukup terisi sebelum menggunakan fitur NFC.
  • Memiliki jangkauan yang sangat terbatas, yaitu sekitar 10 cm saja. Kamu harus mendekatkan HP OPPO Kamu ke perangkat atau objek lain yang memiliki fitur NFC dengan sangat dekat agar bisa terhubung.
  • Memerlukan aplikasi tambahan untuk beberapa fungsi tertentu, seperti mengecek atau mengisi saldo e-money, membayar dengan dompet digital, atau membaca tag NFC. Kamu harus mengunduh aplikasi dari pihak ketiga yang sesuai dengan kebutuhan Kamu.

Baca Juga: Cara Mengecek Kesehatan Baterai Oppo Lengkap Tips Menjaga Kesehatannya

Demikianlah tentang cara mengaktifkan NFC di HP OPPO. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu bagi kamu semua. Jika kamu memiliki kritik atau saran silahkan tulis di kolom komentar yang ada di bawah ini. Terima kasih selamat mencoba!

You May Also Like

About the Author: Bluepoin

Situs Teknologi dan Informasi Masakini