Hp Samsung Lemot Atasi dengan Cara Mempercepat HP Samsung di Jamin Ampuh!

Cara Mempercepat HP Samsung

Bluepoin Bagaimana Cara Mempercepat HP Samsung agar tidak lemot? Bagi Kamu yang mengalami masalah ini jangan khawatir karena cara mengatasi hp Samsung lemot sebenarnya cukup sederhana. Namun jangan berharap kinerja melebihi ekspektasi Kamu. Sebab performa sebuah smartphone bergantung pada spesifikasinya.

Bagi pemilik smartphone flagship tentunya akan mendapatkan smartphone dengan performa maksimal agar terhindar dari lag saat bermain game atau menjalankan banyak aplikasi. Namun bagi pemilik ponsel Samsung dengan spesifikasi seadanya, harus menerima kenyataan bahwa performa ponselnya kurang maksimal.

Ada beberapa faktor yang membuat ponsel Samsung lemot. Faktor terpenting adalah jumlah RAM, jenis prosesor, dan jumlah memori internal. Kalau spesifikasinya jelek, performanya juga jelek. Meski begitu, kita tetap bisa mencoba mengatasi lemotnya HP Samsung kita dengan beberapa cara berikut ini.

Petunjuk Cara Mempercepat HP Samsung Agar Tidak Lemot

1. Matikan Animasi

Salah satu cara mempercepat hp Samsung dan kelebihan Hp Samsung ada system OneUI berbasis android. Samsung mengoptimalkan OneUI dengan banyak animasi yang membuatnya lebih lancar. Namun sayangnya animasi tersebut bisa membuat hp menjadi lemot, apalagi untuk hp Samsung yang spek RAMnya kecil.

Nah, agar ponsel Samsung dengan RAM kecil tetap berjalan lambat, sebaiknya kamu harus tau Cara Mempercepat HP Samsung, dengan  menonaktifkan animasi. Lalu bagaimana? Cara mematikan animasi di HP Samsung cukup sederhana. Caranya  masuk ke menu Opsi Pengembang atau Developer Options dan matikan Window Animation Scale, Transition Animation Scale, dan Animation Duration Scale.

Setelah mematikan animasi, smartphone akan terasa lebih cepat. Namun sayangnya, fitur Opsi Pengembang perlu diaktifkan terlebih dahulu. Untuk mempelajari caranya silahkan lihat dibawah ini.

  • Buka menu Pengaturan
  • Pilih Tentang ponsel
  • Pilih info perangkat
  • Kemudian klik 7 kali pada nomor versi
  • Kemudian kembali ke menu Pengaturan dan buka menu Opsi Pengembang.
  • Kemudian cari menu Window Animation Scale, Transitions, dan Animation. Kemudian pilih Matikan animasi.

2. Menggunakan MicroSD Class10

Selain itu Cara Mempercepat HP Samsung Untuk mengatasi masalah memori internal yang kecil, Kamu dapat memasukkan kartu microSD tambahan ke dalam slot memori eksternal. Namun sebaiknya MicroSD yang digunakan adalah kelas 10. Pasalnya, MicroSD palsu tersebut memiliki kecepatan membaca file yang buruk sehingga membuat ponsel Samsung menjadi lemot.

Perlu diketahui bahwa MicroSD Class10 memiliki kecepatan baca rata-rata hingga 80 Mbps. Bahkan ada beberapa merk MicroSD Class10 yang mencapai kecepatan 100 Mbps. Kami pribadi menyarankan untuk membeli MicroSD Class10 buatan Samsung atau SanDisk yang  sudah terbukti kualitasnya.

3. Matikan Aplikasi Latar Belakang

Tahukah kamu jadi jika kehabisan RAM, ponsel Samsung akan menjadi lemot. Untuk mengatasi masalah ini, Kamu bisa mencoba menonaktifkan (disable) atau menghapus aplikasi yang dirasa tidak penting. Dengan cara ini jumlah RAM tidak akan berkurang terlalu banyak sehingga performa HP Samsung tetap kencang.

Untuk menjaga kinerja ponsel Samsung Kamu tetap tinggi dan menghindari perlambatan, kami menyarankan Cara Mempercepat HP Samsung yaitu  selalu memperbarui perangkat lunak. Karena pembaruan perangkat lunak akan memperbaiki bug atau masalah lain yang memperlambat ponsel Samsung. Samsung sendiri juga memberikan update software secara berkala, jadi jika ada notifikasi update baru jangan ragu untuk melakukan update.

4. Mengosongkan Cache

Cara Mempercepat HP Samsung  pasti ada penyebabnya salah satunya adalah karena cache aplikasi yang terlalu banyak. Cache ini dapat dibersihkan menggunakan aplikasi pembersih cache seperti CCleaner atau aplikasi lain yang dapat diunduh  gratis dari Play Store. Kamu juga dapat menghapus cache  secara manual untuk masing-masing aplikasi dengan  masuk ke menu Pengaturan dan memilih Aplikasi.

Setelah masuk ke menu Aplikasi, langsung saja cari aplikasi yang ingin dihapus cache-nya. Kemudian pilih menu Penyimpanan, lalu pilih Hapus memori dan hapus data. Cara mengatasi hp samsung lemot ini cukup efektif, sehingga anda harus berusaha agar performa hp samsung kembali normal.

5. Pembaruan Perangkat Lunak

Cara Mempercepat HP Samsung yang selanjutnya yaitu menjaga kinerja ponsel Samsung Kamu tetap tinggi dan menghindari perlambatan, kami menyarankan Kamu untuk selalu memperbarui perangkat lunak. Karena pembaruan perangkat lunak akan memperbaiki bug atau masalah lain yang memperlambat ponsel Samsung. Samsung sendiri juga memberikan update software secara berkala, jadi jika ada notifikasi update baru jangan ragu untuk melakukan update.

6. Kembali Ke Pengaturan Pabrik

Jika semua cara mengatasi hp Samsung lambat di atas masih belum berhasil, Kamu bisa mencoba cara terakhir yang dijamin 100% berhasil yaitu factory reset. Dengan cara ini kita bisa mengembalikan settingan smartphone ke  default awal sehingga kinerja smartphone kembali seperti baru.

Nah itulah beberapa Cara Mempercepat HP Samsung.  Sebenarnya masih ada beberapa cara lain, namun menurut kami cara diatas adalah yang paling ampuh untuk mengatasi hp Samsung lemot. Sekian informasi ini saya sampaikan.

You May Also Like

About the Author: Bluepoin

Situs Teknologi dan Informasi Masakini