17 Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Xiaomi

cara memindahkan aplikasi ke kartu sd xiaomi

Ruang penyimpanan internal adalah tempat dimana sistem operasi, aplikasi, dan data-data penting disimpan. Jika ruang penyimpanan internal penuh, maka kinerja smartphone akan menurun dan tidak bisa menginstal aplikasi baru. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memindahkan aplikasi ke kartu SD. Lalu, bagaimana cara memindahkan aplikasi ke kartu sd xiaomi?

Kartu SD adalah media penyimpanan eksternal yang bisa dipasang pada slot khusus di smartphone. Dengan memindahkan aplikasi ke kartu SD, kita bisa menghemat ruang penyimpanan internal dan meningkatkan kinerja smartphone. Namun, tidak semua aplikasi bisa dipindahkan ke kartu SD. Ada beberapa aplikasi yang harus tetap berada di ruang penyimpanan internal karena berhubungan dengan sistem operasi atau fitur-fitur penting lainnya.

Apakah ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi? Apakah ada risiko-risiko yang harus diwaspadai? Pada artikel ini, kita akan membahas secara lengkap dan mudah cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi tanpa root. Simak baik-baik ya!

Syarat-syarat Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Xiaomi

Sebelum kita mulai memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi, ada beberapa syarat-syarat yang harus kita penuhi terlebih dahulu, yaitu:

  • Memiliki kartu SD yang berkualitas baik dan memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup. Sebaiknya gunakan kartu SD kelas 10 atau lebih tinggi agar memiliki kecepatan baca dan tulis yang tinggi.
  • Membuat cadangan data-data penting yang tersimpan di kartu SD. Hal ini karena kita akan melakukan format pada kartu SD agar bisa digunakan untuk menyimpan aplikasi.
  • Mengaktifkan mode pengembang pada smartphone Xiaomi. Mode pengembang adalah fitur khusus yang memberikan akses lebih banyak kepada pengguna untuk mengatur berbagai hal terkait sistem operasi.
  • Menghubungkan smartphone Xiaomi ke komputer atau laptop dengan menggunakan kabel USB. Pastikan juga bahwa driver USB Xiaomi sudah terinstal dengan benar pada komputer atau laptop.
  • Mendownload dan menjalankan script khusus untuk memformat kartu SD agar bisa digunakan untuk menyimpan aplikasi.

17 Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Xiaomi

Setelah kita memenuhi syarat-syarat di atas, kita bisa mulai cara memindahkan aplikasi ke kartu sd xiaomi dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Cara memindahkan aplikasi ke kartu sd xiaomi pertama, Masukkan kartu SD ke slot yang tersedia di smartphone Xiaomi.
  2. Buka aplikasi Pengaturan pada smartphone Xiaomi dan pilih Tentang ponsel.
  3. Tekan Nomor versi MIUI sebanyak tujuh kali hingga muncul pesan bahwa Kamu telah menjadi pengembang.
  4. Kembali ke menu Pengaturan dan pilih Opsi tambahan.
  5. Pilih Opsi pengembang dan aktifkan USB debugging.
  6. Hubungkan smartphone Xiaomi ke komputer atau laptop dengan menggunakan kabel USB.
  7. Buka folder tempat Kamu menyimpan script untuk memformat kartu SD dan jalankan file aftiss.exe (untuk Windows) atau aftiss.sh (untuk Linux).
  8. Ikuti instruksi-instruksi yang muncul pada layar komputer atau laptop hingga proses format selesai.
  9. Lepaskan kabel USB dari smartphone Xiaomi dan restart perangkat.
  10. Buka aplikasi Pengaturan pada smartphone Xiaomi dan pilih Penyimpanan.
  11. Pilih kartu SD dan pilih Format sebagai internal.
  12. Tunggu hingga proses format selesai dan pilih Selesai.
  13. Buka aplikasi Pengaturan pada smartphone Xiaomi dan pilih Aplikasi.
  14. Pilih aplikasi yang ingin dipindahkan ke kartu SD dan pilih Info aplikasi.
  15. Pilih Penyimpanan dan pilih Ubah.
  16. Pilih kartu SD dan pilih Pindah.
  17. Tunggu hingga proses pemindahan selesai dan ulangi langkah 14-16 untuk aplikasi lain yang ingin dipindahkan.

Risiko-risiko Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Xiaomi

Cara memindahkan aplikasi ke kartu sd xiaomi memang bisa membantu kita menghemat ruang penyimpanan internal dan meningkatkan kinerja smartphone. Namun, ada juga beberapa risiko-risiko yang harus kita waspadai, yaitu:

  • Kartu SD bisa rusak atau hilang sewaktu-waktu, sehingga data-data dan aplikasi yang tersimpan di dalamnya bisa hilang juga. Oleh karena itu, sebaiknya kita selalu membuat cadangan data-data penting secara berkala.
  • Aplikasi yang dipindahkan ke kartu SD bisa berjalan lebih lambat atau tidak stabil dibandingkan dengan aplikasi yang berada di ruang penyimpanan internal. Hal ini tergantung pada kualitas dan kecepatan kartu SD yang digunakan.
  • Aplikasi yang dipindahkan ke kartu SD tidak bisa diakses jika kartu SD dilepas dari smartphone Xiaomi. Oleh karena itu, sebaiknya kita tidak sering melepas atau mengganti kartu SD pada smartphone Xiaomi.

Baca Juga: Kumpulan Soal Pendidikan Sekolah Dasar: Tes Kognitif yang Mengasah Bakat

Kesimpulan

Demikianlah cara memindahkan aplikasi ke kartu SD Xiaomi tanpa root yang bisa kita lakukan dengan mudah dan cepat. Dengan cara ini, kita bisa mengoptimalkan penggunaan ruang penyimpanan internal pada smartphone Xiaomi dan meningkatkan kinerja perangkat. Namun, kita juga harus berhati-hati dengan risiko-risiko yang mungkin timbul akibat memindahkan aplikasi ke kartu SD. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Kamu. Terima kasih.

You May Also Like

About the Author: Bluepoin

Situs Teknologi dan Informasi Masakini