Cara Membuat Pola Baju Sendiri di Rumah

Hello Sobat Bluepoin, apakah kamu pernah merasa kesulitan mencari baju yang pas di badan? Ataukah kamu ingin mencoba membuat baju sendiri namun tidak tahu bagaimana cara membuat pola baju yang benar? Artikel ini akan memberikan panduan lengkap untuk membuat pola baju sendiri di rumah. Yuk simak!

Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai membuat pola baju, Sobat perlu menyiapkan alat dan bahan terlebih dahulu. Beberapa alat yang diperlukan antara lain kertas buram atau kertas kalkir, pensil, penghapus, penggaris, meteran, gunting kain, dan pita pengukur. Sedangkan bahan yang diperlukan tergantung pada jenis baju yang akan dibuat. Pastikan Sobat telah menyiapkan bahan dengan benar dan sesuai dengan kebutuhan.

Langkah-langkah Membuat Pola Baju

1. Mengukur Badan

Langkah pertama dalam membuat pola baju adalah mengukur badan dengan menggunakan pita pengukur. Ukur lingkar dada, lingkar pinggang, dan lingkar pinggul. Catat hasil pengukuran tersebut di kertas. Jangan lupa juga untuk mengukur panjang bahu, panjang lengan, dan panjang baju yang diinginkan.

2. Membuat Garis Dasar Pola

Setelah mendapatkan ukuran badan, buatlah garis dasar pola dengan ukuran panjang baju yang diinginkan pada kertas buram atau kalkir. Kemudian, bagi garis tersebut menjadi dua bagian dan tandai sebagai garis tengah depan dan belakang. Buat juga garis sisi dengan mengukur setengah lingkar dada, lingkar pinggang, dan lingkar pinggul pada garis tengah depan dan belakang.

3. Menambahkan Lebar Bahu dan Kerah

Untuk menambahkan lebar bahu, ukur separuh lingkar bahu dan gambar garis pada kertas buram atau kalkir. Selanjutnya, buat pola kerah dengan mengukur lingkar leher, lalu gambar pada pola baju. Jangan lupa untuk memberi tanda pada pola agar mudah dibedakan antara bagian depan dan belakang.

4. Menambahkan Garis Pinggang

Langkah selanjutnya adalah menambahkan garis pinggang pada pola baju. Ukur jarak dari garis bawah kerah ke pinggang dan gambar garis tersebut pada pola baju. Pastikan garis pinggang tepat berada pada pusat lingkar pinggang.

5. Menambahkan Garis Pinggul dan Lengan

Untuk menambahkan garis pinggul, ukur jarak dari garis pinggang ke bagian bawah baju dan gambar garis tersebut pada pola baju. Setelah itu, tambahkan pola lengan dengan mengukurnya

6. Menambahkan Detail Lainnya

Selain garis dasar pola, ada beberapa detail lain yang perlu ditambahkan pada pola baju, seperti lipatan, kancing, atau ritsleting. Pastikan Sobat mengukur dan menandai dengan benar pada pola baju agar hasil jahitan nantinya sesuai dengan yang diinginkan.

7. Membuat Pola untuk Bagian Lain

Setelah membuat pola bagian depan, Sobat juga perlu membuat pola bagian belakang. Untuk membuat pola bagian belakang, ikuti langkah-langkah yang sama seperti membuat pola bagian depan. Namun, ada beberapa bagian yang berbeda, seperti pola kerah yang lebih rendah dan pola pinggang yang lebih kecil.

8. Memotong Kain

Setelah memiliki pola baju yang lengkap, Sobat bisa mulai memotong kain sesuai dengan pola yang telah dibuat. Pastikan Sobat memotong dengan hati-hati agar hasil jahitan nantinya rapi dan sesuai dengan yang diinginkan.

9. Menjahit Baju

Setelah memotong kain, Sobat bisa mulai menjahit baju sesuai dengan pola yang telah dibuat. Pastikan Sobat mengikuti pola dengan teliti dan menggunakan jarum dan benang yang tepat agar hasil jahitan nantinya maksimal.

Tips Membuat Pola Baju

Selain langkah-langkah di atas, ada beberapa tips yang bisa Sobat gunakan untuk membuat pola baju yang lebih baik, antara lain:

1. Gunakan Kain Bekas

Jika Sobat masih pemula dalam membuat baju, sebaiknya menggunakan kain bekas sebagai bahan. Selain lebih hemat, kain bekas juga bisa menjadi bahan latihan yang baik sebelum membuat baju dengan kain yang lebih mahal.

2. Gunakan Buku atau Panduan

Jika masih bingung tentang cara membuat pola baju, Sobat bisa mencari buku atau panduan online yang membahas tentang hal tersebut. Terdapat banyak panduan yang lengkap dan mudah dipahami untuk membuat pola baju sendiri.

3. Gunakan Ukuran yang Tepat

Pastikan Sobat mengukur badan dengan tepat dan menggunakan ukuran yang sesuai agar pola baju yang dihasilkan pas dan nyaman dipakai.

4. Praktek Secara Rutin

Seperti halnya dalam belajar, praktek secara rutin juga penting dalam membuat pola baju. Semakin sering Sobat mencoba membuat pola baju sendiri, maka semakin mahir dan terampil dalam membuatnya.

Kesimpulan

Membuat pola baju sendiri di rumah memang memerlukan sedikit usaha dan waktu, namun hasilnya pasti akan memuaskan. Dengan panduan lengkap di atas, Sobat bisa mulai mencoba membuat pola baju sendiri dengan mudah. Jangan lupa untukberlatih secara rutin dan kreatif dalam menambahkan detail pada pola baju agar hasilnya semakin menarik. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

 

You May Also Like

About the Author: Bluepoin

Situs Teknologi dan Informasi Masakini