Cara Membuat Daftar Pustaka Menggunakan Aplikasi Zotero

Cara Membuat Daftar Pustaka Menggunakan Aplikasi Zotero

Bluepoin.com – Kalian para mahasiswa terutama mahasiswa semester akhir pasti sudah tidak asing dengan istilah Mendeley dan Zotero. Aplikasi yang digunakan untuk mengelola sitasi ini, akan sering kali kalian gunakan saat menyusun laporan, proposal bahkan skripsi. Pada kali ini minbu akan bantu kalian untuk membuat daftar pustaka menggunakan aplikasi dari Zotero.

 

Memasukan data ke zotero

Sebelum membuat daftar pustaka terlebih dahulu buka aplikasi Zotero yang ada pada PC/Laptop kalian dan buka aplikasi word. Setelah itu masukan data ke aplikasi, ada beberapa cara yang dapat kalian gunakan untuk mamasukan data ke Zotero seperti:

1. Cara Manual

Cara manual dapat dilakukan cukup dengan klik simbol ples (new item), lokasinya berada di atas central panel. Disitu akan muncul banyak pilihan, pilih sumber referensi yang pas. Jika sumber referensi dari buku, maka pilih buku. Setelah di klik, akan masuk ke dalam form. form inilah yang diisikan data buku yang Anda baca.

Cara Membuat Daftar Pustaka Menggunakan Aplikasi Zotero

 

2. Menambahkan Langsung dari Internet

Misal referensi yang digunakan diambil dari internet, menggunakan broser firefox. Maka cukup mencarikan kata kunci artikelnya saja. Cara memasukan data sama, yaitu cukup klik new item (simpol ples) dan cukup tinggal memasukan data tersebut secara otomatis.

 

BACA JUGA : Mendelay Dan Zotero? Serta Perbedaan Dan Persamaannya

 

3. Menambahkan Data Dari PDF

Jika sumber referensi diambil dari data PDF, caranya juga mudah. Cukup dengan masuk ke windows explorer dan masuk ke aplikasi zotero, setelah itu cari lokasi data PDF disimpan. Kemudian file PDF di PC/Laptop di drag and drop ke panel aplikasi zotero. maka data akan otomatis terproses dan data sudah tersimpan.

 

Membuat Daftar Pustaka pada MS Word

Setelah data tersimpan pada aplikasi, maka buka aplikasi word kalian. Setelah itu kalian bisa buka bagian Zotero lalu pencet bagian add citation, pada bagian kalimat yang ingin kalian berikan catatan kaki, lalu ketik nama orang yang ingin kalian tambahkan di catatan kaki. 

sCara Membuat Daftar Pustaka Menggunakan Aplikasi Zotero

Setelah diberikan catatan kaki. Maka pergi ke laman Daftar Pustaka setelah itu klik add/edit blibliography. Setelah itu daftar pustaka dari catatan kaki yang telah kalian tambahkan akan muncul. setelah itu lakukan penambahan catatan kaki pada bagian yang lainnya, namun kali ini kalian tidak perlu menambahkan daftar pustaka secara manual, karena daftar pustaka akan update secara otomatis setelah catatan kaki ditambahkan . 

 

Bagaimana tutorial membuat daftar pustaka dengan aplikasi Zotero mudah bukan? Karena aplikasi ini efektif membantu editor untuk melakukan pelacakan, apakah naskah/jurnal/kajian/tulisan yang ditulis sudah sesuai sumber, atau sebaliknya. Semoga dengan ulatan zotero ini bermanfaat.

 

 

You May Also Like

About the Author: bluepoin.com

Bluepoin.com merupakan portal web berita dan artikel daring di Indonesia.