Cara Memblokir Aplikasi di Hp Langsung dari Play Store

Cara Memblokir Aplikasi di Hp Langsung dari Play Store

Bluepoin.com – Apakah kamu ingin melindungi anak dari pemakaian hp yang berbahaya? Pernahkah kamu melihat sebuah aplikasi di Play Store yang  tidak pantas diunduh? Lalu, bagaimana cara memblokir aplikasi di hp?

Bagi para pengguna perangkat Android, baik hp maupun tablet, tentu sudah tidak asing dengan yang namanya Play Store.  Sistem gudangnya aplikasi yang bisa diunduh secara sah ini, memang tempat para pengguna Android untuk bisa mendownload beragam aplikasi, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini juga merupakan aplikasi bawaan Google yang di dalamnya berisikan bermacam macam aplikasi-aplikasi lain, yang dapat kita instal di perangkat itu. Atau dengan kata lain Google Playstore merupakan market untuk mengunduh aplikasi lain, yang ingin kita gunakan di perangkat itu seperti Facebook, Instagram atau lebih-lebih aplikasi-aplikasi lainnya. Dan seperti kita ketahui, dalam Playstore sendiri ada begitu banyak macam aplikasi lain yang dapat kita unduhan.

Akan tetapi, tidak semua aplikasi yang ada pada android dapat di lihat oleh anak di bawah umur. Namun jika pemilik berumur dewasa, maka Play Store tak segan menampilkan konten yang bisa dilihat untuk orang-orang yang sudah cukup umur.

Cara Memblokir Aplikasi di Hp Langsung dari Play Store

Lalu, bagaimana dengan mereka para orang tua yang ingin melindungi anaknya dari hp? Sebagai langkah awal, kamu bisa memahami cara memblokir aplikasi di hp.Dengan ini, maka konten-konten yang kiranya merupakan hal dewasa, akan tersembunyi dari tampilan hp.

Dan memang tidak bisa dipungkiri, pasti saja ada beberapa aplikasi yang kemungkinan tidak pantas dan tidak seharusnya ada di market playstore. Sehingga kamu berfikiran untuk langsung memblokir aplikasi itu, agar kamu tidak melihatnya kembali. Apakah bisa memblokir aplikasi di playstorenya?

Pasti saja bisa, karena memang ada fitur khusus yang digunakan untuk memblokir beberapa aplikasi itu.. Fitur khusus tersebut bernama parental controls. Dengan fitur ini, membuat kita bisa dengan mudah membatasi atau memblokir aplikasi tertentu yang memang sekiranya tidak cocok dengan anak-anak. Penasaran dengan caranya? Baca artikel ini sampai selesai.

Cara Memblokir Aplikasi di Playstore Termudah

Bukan hanya satu atau dua apliaksi yang kemungkinan bisa dibilang tidak pantas, untuk di gunakan anak-anak dalam playstore. Maka dari itu, bagi kamu para orang tua sudah seharusnya memahami cara memblokir aplikasi di Playstore, agar anak-anak kamu tidak bisa dengan mudah mengunduh aplikasi-apliksai terlarang itu.

Blokir Aplikasi di Playstore dengan Parental Controls

Seperti yang sudah kita sampaikan diatas, setidaknya dengan kamu memberi supervisi pada pemanfaatan aplikasi bagi anak-anak kamu, pasti saja akan memberikan pengaruh yang cukup positif. Terlebih lagi sekarang ini banyak sekali penyalagunaan aplikasi, yang seharusnya tidak boleh di gunakan oleh anak-anak.

Maka dari itu, bagi kamu yang ingin memblokir aplikasi di Playstore dengan Parental Control, silahkan kamu ikuti pedoman yang kita berikan dibawah ini.

  1. Pertama silahkan kamu buka Playstore di perangkat android yang kamu miliki.
  2. Pilih garis tiga di sisi kiri atas untuk mengakses menu baru.
  3. Pilih menu settings atau pengaturan.
  4. Pada halaman itu, silahkan kamu pilih Parental Controls atau Kontrol Orang Tua.
  5. Kemudian, silahkan kamu geser switch on yang ada pada sisi kanan, lalu buatlah suatu PIN keamanan.
  6. Hingga disini, silahkan kamu pilih menu Apps & Games.
  7. Pada halaman ini, jika fungsi Parental Controls Off, maka dapat diartikan bahwa tidak ada batasan usia untuk bisa menonton aplikasi-aplikasi tertentu.
  8. Nah untuk mengubah hal itu, silahkan kamu tekan Rating usia yang kamu inginkan. Natinya aplikasi atau game di Playstore hanya akan menampilkan rating usia yang kamu pilih.
  9. Jika sudah, silahkan kamu tekan menu save atau simpan.
  10. Selesai

Setidaknya dengan melakukan atau mengaktifkan manfaat parental controls diatas, kamu para pengguna android terutama orang tua akan bisa mengontrol secara leluasa pemakaian aplikasi, yang terdapat di dalam Playstore.

Dengan begitu, ketika anak kamu membukanya, maka tidak akan bisa menemkan aplikasi-aplikasi yang barangkali memang belum di peruntukan bagi anak-anak. kini buah hati sudah tidak bisa melihat konten dewasa yang ada di Play Store.

Dengan ini, kamu tidak perlu khawatir bila buah hati bernmain hp. Bila kamu hendak membuka ulang apps itu, cukup masukkan kode PIN yang kamu buat tadi. Bagaimana. Cukup mudah bukan cara memblokir aplikasi di Playstore ini ?

Pastikan kamu yang ingin melakukan cara-cara diatas, untuk mengikutinya disesuaikan dengan tutorial. Dan pastikan kamu memilih rating usia sesuai dengan yang kamu inginkan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

You May Also Like

About the Author: Bluepoin

Situs Teknologi dan Informasi Masakini