5 Cara Melihat Barcode Wifi di HP Oppo: Tutorial Lengkap

cara melihat barcode wifi di HP Oppo

Bluepoin.com– Barcode wifi adalah salah satu fitur yang memudahkan pengguna HP Oppo untuk berbagi koneksi wifi dengan perangkat lain tanpa harus mengetikkan password secara manual. Dengan barcode wifi, pengguna hanya perlu melakukan scan kode QR yang muncul di layar HP Oppo dan perangkat lain akan otomatis terhubung dengan jaringan wifi tersebut. Lalu, bagaimana cara melihat barcode wifi di HP Oppo?

Apakah ada cara melihat barcode wifi di HP Oppo tanpa aplikasi? Apa saja kelebihan dan kekurangan dari fitur barcode wifi ini? Artikel ini akan menjawab semua pertanyaan tersebut dan memberikan tutorial lengkap cara melihat barcode wifi di HP Oppo. Simak ulasannya di bawah ini!

Kelebihan dan Kekurangan Barcode Wifi di HP Oppo

Sebelum kita membahas cara melihat barcode wifi di HP Oppo, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari fitur barcode wifi ini. Berikut adalah penjelasannya:

Kelebihan Barcode Wifi di HP Oppo

– Mudah digunakan. Barcode wifi di HP Oppo sangat mudah digunakan. Pengguna tidak perlu lagi mencari jaringan wifi secara manual, cukup dengan scan barcode-nya dan HP Oppo akan otomatis terhubung dengan jaringan wifi tersebut.

– Waktu penggunaan lebih efisien. Dengan menggunakan fitur barcode wifi di HP Oppo, pengguna dapat menghemat waktu dalam menghubungkan HP ke jaringan wifi. Pengguna hanya perlu melakukan scan barcode wifi dan HP Oppo akan tersambung dengan jaringan wifi tersebut.

– Meminimalisir kesalahan input password jaringan wifi. Dalam menghubungkan HP ke jaringan wifi, kesalahan input password sering terjadi dan bisa menyebalkan. Namun, dengan fitur barcode wifi di HP Oppo, pengguna tidak perlu lagi menginput password secara manual, sehingga terhindar dari kesalahan input password.

Kekurangan Barcode Wifi di HP Oppo

– Hanya bisa digunakan pada jaringan wifi tertentu. Barcode wifi di HP Oppo hanya bisa digunakan untuk jaringan wifi tertentu yang menyediakan kode barcode-nya. Jika jaringan wifi tidak menyediakan barcode wifi, pengguna tidak bisa menggunakan fitur ini.

– Membutuhkan aplikasi pihak ketiga. Untuk bisa menggunakan fitur barcode wifi di HP Oppo, pengguna perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga seperti Barcode Scanner atau QR Code Reader. Hal ini bisa menambah beban memory HP Oppo.

– Barcode wifi bisa menjadi celah keamanan bagi pengguna. Jika barcode wifi dibuat oleh orang yang tidak bertanggung jawab atau sengaja dimodifikasi, barcode wifi bisa jadi celah keamanan bagi pengguna. Ada kemungkinan barcode wifi tersebut mengarahkan pengguna ke situs yang berbahaya atau mencuri data pengguna.

Cara Melihat Barcode Wifi di HP Oppo: Tutorial Lengkap

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari fitur barcode wifi di HP Oppo, Saatnya kita masuk ke pembahasan utama, yaitu tentang cara melihat barcode wifi di HP Oppo. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Cara Melihat Barcode Wifi di HP Oppo Tanpa Aplikasi

Cara melihat barcode wifi di HP Oppo tanpa aplikasi hanya bisa dilakukan pada HP Oppo yang sudah menggunakan sistem operasi Android 11 atau ColorOS 11 ke atas. Jika HP Oppo Kamu masih menggunakan sistem operasi Android 10 atau ColorOS 10 ke bawah, Kamu harus menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melihat barcode wifi.

Adapun cara melihat barcode wifi di HP Oppo tanpa aplikasi, yakni:

  1. Pastikan HP Oppo Kamu terhubung dengan jaringan wifi yang ingin Kamu dapatkan barcode-nya.
  2. Buka menu notifikasi (pop up menu), kemudian pada menu tersebut klik wifi.
  3. Pada opsi tersebut ada menu berbagi koneksi, klik menu tersebut.
  4. Maka dengan otomatis akan muncul kode QR yang merupakan barcode wifi dari jaringan wifi yang Kamu gunakan.
  5. Kamu bisa membagikan kode QR tersebut ke perangkat lain yang ingin terhubung dengan jaringan wifi yang sama dengan cara scan kode QR tersebut menggunakan kamera perangkat lain.

Kesimpulan

Barcode wifi adalah fitur yang memudahkan pengguna HP Oppo untuk berbagi koneksi wifi dengan perangkat lain tanpa harus mengetikkan password secara manual. Barcode wifi memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diketahui oleh pengguna.

Cara melihat barcode wifi di HP Oppo bisa dilakukan dengan atau tanpa aplikasi, tergantung dari sistem operasi yang digunakan oleh HP Oppo. Jika HP Oppo sudah menggunakan sistem operasi Android 11 atau ColorOS 11 ke atas, pengguna bisa melihat barcode wifi tanpa aplikasi. Jika HP Oppo masih menggunakan sistem operasi Android 10 atau ColorOS 10 ke bawah, pengguna harus menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melihat barcode wifi.

Demikian artikel yang saya buat tentang cara melihat barcode wifi di HP Oppo. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Kamu. Jika Kamu memiliki kritik atau saran, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini.

You May Also Like

About the Author: Bluepoin

Situs Teknologi dan Informasi Masakini