3 Cara Melacak HP Lewat IMEI Oppo dengan Cepat

cara melacak HP lewat IMEI Oppo

Bluepoin.com – Apakah Kamu pernah mengalami kehilangan HP Oppo Kamu? Jika iya, Kamu pasti merasa panik dan khawatir. Apalagi jika HP Kamu menyimpan data-data penting yang tidak ingin diketahui orang lain. Namun, jangan khawatir, karena ada cara melacak HP lewat IMEI Oppo.

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity, yaitu sebuah nomor identitas internasional yang ada pada setiap perangkat elektronik, termasuk HP. Nomor IMEI ini bersifat unik dan berbeda-beda untuk setiap HP. Dengan mengetahui nomor IMEI HP Kamu, Kamu bisa melacak keberadaan HP Kamu yang hilang dengan bantuan pihak kepolisian atau operator seluler.

Cara Mengetahui Nomor IMEI HP Oppo

Sebelum Kamu bisa melacak HP lewat IMEI Oppo, tentu saja Kamu harus mengetahui nomor IMEI HP Kamu terlebih dahulu. Ada beberapa cara untuk mengetahui nomor IMEI HP Oppo, yaitu:

  1. Cek di dusbook atau kotak HP. Biasanya nomor IMEI tertera di bagian belakang dusbook atau kotak HP.
  2. Cek di menu pengaturan. Buka menu pengaturan pada HP Kamu, lalu pilih “About Phone” atau “Tentang Ponsel”. Di sana Kamu akan melihat nomor IMEI HP Kamu.
  3. Cek dengan kode panggilan. Buka menu panggilan pada HP Kamu, lalu ketik *#06#. Secara otomatis nomor IMEI akan tampil di layar.

Setelah Kamu mengetahui nomor IMEI HP Kamu, sebaiknya Kamu mencatatnya di tempat yang aman dan mudah diingat. Jika suatu saat HP Kamu hilang, Kamu bisa menggunakan nomor IMEI tersebut untuk melacaknya.

Cara Melacak HP Lewat IMEI Oppo dengan Cepat

1. Cara Melacak HP Lewat IMEI Oppo dengan Bantuan Pihak Kepolisian

Cara pertama untuk melacak HP lewat IMEI Oppo adalah dengan bantuan pihak kepolisian. Jika HP Kamu hilang karena dicuri atau dirampas oleh orang lain, segera laporkan kejadian tersebut ke kantor polisi terdekat. Bawa bukti kepemilikan HP Kamu, seperti faktur pembelian, kartu garansi, atau dusbook. Jangan lupa juga untuk membawa nomor IMEI HP Kamu.

Di kantor polisi, mintalah bantuan petugas untuk melacak keberadaan HP Kamu dengan menggunakan nomor IMEI tersebut. Biasanya petugas akan bekerja sama dengan operator seluler untuk mengetahui lokasi terakhir dari sinyal kartu SIM yang terpasang di HP Kamu. Namun, cara ini hanya bisa berhasil jika kartu SIM masih terpasang di HP Kamu dan masih aktif.

2. Cara Melacak HP Lewat IMEI Oppo dengan Bantuan Operator Seluler

Cara kedua untuk melacak HP lewat IMEI Oppo adalah dengan bantuan operator seluler. Jika HP Kamu hilang karena tertinggal atau terjatuh di suatu tempat, Kamu bisa mencoba cara ini. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Hubungi call center operator seluler yang Kamu gunakan. Mintalah bantuan untuk melacak keberadaan HP Kamu dengan menggunakan nomor IMEI tersebut.
  • Berikan informasi lengkap tentang data diri dan data kartu SIM Kamu, seperti nama, alamat, nomor telepon, nomor pelanggan, dan lain-lain.
  • Tunggu beberapa saat sampai operator seluler melakukan pengecekan dan pelacakan.
  • Jika berhasil, operator seluler akan memberitahu lokasi terakhir dari sinyal kartu SIM yang terpasang di HP Kamu.

Namun, cara ini juga memiliki keterbatasan. Jika kartu SIM sudah dicopot oleh orang lain atau sudah tidak aktif lagi, maka operator seluler tidak bisa melacak keberadaan HP Kamu.

3. Cara Melacak HP Lewat IMEI Oppo dengan Bantuan Aplikasi Find My Phone

Cara ketiga untuk melacak HP lewat IMEI Oppo adalah dengan bantuan aplikasi Find My Phone. Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi dari Google yang bisa digunakan untuk melacak keberadaan HP Android yang hilang. Namun, syaratnya adalah HP Kamu harus sudah terhubung dengan akun Google Kamu dan memiliki fitur GPS yang aktif. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka situs Find My Phone Google di perangkat lain, seperti PC atau laptop. Pastikan sudah terhubung dengan akses internet.
  • Masukkan nomor IMEI HP Kamu, atau login dengan akun Google yang terhubung dengan HP Kamu.
  • Tunggu beberapa menit dan klik tanda seru. Jika berhasil, Kamu akan melihat lokasi terkini dari HP Kamu di peta.
  • Selain itu, Kamu juga bisa melakukan beberapa aksi lain, seperti mengunci HP, menghapus data, atau memutar suara.

Tips Mencegah dan Mengatasi Kehilangan HP

Selain mengetahui cara melacak HP lewat IMEI Oppo, ada juga beberapa tips yang bisa Kamu lakukan untuk mencegah dan mengatasi kehilangan HP, yaitu:

  • Selalu simpan HP Kamu di tempat yang aman dan tidak mudah terlihat oleh orang lain.
  • Jangan pernah meninggalkan HP Kamu tanpa pengawasan di tempat umum, seperti meja restoran, toilet, atau tempat ibadah.
  • Gunakan fitur keamanan pada HP Kamu, seperti kunci pola, PIN, password, atau sidik jari.
  • Segera laporkan kehilangan HP Kamu ke pihak berwenang dan operator seluler jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Demikianlah artikel tentang cara melacak HP lewat IMEI Oppo. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Kamu dalam menemukan kembali HP Kamu yang hilang. Jika Kamu memiliki kritik atau saran, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai selesai.

You May Also Like

About the Author: Bluepoin

Situs Teknologi dan Informasi Masakini