3 Cara Klaim Garansi Samsung yang Tepat dan Mudah untuk Dilakukan

cara klaim garansi samsung

Bluepoin Samsung merupakan salah satu merek elektronik terkenal di dunia yang menawarkan berbagai produk berkualitas, seperti smartphone, tablet, TV, kulkas, mesin cuci, dan lain-lain. Namun, meski berkualitas, tidak menutup kemungkinan bahwa produk Samsung yang Kamu beli mengalami kerusakan atau masalah. Jika hal itu terjadi, kamu bisa coba cara klaim garansi samsung untuk mendapatkan perbaikan gratis atau penggantian produk.

Namun, sebelum Kamu mengklaim garansi Samsung, ada beberapa hal yang perlu Kamu ketahui dan persiapkan. Berikut ini adalah cara klaim garansi samsung yang tepat dan mudah untuk dilakukan:

Cara Klaim Garansi Samsung yang Tepat dan Mudah untuk Dilakukan

1.      Cek Garansi Samsung

Langkah pertama yang harus Kamu lakukan adalah mengecek garansi Samsung dari produk yang dimiliki. Kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara klaim garansi samsung, seperti:

  • Membaca kartu garansi yang disertakan dalam kemasan produk. Kartu garansi biasanya berisi informasi tentang nomor seri, model, IMEI, tanggal pembelian, dan masa berlaku garansi.
  • Menghubungi Contact Center Samsung di nomor 0800-112-8888 atau 021-5699-7777. Kamu bisa menanyakan status garansi produk Kamu dengan menyebutkan nomor seri, model, atau IMEI.
  • Mengunjungi website pihak ketiga yang menyediakan layanan cek garansi Samsung online. Kamu hanya perlu memasukkan nomor IMEI ponsel Samsung yang akan dicek.

Setelah Kamu mengecek garansi Samsung, pastikan bahwa produk Kamu masih dalam masa berlaku garansi dan tidak melanggar ketentuan garansi yang berlaku. Beberapa hal yang bisa menyebabkan garansi Samsung tidak berlaku adalah:

  • Kartu garansi tidak sesuai dengan informasi produk.
  • Nomor seri, model, atau IMEI di produk dihapus atau diubah.
  • Kerusakan produk bukan disebabkan oleh kesalahan pabrik.
  • Hologram atau segel pada badan produk rusak, suku cadang diganti dengan yang palsu, atau pernah dibuka atau diperbaiki oleh teknisi non-Samsung.
  • Perangkat lunak atau perangkat keras sudah dimodifikasi oleh konsumen.
  • Masa berlaku garansi sudah habis.

2.      Bawa Produk ke Service Center Samsung

Langkah kedua yang harus Kamu lakukan adalah membawa produk yang bermasalah atau rusak ke Service Center Samsung terdekat di kota Kamu untuk cara klaim garansi samsung ini. Kamu bisa mencari lokasi Service Center Samsung di website resmi Samsung, atau melalui aplikasi Samsung Members.

Saat Kamu datang ke Service Center Samsung, sampaikan kepada petugas apa permasalahan yang terjadi pada produk Kamu. Jangan lupa untuk membawa bukti pembelian dan kartu garansi dalam proses klaim garansi. Jika Kamu kehilangan bukti pembelian atau kartu garansi, Kamu bisa menggunakan nomor IMEI atau serial number sebagai pengganti.

Petugas akan melakukan pengecekan dan diagnosa terhadap produk Kamu. Jika produk Kamu memenuhi syarat untuk mendapatkan garansi, petugas akan melakukan perbaikan gratis atau penggantian produk sesuai dengan kondisi dan ketersediaan stok. Lama proses perbaikan produk tergantung pada tingkat kerusakan dan antrian di Service Center.

 3. Nikmati Produk Samsung yang Baru atau Sudah Diperbaiki

Langkah ketiga yang harus Kamu lakukan untuk cara klaim garansi samsung adalah menikmati produk Samsung yang baru atau sudah diperbaiki. Setelah proses perbaikan selesai, petugas akan menghubungi Kamu untuk mengambil produk Kamu di Service Center. Pastikan bahwa produk Kamu sudah berfungsi dengan baik dan tidak ada masalah lagi.

Jika ada masalah lain yang muncul setelah proses perbaikan atau penggantian, Kamu bisa menghubungi Contact Center Samsung atau kembali ke Service Center untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Jika produk Kamu diganti dengan yang baru, Kamu akan mendapatkan kartu garansi baru dengan masa berlaku yang baru pula.

Manfaat Mengklaim Garansi Samsung!

Klaim garansi Samsung adalah hak yang Kamu dapatkan sebagai konsumen yang membeli produk Samsung yang berkualitas. Dengan cara klaim garansi samsung diatas, Kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat, antara lain:

–          Menghemat biaya perbaikan atau penggantian produk.

Jika produk Kamu mengalami kerusakan atau masalah yang disebabkan oleh kesalahan pabrik, Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk memperbaikinya atau menggantinya dengan yang baru. Kamu hanya perlu membayar biaya layanan perbaikan atau pergantian produk jika produk Kamu mengalami kerusakan tidak disengaja.

–          Mendapatkan suku cadang asli dan perbaikan profesional.

Dengan mengklaim garansi Samsung, Kamu akan mendapatkan perbaikan atau penggantian produk yang menggunakan suku cadang asli dari Samsung dan dilakukan oleh teknisi profesional yang bersertifikat. Hal ini akan menjamin kualitas dan kinerja produk Kamu tetap terjaga.

–          Mendapatkan layanan antar jemput gratis.

Memanfaatkan layanan antar jemput gratis yang disediakan oleh Samsung Care+. Kamu hanya perlu mengajukan perbaikan melalui portal id.careplus.co dan petugas akan menjemput dan mengantarkan kembali produk Kamu ke rumah Kamu.

–          Mendapatkan garansi tambahan.

Membeli Samsung Care+ yang memberikan layanan perbaikan kerusakan tidak disengaja hingga 2 tahun. Selain itu, jika produk Kamu diganti dengan yang baru, Kamu akan mendapatkan kartu garansi baru dengan masa berlaku yang baru pula.

Demikian artikel kami ini tentang cara klaim garansi samsung yang tepat dan mudah untuk dilakukan. Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Kamu bisa mendapatkan hak Kamu sebagai konsumen untuk mendapatkan produk Samsung yang berkualitas dan bebas dari kerusakan atau masalah. Terima kasih dan selamat mencoba!

You May Also Like

About the Author: Bluepoin

Situs Teknologi dan Informasi Masakini