2 Cara Hapus Aplikasi Bawaan Xiaomi dengan Mudah dan Aman

cara hapus aplikasi bawaan Xiaomi

Bluepoin.com Aplikasi bawaan adalah aplikasi yang sudah terinstal secara default oleh produsen pada ponsel. Biasanya, aplikasi bawaan ini berfungsi untuk memberikan fitur tambahan, layanan, atau iklan kepada pengguna. Namun, tidak semua aplikasi bawaan ini berguna atau di sukai oleh pengguna. Beberapa aplikasi bawaan mungkin jarang di gunakan, memakan banyak ruang penyimpanan, atau bahkan mengganggu kinerja ponsel. Lali, bagaimana cara hapus aplikasi bawaan Xiaomi?

Xiaomi adalah salah satu produsen smartphone Android yang populer di Indonesia. Banyak orang yang menyukai produk Xiaomi karena menawarkan spesifikasi yang bagus dengan harga yang terjangkau. Namun, ada satu hal yang mungkin mengganggu sebagian pengguna Xiaomi, yaitu adanya aplikasi bawaan atau bloatware yang terpasang di dalam sistem.

Oleh karena itu, banyak pengguna Xiaomi yang ingin menghapus aplikasi bawaan dari ponsel mereka. Namun, menghapus aplikasi bawaan tidak semudah menghapus aplikasi biasa. Karena aplikasi bawaan ini terintegrasi dengan sistem, kita tidak bisa langsung menghapusnya melalui pengaturan atau Google Play Store. Kita perlu tahu cara hapus aplikasi bawaan Xiaomi.

Cara Hapus Aplikasi Bawaan Xiaomi dengan Mudah dan Aman

1. Cara Hapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Menggunakan Aplikasi Activity Launcher

Activity Launcher adalah sebuah aplikasi yang bisa menampilkan semua aktivitas yang ada di ponsel Android. Aktivitas adalah komponen dari sebuah aplikasi yang menentukan tampilan dan fungsi dari aplikasi tersebut. Dengan Activity Launcher, kita bisa melihat dan menjalankan aktivitas tertentu dari sebuah aplikasi.

Salah satu aktivitas yang bisa kita jalankan dengan Activity Launcher adalah aktivitas untuk menghapus aplikasi bawaan Xiaomi. Aktivitas ini sebenarnya sudah ada di dalam sistem, namun tidak ditampilkan secara langsung kepada pengguna. Dengan Activity Launcher, kita bisa menemukan dan menjalankan aktivitas ini tanpa perlu root.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus aplikasi bawaan Xiaomi menggunakan Activity Launcher:

  • Download dan instal Activity Launcher dari Google Play Store.
  • Buka Activity Launcher dan klik Recent Activities > ubah ke All Activities.
  • Cari dan klik menu Settings.
  • Pilih menu Installed Apps (ada beberapa menu dengan nama sama, pilih salah satu saja).
  • Kemudian pilih aplikasi bawaan Xiaomi yang ingin Kamu hapus.
  • Klik Uninstall atau Disable (tergantung dari jenis aplikasinya).

Catatan: Jika Kamu ingin mengaktifkan kembali aplikasi bawaan Xiaomi yang sudah dihapus atau dinonaktifkan, Kamu bisa mengulangi langkah-langkah di atas dan klik Enable.

2. Menggunakan USB Debugging (Lewat PC)

Cara hapus aplikasi bawaan Xiaomi yang lain adalah dengan menggunakan USB Debugging. USB Debugging adalah sebuah fitur yang memungkinkan kita untuk menghubungkan ponsel Android dengan PC dan menjalankan perintah tertentu melalui PC. Dengan USB Debugging, kita bisa menghapus aplikasi bawaan Xiaomi menggunakan perintah ADB (Android Debug Bridge).

ADB adalah sebuah alat yang bisa di gunakan untuk berkomunikasi dengan ponsel Android melalui PC. Dengan ADB, kita bisa mengirim perintah untuk menginstal, menghapus, atau mengubah aplikasi di ponsel Android. Untuk menggunakan ADB, kita perlu mengunduh dan menginstal driver ADB di PC terlebih dahulu.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus aplikasi bawaan Xiaomi menggunakan USB Debugging dan ADB:

  • Aktifkan Opsi Pengembang di ponsel Xiaomi Kamu. Caranya, buka Settings > About Phone > ketuk beberapa kali pada MIUI Version sampai muncul notifikasi “You are now a developer”.
  • Lalu aktifkan USB Debugging di ponsel Xiaomi Kamu. Caranya, buka Settings > Additional Settings > Developer Options > geser tombol USB Debugging ke kanan.
  • Download dan instal driver ADB di PC Kamu.
  • Kemudian hubungkan ponsel Xiaomi Kamu dengan PC menggunakan kabel USB.
  • Buka folder tempat Kamu menginstal driver ADB di PC (biasanya di C:\adb).
  • Tekan tombol Shift dan klik kanan pada folder tersebut, lalu pilih Open PowerShell window here atau Open command window here.
  • Ketik adb devices dan tekan Enter. Jika muncul nomor seri ponsel Kamu, berarti koneksi berhasil. Jika tidak, coba ulangi langkah sebelumnya atau instal ulang driver ADB.
  • Lalu Ketik adb shell dan tekan Enter. Ini akan membuka shell Android di PC Kamu.
  • Ketik pm list packages -f | grep xiaomi dan tekan Enter. Ini akan menampilkan semua paket aplikasi bawaan Xiaomi yang ada di ponsel Kamu.
  • Cari nama paket aplikasi bawaan Xiaomi yang ingin Kamu hapus. Contohnya, com.xiaomi.midrop untuk aplikasi Mi Drop.
  • Ketik pm uninstall -k –user 0 nama_paket dan tekan Enter. Ini akan menghapus aplikasi bawaan Xiaomi yang Kamu pilih. Contohnya, pm uninstall -k –user 0 com.xiaomi.midrop untuk menghapus aplikasi Mi Drop.

Catatan: Jika Kamu ingin mengembalikan aplikasi bawaan Xiaomi yang sudah di hapus, Kamu bisa menginstal ulang ROM MIUI yang sesuai dengan tipe ponsel Kamu.

Sekian artikel dari saya tentang cara hapus aplikasi bawaan xiaomi. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu. Jika kamu punya kritik atau saran silakan tulis di kolom komentar ya. Terima kasih sudah membaca sampai selesai. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

You May Also Like

About the Author: Bluepoin

Situs Teknologi dan Informasi Masakini