3 Cara Cek Merk HP Vivo dengan Mudah dan Cepat

cara cek merk HP Vivo

Bluepoin.com – Salah satu merek smartphone yang cukup terkenal di Indonesia yaitu Vivo. Produk-produk Vivo memiliki desain yang menarik, spesifikasi yang mumpuni, dan harga yang terjangkau. Namun, tidak semua orang tahu cara cek merk HP Vivo yang mereka gunakan atau yang ingin mereka beli. Padahal, mengetahui merk HP Vivo sangat penting untuk berbagai keperluan, seperti mencari aksesori, melakukan flash ulang, memasang custom ROM, atau mengklaim garansi.

Untuk itu, pada artikel ini kami akan memberikan tutorial cara cek merk HP Vivo dengan mudah dan cepat. Kami akan menjelaskan beberapa metode yang bisa Kamu gunakan untuk mengecek merk HP Vivo, baik melalui kode USSD, pengaturan, aplikasi, maupun situs web resmi Vivo. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Cek Merk HP Vivo Melalui Kode USSD

Salah satu cara cek merk HP Vivo yang paling mudah adalah melalui kode USSD. Kode USSD adalah kode khusus yang bisa Kamu ketikkan pada menu panggilan atau dial up untuk mendapatkan informasi tertentu dari operator atau ponsel Kamu. Salah satu informasi yang bisa Kamu dapatkan dari kode USSD adalah nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity), yaitu nomor seri unik yang dimiliki setiap ponsel.

Nomor IMEI ini bisa Kamu gunakan untuk mengecek merk HP Vivo Kamu melalui situs web resmi Vivo. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Nyalakan HP Vivo Kamu dan buka menu panggilan atau dial up.
  • Ketikkan kode USSD *#06# dan tekan tombol panggil atau dial.
  • Kamu akan melihat nomor IMEI HP Vivo Kamu muncul di layar. Catat atau salin nomor tersebut.
  • Buka situs web resmi Vivo.
  • Masukkan nomor IMEI HP Vivo Kamu pada kolom yang tersedia dan klik tombol kirim.
  • Kamu akan melihat informasi detail tentang merk HP Vivo Kamu, seperti model, warna, tanggal pembelian, status garansi, dan lain-lain.

Cara Cek Merk HP Vivo Melalui Pengaturan

Cara cek merk HP Vivo selanjutnya adalah melalui pengaturan atau settings dari HP Kamu. Di sini, Kamu bisa melihat informasi dasar tentang merk HP Vivo Kamu, seperti model, versi sistem operasi, kapasitas memori, dan lain-lain. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka menu pengaturan atau settings dari HP Vivo Kamu.
  • Pilih opsi lebih lanjut atau more settings jika diperlukan.
  • Ketuk menu tentang ponsel atau about phone.
  • Kamu akan melihat informasi tentang merk HP Vivo Kamu pada bagian model atau model number.
  • Jika informasi tersebut belum cukup lengkap, Kamu bisa masuk ke bagian informasi perangkat lunak atau software information untuk melihat lebih detail.

Cara Cek Merk HP Vivo Melalui Aplikasi

Cara cek merk HP Vivo lainnya adalah melalui aplikasi pihak ketiga yang bisa Kamu unduh dari Google Play Store. Beberapa aplikasi yang bisa Kamu gunakan untuk mengecek merk HP Vivo adalah CPU-Z atau AIDA64. Aplikasi-aplikasi ini bisa memberikan informasi lengkap tentang spesifikasi hardware dan software dari HP Vivo Kamu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Unduh aplikasi CPU-Z atau AIDA64 dari Google Play Store dan pasang di HP Vivo Kamu.
  • Buka aplikasi tersebut setelah terpasang.
  • Lalu masuk ke bagian device pada CPU-Z atau system di AIDA64.
  • Lihat merk HP Vivo Kamu pada bagian model.

Cara Cek Merk HP Vivo Melalui Kotak Kemasan

Cara cek merk HP Vivo terakhir adalah melalui kotak kemasan dari HP Kamu. Jika Kamu masih memiliki kotak kemasan dari HP Vivo Kamu, Kamu bisa melihat informasi tentang merk HP Vivo Kamu di sana. Biasanya, kotak kemasan akan menampilkan beberapa informasi penting tentang produk, seperti model, warna, spesifikasi singkat, dan lain-lain. Selain itu, Kamu juga bisa melihat kartu garansi atau buku pedoman pemakaian yang juga menyebutkan merk HP Vivo Kamu.

Manfaat Cek Merk HP

  1. Kamu bisa mengetahui spesifikasi, fitur, dan kualitas dari HP tersebut. Kamu bisa membandingkan dengan HP lain yang sejenis atau berbeda merk untuk menentukan mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Kamu.
  2. Kamu bisa mengecek keaslian dari HP tersebut. Dengan mengetahui merk HP, Kamu bisa menghindari membeli HP palsu atau KW yang mungkin memiliki kinerja buruk, bahan murahan, atau bahkan berbahaya bagi kesehatan Kamu.
  3. Kamu bisa mengecek masa garansi dari HP tersebut. Dengan mengetahui merk HP, Kamu bisa menghubungi pihak produsen atau distributor untuk menanyakan status garansi dari HP tersebut. Kamu juga bisa mengetahui syarat dan ketentuan garansi yang berlaku untuk HP tersebut.
  4. Kamu bisa mengecek ketersediaan aksesori dan suku cadang dari HP tersebut. Dengan mengetahui merk HP, Kamu bisa mencari aksesori dan suku cadang yang cocok dan kompatibel dengan HP tersebut. Kamu juga bisa mendapatkan harga yang lebih murah dan kualitas yang lebih baik jika Kamu membeli dari pihak resmi.

Itulah beberapa cara cek merk HP Vivo dengan mudah dan cepat yang bisa Kamu coba. Dengan mengetahui merk HP Vivo Kamu, Kamu bisa lebih mudah dalam mencari aksesori, melakukan perbaikan, atau mengklaim garansi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Kamu.

You May Also Like

About the Author: Bluepoin

Situs Teknologi dan Informasi Masakini