3 Cara Cek Kesehatan Baterai Vivo dengan Mudah dan Cepat

cara cek kesehatan baterai vivo

Bluepoin.com – Baterai adalah salah satu komponen penting dalam smartphone, termasuk vivo. Baterai yang sehat akan membuat smartphone bisa berfungsi dengan baik dan tahan lama. Namun, baterai juga bisa mengalami penurunan kesehatan karena berbagai faktor, seperti usia, penggunaan, suhu, dan lain-lain. Baterai yang tidak sehat akan membuat smartphone boros daya, cepat panas, atau bahkan rusak. Lalu bagaimana cara cek kesehatan baterai vivo?

Untuk itu, penting bagi kita untuk mengecek kesehatan baterai vivo secara berkala agar bisa mengantisipasi masalah yang mungkin terjadi. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengecek kesehatan baterai vivo, baik dengan menggunakan fitur bawaan maupun aplikasi pihak ketiga. Berikut adalah beberapa manfaat dan cara cek kesehatan baterai vivo yang bisa Kamu coba:

Manfaat Cek Kesehatan Baterai Vivo

Mengecek kesehatan baterai vivo adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan secara rutin. Ada beberapa manfaat yang bisa Kamu dapatkan dari kegiatan ini, antara lain:

  1. Kamu bisa mengetahui kondisi baterai vivo Kamu, apakah masih sehat atau sudah mengalami penurunan. Dengan begitu, Kamu bisa mengambil langkah yang tepat untuk menjaga atau mengganti baterai jika perlu.
  2. Kamu bisa meningkatkan kinerja dan kecepatan perangkat vivo Kamu. Baterai yang sehat akan memberikan daya yang optimal untuk menjalankan aplikasi dan fitur pada perangkat. Baterai yang tidak sehat akan membuat perangkat boros daya, lambat, atau bahkan mati mendadak.
  3. Kamu bisa menghindari kerusakan pada perangkat vivo Kamu. Baterai yang tidak sehat bisa menyebabkan masalah seperti overheat, over voltage, atau short circuit, yang bisa merusak komponen lain pada perangkat. Baterai yang menggembung juga bisa merusak bodi perangkat dan menyebabkan bahaya seperti ledakan.
  4. Kamu bisa mendeteksi masalah teknis sebelum semakin berat. Dengan mengecek kesehatan baterai vivo, Kamu bisa mengetahui apakah ada masalah pada sistem operasi, aplikasi, atau sensor yang berhubungan dengan baterai. Jika ada masalah, Kamu bisa segera memperbaikinya sebelum semakin parah.

3 Cara Cek Kesehatan Baterai Vivo dengan Mudah dan Cepat

1. Menggunakan Kode Rahasia

  • Cara cek kesehatan baterai vivo pertama yang bisa Kamu lakukan untuk mengecek kesehatan baterai vivo adalah dengan menggunakan kode rahasia yang ada di aplikasi telepon. Kode rahasia ini adalah *#*#4636#*#*, yang merupakan singkatan dari INFO.
  • Setelah Kamu mengetikkan kode rahasia ini, Kamu akan masuk ke menu informasi baterai, di mana Kamu bisa melihat berbagai data tentang baterai vivo Kamu, seperti tipe, kesehatan, level, status, tegangan, suhu, dan lain-lain.
  • Data kesehatan baterai ini akan ditampilkan dalam bentuk kata-kata, seperti good, cold, over voltage, overheat, dan lain-lain. Kamu bisa melihat apakah baterai Kamu masih dalam kondisi baik atau tidak dari data ini.
  • Cara ini cukup mudah dan cepat untuk dilakukan, namun data yang ditampilkan mungkin tidak terlalu akurat atau lengkap. Jika Kamu ingin mendapatkan data yang lebih detail dan presisi, Kamu bisa mencoba cara lainnya.

2. Menggunakan Aplikasi AccuBattery

  • Cara cek kesehatan baterai vivo kedua yang bisa Kamu lakukan untuk mengecek kesehatan baterai vivo adalah dengan menggunakan aplikasi AccuBattery. AccuBattery adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk mengukur dan meningkatkan kesehatan baterai smartphone.
  •  AccuBattery bisa memberikan informasi tentang kapasitas baterai saat ini, kapasitas standar baterai, persentase kesehatan baterai, estimasi daya tahan baterai, dan lain-lain. AccuBattery juga bisa memberikan tips dan saran untuk menjaga kesehatan baterai vivo Kamu.
  •  Untuk menggunakan AccuBattery, Kamu perlu mengunduh dan menginstal aplikasi ini dari Google Play Store¹. Setelah itu, jalankan aplikasi dan ikuti instruksi yang ada di layar. Kamu perlu melakukan kalibrasi baterai terlebih dahulu agar aplikasi bisa mengukur kapasitas baterai dengan benar.
  •  Setelah kalibrasi selesai, Kamu bisa masuk ke tab Health untuk melihat informasi tentang kesehatan baterai vivo Kamu. Aplikasi ini akan menampilkan persentase kesehatan baterai, estimasi kapasitas baterai saat ini, dan kapasitas standar baterai.
  •  Cara ini cukup akurat dan lengkap untuk mengecek kesehatan baterai vivo, namun membutuhkan waktu untuk melakukan analisis. Kamu perlu melakukan beberapa siklus pengisian daya agar aplikasi bisa memberikan data yang valid.

3. Menggunakan Aplikasi CPU-Z

  • Cara cek kesehatan baterai vivo ketiga yang bisa Kamu lakukan untuk mengecek kesehatan baterai vivo adalah dengan menggunakan aplikasi CPU-Z. CPU-Z adalah aplikasi yang bisa memberikan informasi tentang spesifikasi hardware smartphone, termasuk baterai.
  • CPU-Z bisa memberikan informasi tentang kesehatan baterai (dalam bentuk kata-kata), level, status, sumber daya, tegangan, suhu, dan lain-lain. CPU-Z juga bisa memberikan informasi tentang prosesor, memori, sistem operasi, sensor, dan lain-lain.
  • Untuk menggunakan CPU-Z, Kamu perlu mengunduh dan menginstal aplikasi ini dari Google Play Store². Setelah itu, buka aplikasi dan masuk ke tab Battery. Kamu bisa melihat informasi tentang kesehatan baterai vivo Kamu di sini.
  • Cara ini cukup mudah dan cepat untuk dilakukan, namun data yang ditampilkan mungkin tidak terlalu presisi atau detail. Jika Kamu ingin mendapatkan data yang lebih akurat dan lengkap, Kamu bisa mencoba cara lainnya.

Demikianlah beberapa cara cek kesehatan baterai vivo yang bisa Kamu lakukan dengan mudah dan cepat. Dengan mengecek kesehatan baterai vivo secara berkala, Kamu bisa mengetahui kondisi baterai Kamu dan mengambil langkah yang tepat untuk menjaganya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Kamu.

You May Also Like

About the Author: Bluepoin

Situs Teknologi dan Informasi Masakini