6 Cara Agar HP Tidak Lemot Oppo Mudah dan Lengkap

cara agar hp tidak lemot oppo

Bluepoin.com – HP Oppo adalah salah satu merek smartphone yang terkenal di Indonesia. Banyak orang yang memilih HP Oppo karena memiliki desain yang menarik, fitur yang lengkap, dan harga yang terjangkau. Namun, tidak jarang juga pengguna HP Oppo mengalami masalah seperti lemot, lag, atau hang saat menggunakan smartphone mereka. Hal ini tentu sangat mengganggu kenyamanan. Lalu bagaimana cara agar hp tidak lemot oppo?

Cara Agar HP Tidak Lemot Oppo Mudah dan Lengkap

Berikut bluepoin.com akan membahas cara-cara untuk mengatasinya. Berikut adalah beberapa cara agar HP Oppo tidak lemot:

1. Restart HP

Cara agar hp tidak lemot oppo yang pertama adalah dengan melakukan restart atau reboot. Restart adalah proses mematikan dan menyalakan kembali HP secara paksa. Dengan melakukan restart, kamu akan membersihkan RAM dari semua data sementara yang tidak diperlukan dan memperbaiki sistem dari error atau bug yang mungkin terjadi.

Cara melakukan restart adalah dengan menekan tombol power selama beberapa detik sampai muncul pilihan restart atau reboot. Pilih restart atau reboot dan tunggu sampai HP menyala kembali.

2. Menutup aplikasi yang tidak digunakan

Cara agar hp tidak lemot oppo selanjutnya adalah dengan menutup aplikasi yang tidak digunakan atau tidak penting. Dengan menutup aplikasi, kamu akan menghemat kapasitas RAM dan baterai HP Oppo kamu. Cara menutup aplikasi adalah dengan menekan tombol recent apps atau multitasking (biasanya berbentuk kotak) di bagian bawah layar.

Kamu akan melihat aplikasi yang sedang berjalan. Geser ke kiri atau ke kanan untuk menutup aplikasi yang tidak kamu butuhkan. Kamu juga bisa kilk tombol clear all untuk menutup semua aplikasi berjalan sekaligus.

3. Pindahkan file ke memori eksternal atau cloud

Cara agar HP tidak lemot Oppo selanjutnya adalah dengan memindahkan file-file besar atau penting ke memori eksternal atau cloud. Memori eksternal adalah kartu memori tambahan yang bisa kamu pasang di slot khusus di HP Oppo kamu. Cloud adalah layanan penyimpanan online yang bisa kamu akses melalui internet, seperti Google Drive, Dropbox, OneDrive, dan sebagainya.

Dengan memindahkan file ke memori eksternal atau cloud, kamu akan mengosongkan ruang penyimpanan internal HP Oppo kamu dan membuatnya lebih lega. Cara memindahkan file adalah dengan menggunakan aplikasi file manager bawaan HP Oppo atau aplikasi lain yang bisa kamu download dari Google Play Store.

Pilih file yang ingin kamu pindahkan, lalu tekan tombol move atau cut. Pilih lokasi tujuan, baik itu memori eksternal atau cloud, lalu tekan tombol paste atau ok.

4. Hapus aplikasi yang tidak terpakai

Cara mengatasi HP Oppo lemot selanjutnya adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak terpakai atau jarang digunakan. Aplikasi yang terinstall di HP Oppo kamu tidak hanya mengambil ruang penyimpanan, tetapi juga RAM dan baterai. Jika kamu memiliki banyak aplikasi yang tidak pernah kamu buka atau gunakan, lebih baik hapus saja agar HP Oppo kamu lebih ringan.

Cara menghapus aplikasi adalah dengan masuk ke menu settings atau pengaturan, lalu pilih apps atau aplikasi. Kamu akan melihat daftar aplikasi yang terinstall di HP Oppo kamu. Pilih aplikasi yang ingin kamu hapus, lalu tekan tombol uninstall atau hapus. Ikuti printah yang muncul sampai proses uninstall selesai.

5. Menghapus cache

Cara agar HP tidak lemot Oppo selanjutnya adalah dengan menghapus cache atau file sampah dari sistem dan aplikasi. Cache adalah file sementara yang disimpan oleh sistem dan aplikasi untuk mempercepat proses loading atau menjalankan aplikasi.

Cache sebenarnya berguna untuk meningkatkan performa HP Oppo kamu, tetapi jika terlalu banyak dan tidak pernah dibersihkan, maka cache akan menjadi sampah yang memenuhi memori penyimpanan dan memperlambat sistem atau aplikasi.

Cara menghapus cache adalah dengan masuk ke menu settings atau pengaturan, lalu pilih storage atau penyimpanan. Kamu akan melihat informasi tentang ruang penyimpanan internal HP Oppo kamu, termasuk cache.

Tekan tombol clear cache atau bersihkan cache untuk menghapus semua file cache sekaligus. Kamu juga bisa menghapus cache per aplikasi dengan masuk ke menu apps atau aplikasi, lalu pilih aplikasi yang ingin kamu bersihkan cache-nya. Tekan tombol clear cache atau bersihkan cache untuk menghapus file cache dari aplikasi tersebut.

6. Mengaktifkan fitur RAM Expansion

Cara mengatasi HP Oppo lemot selanjutnya adalah dengan mengaktifkan fitur RAM Expansion jika HP Oppo kamu mendukung fitur ini. RAM Expansion adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk menambah kapasitas RAM menggunakan ruang penyimpanan internal HP Oppo kamu.

Dengan begitu, kamu bisa menjalankan lebih banyak aplikasi tanpa khawatir RAM penuh atau lemot. Cara mengaktifkan fitur RAM Expansion adalah dengan masuk ke menu settings atau pengaturan, lalu pilih about phone atau tentang telepon.

Demikian artikel yang saya buat tentang cara agar hp tidak lemot oppo mudah dan lengkap. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Kamu. Jika Kamu memiliki kritik atau saran, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini.

You May Also Like

About the Author: Bluepoin

Situs Teknologi dan Informasi Masakini