Cadangan Devisa Terperas! Mata Uang USD Berjaya!!

Cadangan Devisa Terperas! Mata Uang USD Berjaya!!

Bluepoin.com – Indeks saham di Asia sore ini Senin (26/9) mayoritas ditutup turun tajam, tertekan oleh prospek suku bunga yang tinggi dan perlambatan pertumbuhan ekonomi.

 

Langkah menaikkan suku bunga acuan yang di ambil oleh bank sentral AS (Federal Reserve) dan bank sentral di berbagai negara lain pekan lalu di maksudkan untuk melawan inflasi yang sudah berada di tingkat tertinggi dalam beberapa dekade terakhir. Namun langkah ini juga dapat juga memicu terjadinya resesi ekonomi global jika suku bunga acuan di naikkan terlalu cepat.

 

Mata uang USD berjaya di pasar valuta asing (valas) karena investor beralih ke USD sebagai aset yang di anggapo aman (safe haven), bukan lagi emas, seiring dengan pengetatan kebijakan moneter yang telah membuat suram prospek pertumbuhan global.

 

Sedangkan di Asia mata uang penting yaitu JPY dan Yuan melemah terhadap USD. Pelemahan ini diakibatkan semakin jauhnya perbedaan arah (divergensi) antara kebijakan moneter super longgar di Jepang dan Tiongkok dibandingkan dengan kebijakan moneter yang semakin ketat di AS.

 

Sementara itu, negara-negara Asia sibuk memeras cadangan devisa untuk memitigasi dampak dan kerusakan dari penguatan nilai tukar mata uang USD.

 

Di pasar komoditas, harga minyak mentah jenis Brent turun ke level di bawah USD85 per barel. Hal ini pertama kali sejak bulan Januari di tengah semakin besarnya kekhawatiran mengenai perlambatan ekonomi global.

 

Indonesian Economic Review.

Indeks harga saham gabungan indonesia mengalami penguatan di akhir sesi penutupan dikarenakan kenaikan saham-saham bluechip walaupun masih berada pada zona merah karena inflasi yang lebih cepat dan resesi global yang terus meningkat. Sementara itu saham-saham komoditas anjlok tajam karena kekhawatiran bahwa memperlambat aktivitas economi global akan mengurangi permintaan.

 

Statistik

IHSG: 7,127.503 | -51.080 poin |(-0.71%)
Volume (Shares) : 23.081 Billion
Total Value (IDR) : 14.827 Trillion
Market Cap (IDR) : 9,385.944 Trillion
Saham naik : 134
Saham turun : 442

 

Sektor Penekanan Terbesar

Energy : -3.98%
Industrial : -2.73%
Technology : -2.25%

 

Berikut Rekomendasi saham Pilihan Hari Ini Selasa (27/09) – Bluepoin.com

CRAB
BUY 214 – 224
TP1 230 – 234
TP2 240  – 246
TP3 256 – 260
SL IF CLOSE <208

You May Also Like

About the Author: bluepoin.com

Bluepoin.com merupakan portal web berita dan artikel daring di Indonesia.